HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN PERAWAT RUANG RAWAT INAP TENTANG PELAYANAN JKN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT MALAHAYATI

Authors

  • Raini Hasna Pendidikan Kedokteran, Universitas Abulyatama
  • Suriatu Laila Pendidikan Kedokteran, Universitas Abulyatama
  • Andri Andri Pendidikan Kedokteran, Universitas Abulyatama

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i3.17285

Keywords:

Pengetahuan, Perawat, Pelayanan JKN, Kepuasaan Pasien

Abstract

Kualitas pelayanan kesehatan tergantung pada kualitas tenaga perawat. Perawat berperan penting dalam menghasilkan layanan kesehatan yang berkualitas di rumah sakit. Perawat yang profesional memberikan pelayanan sesuai standar, etika, dan moral, memberikan perlindungan dan asuhan keperawatan yang bermutu kepada pasien. Pengetahuan perawat tentang Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) penting untuk memberikan kepuasan kepada pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan perawat ruang rawat inap tentang pelayanan JKN terhadap kepuasan pasien. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan Cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari-April tahun 2023 di Rumah Sakit Malahayati di Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh pada perawat ruang rawat inap. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan Pengujian validitas dan reliabilitas melalui SPSS. Hasil uji chi-square diperoleh nilai sebesar 90% untuk tingkat pengetahuan perawat tentang pelayanan JKN dan 95% untuk tingkat kepuasan pasien. Dengan nilai pengetahuan 90% maka tingkat pengetahuan perawat di kategorikan tinggi dan dengan nilai kepuasan pasien 95% dinyatakan puas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan perawat terhadap kepuasan pasien

References

Anita. Puskesmas Dan Jaminan Kesehatan Nasional - Betri Anita, Henni Febriawati, dan Yandrizal - Google Books. 2019. Published online 2019.

Rachmat HH, Gadjah Mada University Press. Penguatan upaya kesehatan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat bidang kesehatan di Indonesia?: untuk meningkatkan pelaksanaan sistem kesehatan nasional dan jaminan kesehatan nasional. :378.

Fadly F, Vianny O. the Utilization of National Health Insurance 2018 in Riau Province. 2018;08(04):164-167.

Kusumaningrum A, Administrasi MA, Kesehatan K, Ilmu J, Masyarakat K, Alamat . Kepesertaan Masyarakat dalam Jaminan Kesehatan Nasional secara Mandiri. HIGEIA (Journal Public Heal Res Dev. 2018;2(1):149-160. Accessed September 14, 2022.

Sekretaris Negara RI. UU RI No.40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. Jdih BPK RI. Published online 2004:1-45.

Nugraheni WP, Hartono RK. Analisis Pola Layanan Kesehatan Rawat Jalan pada Tahun Pertama Implementasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Media Penelit dan Pengemb Kesehat. 2017;27(1):9-16. doi:10.22435/mpk.v27i1.6000.9-16

Narang R. Standar Tarif Pelayanan Kesehatan Pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan Dalam Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan. 2013;16(22):119-128.

Pusat Perancangan Undang-Undang Badan Keahlian DPR RI. Accessed September 14, 2022.

Lestari TRP. Pendidikan Keperawatan: Upaya Menghasilkan Tenaga Perawat Berkualitas. Aspirasi. 2014;5:1-10.

Arti kata tahu - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Accessed September 14, 2022.

Fatwa Imelda SKNMB, Rerung RR, Indonesia MS. Buku Ajar Keterampilan Dasar Keperawatan. Media Sains Indonesia; 2022.

Fulbrook P, Albarran JW, Baktoft B, Sidebottom B. A survey of European intensive care nurses’ knowledge levels. Int J Nurs Stud. 2012;49(2):191-200. doi:10.1016/j.ijnurstu.2011.06.001

Rinawati S, Widowati NN, Rosanti E. Pengaruh Tingkat Pengetahuan Terhadap Pelaksanaan Pemakaian Alat Pelindung Diri Sebagai Upaya Pencapaian Zero Accident Di Pt. X. J Ind Hyg Occup Heal. 2016;1(1):53. doi:10.21111/jihoh.v1i1.606

Bawole HYA, Sepang R. Pertanggungjawaban Perdata Terhadap Dokter atas Perbuatan Melawan Hukum Terhadap Pasien. Lex Priv.2021;IX(9):53-62.

Yustisia. Panduan Resmi Memperoleh Jaminan Kesehatan dari BPJS - Tim Pustaka - Google Buku. Accessed September 14, 2022.

Suci, Rahmadani. Sistem Rujukan Pelayanan Kesehatan Primer Era JKN - Google Books. Accessed September 14, 2022.

UU No. 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional [JDIH BPK RI]. Accessed September 14, 2022.

Ariesanti (2015). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2014. 2014;(c).

Permenkes. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 99 Tahun 2015. Ekp. 2015;13(3):1576-1580.

Ariesanti (2015). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 2014. 2014;2008(c).

Zico, Junius Pertanggungjawaban Hukum Rumah Sakit Terhadap Malpraktik yang Dilakukan Ten... - Google Books. Accessed September 14, 2022.

Mawarti, Herin, Simbolon. Pengantar Riset Keperawatan - Google Books. Accessed September 14, 2022.

Downloads

Published

2023-09-27

How to Cite

Hasna, R., Laila, S. ., & Andri, A. (2023). HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN PERAWAT RUANG RAWAT INAP TENTANG PELAYANAN JKN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT MALAHAYATI . Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(3), 3159–3168. https://doi.org/10.31004/jkt.v4i3.17285