HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS PANTERAJA TAHUN 2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i3.17225Keywords:
Kepuasan Pasien, Mutu Pelayanan KesehatanAbstract
Kepuasan pasien merupakan suatu tingkat perasaan yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkan dengan yang diharapkan. Kepuasan pasien mengenai mutu pelayanan di Puskesmas Panteraja dengan katagori kurang baik dan masih ada keluhan ketidakpuasan pasien yang diterima oleh pihak puskesmas terkait pelayanan yang diberikan. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Panteraja Kecamatan Panteraja Kabupaten Pidie Jaya Tahun 2023. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif analitik dengan desain Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien Puskesmas Panteraja yang berjumlah 13.880 orang pada bulan Desember, dengan teknik pengambilan sampel yaitu random sampling maka diperoleh sampel sebanyak 100 pasien. Pengumpulan data dilakukan dari tanggal 23 Januari s/d 27 Januari 2023 dengan menggunakan Kuesioner. Analisis data menggunakan uji Chi-Square dengan program komputer SPSS. Hasil uji statistik diperoleh ada hubungan antara ketanggapan (p-value 0.006), sarana fisik (p-value 0.001), kehandalan (p-value 0.014), jaminan (p-value 0.010), dan empati (p-value 0.041) dengan kepuasan pasien.References
Amilia (2017) ‘Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Pada Pasien BPJS Di Rawat Jalan Rumah Sakit Khusus Daerah Duren Sawit Jakarta Tahun 2017’, in Jurnal Untuk Masyarakat Sehat. Universitas Resapati Indonesia.
Andi (2019) ‘Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RSUD Makassar’, in Jurnal Manajemen Kesehatan. Makasar: FKM UNPRI.
Armen (2017) ‘Dimensi Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan’, in Jurnal Keperawatan. Tanjungkarang: Poltekkes Tanjungkarang.
Astuti (2019) ‘Masalah Kesehatan yang di Hadapi Indonesia’, 27 Oktober 2022. Available at: http://www.beritasatu.com.
Eriyanto (2022) ‘Mengintip Layanan Dasar Kesehatan di Negara Maju’, 5 Agustus 2022.
Faridah (2020) ‘Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Periuk Jaya’, in Jurnal Kesehatan Masyarakat. Jakarta.
Hasyim (2019) ‘Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasen’, in Skripsi. Makasar: UIN Makasar.
Hermanto (2014) ‘Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Kebidanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kebidanan Di RSUD Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Bulungan Kalimantan Timur’, in Jurnal Kesehatan Masyarakat. Semarang: UNDIP.
Hidayatun (2021) Konsep Dasar Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Penerbit Adab.
Imbalo (2016) Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Irwan (2016) Manajemen Keselamatan Pasien. Yogyakarta: Deepublish.
Mamik (2018) Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan dan Kebidanan. Jakarta: Zifatama Jawara.
Mashitah (2020) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien pada Puskesmas Selopampang Temanggung’, in Skripsi. Magelang: FEBI Universitas Muhammadiyah.
Mu’ah (2021) Kualitas Layanan Rumah Sakit Terhadap Emosi dan Kepuasan Pasien. Jakarta: Zifatama Jawara.
Nababan (2021) Kepuasan dan Loyalitas Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum. Jakarta: Zahir Publishing.
Novita (2020) Mutu Pelayanan Kebidanan Dan Kebijakan Kesehatan. Jakarta: Global Eksekutif Teknologi.
Siyoto (2018) Kebijakan & Manajemen Kesehatan. Jakarta: ANDI.
Trisnawati (2018) Perencanaan Program Promosi Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Wati (2016) ‘Gambaran Kepuasan Pasien di Rawat Inap Rumah Sakit Ibnu Sina Kota Makasar’, in Skripsi. Makasar: UIN Makasar.
Wiyono (2018) Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan Edisi 2. Surabaya: UNAIR Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fajriani Fajriani, Surna Lastri, Hanifah Hasnur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).