HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS PANTERAJA TAHUN 2023

Authors

  • Fajriani Fajriani Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Aceh, Indonesia
  • Surna Lastri Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Aceh, Indonesia
  • Hanifah Hasnur Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Aceh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i3.17225

Keywords:

Kepuasan Pasien, Mutu Pelayanan Kesehatan

Abstract

Kepuasan pasien merupakan suatu tingkat perasaan yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkan dengan yang diharapkan. Kepuasan pasien mengenai mutu pelayanan di Puskesmas Panteraja dengan katagori kurang baik dan masih ada keluhan ketidakpuasan pasien yang diterima oleh pihak puskesmas terkait pelayanan yang diberikan. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Panteraja Kecamatan Panteraja Kabupaten Pidie Jaya Tahun 2023. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif analitik dengan desain Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien Puskesmas Panteraja yang berjumlah 13.880 orang pada bulan Desember, dengan teknik pengambilan sampel yaitu random sampling maka diperoleh sampel sebanyak 100 pasien. Pengumpulan data dilakukan dari tanggal 23 Januari s/d 27 Januari 2023 dengan menggunakan Kuesioner. Analisis data menggunakan uji Chi-Square dengan program komputer SPSS. Hasil uji statistik diperoleh ada hubungan antara ketanggapan (p-value 0.006), sarana       fisik (p-value 0.001), kehandalan (p-value 0.014), jaminan (p-value 0.010), dan empati  (p-value 0.041) dengan kepuasan  pasien.

References

Amilia (2017) ‘Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Pada Pasien BPJS Di Rawat Jalan Rumah Sakit Khusus Daerah Duren Sawit Jakarta Tahun 2017’, in Jurnal Untuk Masyarakat Sehat. Universitas Resapati Indonesia.

Andi (2019) ‘Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RSUD Makassar’, in Jurnal Manajemen Kesehatan. Makasar: FKM UNPRI.

Armen (2017) ‘Dimensi Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan’, in Jurnal Keperawatan. Tanjungkarang: Poltekkes Tanjungkarang.

Astuti (2019) ‘Masalah Kesehatan yang di Hadapi Indonesia’, 27 Oktober 2022. Available at: http://www.beritasatu.com.

Eriyanto (2022) ‘Mengintip Layanan Dasar Kesehatan di Negara Maju’, 5 Agustus 2022.

Faridah (2020) ‘Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Periuk Jaya’, in Jurnal Kesehatan Masyarakat. Jakarta.

Hasyim (2019) ‘Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasen’, in Skripsi. Makasar: UIN Makasar.

Hermanto (2014) ‘Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Kebidanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kebidanan Di RSUD Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Bulungan Kalimantan Timur’, in Jurnal Kesehatan Masyarakat. Semarang: UNDIP.

Hidayatun (2021) Konsep Dasar Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Penerbit Adab.

Imbalo (2016) Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Irwan (2016) Manajemen Keselamatan Pasien. Yogyakarta: Deepublish.

Mamik (2018) Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan dan Kebidanan. Jakarta: Zifatama Jawara.

Mashitah (2020) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien pada Puskesmas Selopampang Temanggung’, in Skripsi. Magelang: FEBI Universitas Muhammadiyah.

Mu’ah (2021) Kualitas Layanan Rumah Sakit Terhadap Emosi dan Kepuasan Pasien. Jakarta: Zifatama Jawara.

Nababan (2021) Kepuasan dan Loyalitas Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum. Jakarta: Zahir Publishing.

Novita (2020) Mutu Pelayanan Kebidanan Dan Kebijakan Kesehatan. Jakarta: Global Eksekutif Teknologi.

Siyoto (2018) Kebijakan & Manajemen Kesehatan. Jakarta: ANDI.

Trisnawati (2018) Perencanaan Program Promosi Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Wati (2016) ‘Gambaran Kepuasan Pasien di Rawat Inap Rumah Sakit Ibnu Sina Kota Makasar’, in Skripsi. Makasar: UIN Makasar.

Wiyono (2018) Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan Edisi 2. Surabaya: UNAIR Press.

Downloads

Published

2023-09-22