PENGARUH INTERVENSI PROMOSI KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN CTPS SANTRIWATI ULUMUL QUR’AN PAGAR AIR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i3.17229Keywords:
pengetahuan, ceramah, leafletAbstract
Mencuci tangan dengan sabun adalah cara yang sangat murah dan efektif untuk mencegah berbagai macam penyakit infeksi. Santriwati Dayah Madrasah Ulumul Qur’an Pagar Air tidak melakukan CTPS pada saat sebelum dan sesudah melakukan kegiatan karena masih kurangnya pengetahuan santriwati tentang pentingnya cuci tangan pakai sabun dan bagaimana cara CTPS dengan benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh intervensi promosi kesehatan terhadap pengetahuan santriwati Dayah Madrasah Ulumul Qur’an Pagar Air Aceh Besar Tahun 2022. Desain penelitian ini dalam merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian menggunakan metode pre eksperimental design dengan one grup pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 1.166 santriwati dengan teknikpengambilan sampel yaitu random sampling maka sampel sebanyak 62 responden. Penelitian dilakukan pada tanggal 3 sampai 7 Oktober 2022. Analisis data menggunkan uji T- paired test. Hasil analisis menunjukan bahwa pada kelompok ceramah terdapat 12 (38,7%) pengetahuan baik dan pada kelompok leaflet terdapat 10 (32,2%) pengetahuan baik sebelum dilakukan intervensi kemudian pada kelompok ceramah terdapat 21 (67,7%) pengetahuan baik dan pada kelompok leaflet terdapat 24 (77,4%) pengetahuan baik setelah dilakukan intervensi. Hasil uji statistik diperoleh bahwa pengaruh pengetahuan santriwati mengenai cuci tangan pakai sabun sebelum dan setelah intervensi dengan metode ceramah (p = 0,026) dan metode leaflet (p = 0,003) di Dayah Madrasah Ulumul Qur’an Pagar Air tahun 2022.References
Agustini. 2017. Promosi Kesehatan. Yogyakarta: Deepublish.
Dewi. 2022. Pengantar Prmosi Kesehatan. Jakarta: Pradina Pustaka.
Dina. 2022. Fektivitas Penyuluhan Dengan Media Promosi Leaflet. Jakarta: Literasi Nusantara.
Endang. 2019. Pendidikan Dan Promosi Kesehatan: Teori Dan Implementasi Di Indonesia. Yogyakarta: UGM Press.
Hermien. 2018. Buku Ajar Promosi Kesehatan Berbasis Sekolah. Yogyakarta: Deepublish.
Ichsan. 2021. Pendidikan Dan Promosi Kesehatan. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Irma. 2019. Pelayanan Kesehatan Sekolah Dasar. Jakarta: UI Press.
Irwan. 2018. Etika Dan Perilaku Kesehatan. Yogyakarta: CV. Absolute Media.
Kemenkes RI. 2020. “Menuju Indonesia Bersih Dan Sehat.” In Jakarta: Kemenkes RI.
Martina. 2021. Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Putra. 2020. Promosi Kesehatan Lanjutan Dalam Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.
Salfiyadi. 2022. “Modul Manajemen Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).” In Aceh: Poltekkes Kemenkes Aceh.
Suryana. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini, Stimulasi Dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana.
Trisnawati. 2018. Perencanaan Program Promosi Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Vemmi. 2021. Pendidikan Ramah Anak. Jakarta: Cipta Media Nusantara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mainimar Mainimar, Farrah Fahdhienie, Agustina Agustina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).