PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI 3-6 TAHUN YANG DIBERI GADGET SMARTPHONE
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i3.17485Keywords:
perkembangan Bahasa, anak usia dini, gadget smartphoneAbstract
Perkembangan anak dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti kebijakan pola asuh, kesehatan, intelegensi, status sosial, jenis kelamin, hubungan keluarga dan kebijakan pola asuh. Salah satu dari kebijakan pola asuh yang dapat mempengaruhi perkembangan bahasa pada anak usia dini adalah memberikan gadget smartphone sebagai penenang. Permasalahannya adalah bagaimana perkembangan bahasa anak usia dini 3-6 tahun yang diberi gadget smartphone. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan bahasa pada anak usia dini 3-6 tahun yang diberi gadget smartphone sebagai penenang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah dua anak usia 3-6 tahun. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi dan direct field visit serta wawancara. Teknik samping yang dipakai adalah purposive sampling. Data dianalisa dengan reduksi data, penyajian data, conclusion drawing/verification. Hermeneutik juga dipakai untuk menginterpretasikan dan mendapatkan pemahaman data secara mendalam dan akurat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa memberikan gadget smartphone sebagai penenang memiliki efek adiktif dan menghambat perkembangan bahasa pada anak usia dini 3-6 tahun. Dampak negatif dari penggunaan gadget ini dapat menghambat beberapa anak dalam berbicara. Penggunaan gadget dapat memiliki dampak positif dan negatif pada perkembangan bahasa pada anak. Meskipun gadget dapat memfasilitasi pembelajaran bahasa dan meningkatkan pengetahuan, tetapi penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan kecanduan dan keterlambatan berbicara. Oleh karena itu, orangtua harus berhati-hati dalam menggunakan gadget sebagai penenang dan membatasi penggunaannya untuk mencegah dampak negatif pada perkembangan bahasa anak.References
Affauzani, F. R. (2020). Pengaruh Gawai Terhadap Pemerolehan Bahasa Anak Usia 4 Tahun: Kajian Aspek Sintaksis. Konfiks Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i1.2988
Aida Chiswatul Anwar, (2021). Dampak Penggunaan Gadget pada Perkembangan Kemampuan Berbicara Balita. https://fkm.unair.ac.id/dampak-penggunaan-gadget-pada-perkembangan-kemampuan-berbicara-balita/
Annishia Noor Shelia (2016). Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa Kelas Xi Sma N 1 Mertoyudan Magelang Melalui Pembelajaran Bahasa Perancis Dengan Perspective Actionnelle. Skripsi. Yogykarta: Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta
Aulia, E. R., Maulidiyah, E. C., Fitric, R., & Mas’udah, M. (2022). Media Ular Tangga Qr Code Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 73–92. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v2i1.599
Ayouby, M. H. Al. (2017). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. Bandar. Lampung: Universitas Lampung. https://jurnal.aiska-university.ac.id/index.php/gaster/article/view/297
Cindy Febria, (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget dengan Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Pada Anak: Literature Review. Karya tulis ilmiah. Banjarmasin: Program Studi Diploma Tiga Kebidanan Fakultas Kesehatan.
Dewanti, T. C., Triyono. & Widada. (2016). Hubungan Keterampilan Sosial dan Penggunaan Gadget Smartphone dengan Prestasi Belajar Siswa Sma Negeri 9 Malang. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1 (3), 126-131.
Dewi, A. K., Yulianingsih, Y., & Hayati, T. (2019). Hubungan Antara Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 83–92. https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5315
Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Pontianak, (2022). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak. https://dppkbpppa.pontianak.go.id/informasi/berita/dampak-penggunaan-gadget-terhadap-perkembangan-sosial-anak#
Evy Verawaty, Zulqarnain (2021). Buku Panduan Guru Bahasa Indonesia Bergerak Bersama. Jakarta: Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
Fitriyani, Sumantri, M. S., & Supena, A. (2018). Gambaran Perkembangan Berbahasa pada Anak dengan Keterlambatan Bicara (Speech Delay): Study Kasus pada Anak Usia 9 Tahun Kelas 3 SD di SDS Bangun Mandiri. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018, 59–64.
Kamilah, U., Rihlah, J., Fitriyah, F. K., & Syaikhon, M. (2020). Pengaruh Perilaku Kecanduan Gawai terhadap Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Dini. Child Education Journal, 2(2), 61–67. https://doi.org/10.33086/cej.v2i2.1685
Kusuma, T. C. (2012). Dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Budi Mulia. Jurnal Ilmiah Pesona Paud, 1(1), 1–12.
Lubis, H. Z. (2018). Metode Pengembangan Bahasa Anak Pra Sekolah. Jurnal Raudhah, 06(02), 1–26. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/277
Matakena, S. F., & Supratman, L. P. (2022). Peran Orang Tua dalam Pembatasan Penggunaan Gadget Anak Usia Sekolah Dasar di Kabupaten Indramayu. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(1), 649–669. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.2446
Melati, P., & Anesty Mashudi, E. (2021). Pengaruh Penggunaan Gawai Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-6 Tahun. Al-Abyadh, 4(2), 89–94. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v4i2.361
Nada Hafifah, (2022). Analisis Dampak Gadget Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Desa Kutabuloh Meukek Aceh Selatan. Skripsi. Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
Nandy. (2021). Tahap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Gramedia.Com, April. https://doi.org/10.5281/zenodo.4724227
Nur Aqilah Man (2022). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia melalui Media Papan Selip Pada Siswa Kelas II Sdn 2 Bonto-Bonto Desa Padang Lampe’ Kecamatan Ma’rang. Skripsi. Makasar: Universitas Muhammadiah Makasar
Nurmasari, Aula. (2016). Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget dengan Keterlambatan Perkembangan Pada Aspek Bicara Dan Bahasa Pada Balita Di Kelurahan Tambakrejo Surabaya. Surabaya:Program Studi Pendidikan Bidan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga
Nur Sri Rahayu, Elan, Sima Mulyadi, (2021). Analisis Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 5(2) ,202-210.
Qadafi, Muammar. (2021). Pengembangan Alat Permainan Edukatif untuk Pendidikan Anak Usia Dini. (Editor: Neneng Agustiningsih). Mataram: Penerbit Sanabil.
Ranti, A. P., & Mahyuddin, N. (2017). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Intera. Jurnal Exponential, 2(1), 206–211.
Setianingsih. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Prasekolah Dapat Meningkatan Resiko Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas. Gaster, 16(2), 1-10.
Taufiqurrahman, S., Suyadi (2019). Analisis Aspek Pe160-rkembangan Bahasa Anak Usia Dasar Dalam Proses Pembelajaran. Pionir Jurnal Pendidikan, 8(2), 160-168.
Tri Apriyani, (2019). Waspadai Bahaya Gadget Mengancam Otak Anak Anda. https://yoursay.suara.com/ lifestyle/2019/12/19/095353/waspadai-bahaya-gadget-mengancam-otak-anak-anda.
Yudithia D Putra, (2021). Dampak Penggunaan Gadget dalam Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Dini. http://yd.blog.um.ac.id/dampak-penggunaan-gadget-dalam-perkembangan-bahasa-pada-anak-usia-dini/
Yulia Candra Lestari, Ns., (2022). Safety Anak (Bahaya Gadget pada Anak). https://yankes.kemkes.go.id/ view_artikel/1378/safety-anak-bahaya-gadget-pada-anak.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Anastasia Bintari Kusumastuti, Triyani Sutarjo, Karina Widia Ratih, Indra Kurniawan, Rini Sugiarti, Fendy Suhariadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).