HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PESERTA BPJS KESEHATAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i3.16977Keywords:
berdasar nyata, empati, jaminan, keandalan, responsifAbstract
Setelah kemerdekaan Indonesia, perkembangan sistem pelayanan kesehatan berfokus pada tanggung jawab pemerintah untuk menjaga kesejahteraan masyarakat. Meskipun kualitas perawatan medis memiliki peran sentral, ada ketidakpuasan yang tercatat dalam data dari peserta BPJS mengenai layanan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana faktor-faktor yang berkaitan dengan kualitas pelayanan berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Suak Ribee, Kabupaten Aceh Besar pada tahun 2023. Metode penelitian menggunakan jenis kuantitatif dengan desain Cross- sectional, Data dikumpulkan melalui pengisian kuesioner oleh 99 pasien rawat jalan di puskesmas. Analisis data dilakukan dengan mengaplikasikan uji statistik chi-square. Sampel dipilih dengan metode Purposive Sampling. Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara aspek "tangible" dan tingkat kepuasan pasien (P-value 0,053). Begitu juga, tidak ada hubungan yang signifikan antara "reliability" dan tingkat kepuasan pasien (P-value 1,000). Namun, terdapat hubungan yang signifikan antara "responsiveness" dan tingkat kepuasan pasien (P-value 0,024). Aspek "assurance" tidak menunjukkan hubungan yang signifikan dengan tingkat kepuasan pasien (P-value 0,988), sementara "empathy" menunjukkan hubungan yang signifikan dengan tingkat kepuasan pasien (P-value 0,034). Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada dua variabel yang berhubungan dengan kepuasan pasien, yaitu dimensi "responsiveness" dan dimensi "empathy," sementara tiga variabel lainnya, yaitu dimensi "tangible," dimensi "reliability," dan dimensi "assurance," tidak memiliki hubungan yang signifikan. Penelitian ini dapat digunakan sebagai panduan untuk mengembangkan strategi peningkatan kualitas pelayanan di Puskesmas Suak Ribee, Kabupaten Aceh Barat, dengan fokus pada meningkatkan kepuasan pasien.References
Amin, B., & Lampung, B. (2017). Jurnal Ilmu Kedokteran Jurnal ilmu Kedokteran Volume Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan, Volume 4, Nomor 2, April 2017. 4 (April), 106–118.
Anelia, N., & Modjo, R. (2023). Kepuasan Pasien Jaminan Kesehatan Nasional Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit: Literature Review. Prepotif: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(1), 1172-1180.
Badar, M. (2023). Manajemen Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Daerah Batara
Siang Kabupaten Pangkep. Jurnal Kaizen, 1(1). https://jpii.upri.ac.id/index.php/jurnalkaizen/article/view/50
Dewi, N. N. D. S. (2020). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Tanggungan BPJS di Klinik Bhayangkara Polda Bali.
Jurnal Medika?:Karya Ilmiah Kesehatan, 5(2). https://doi.org/10.35728/jmkik.v5i2.104
Firman,Ramadhan.(2020). Kualitas Pelayanan Kesehatan Puskesmas Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung (JANE) Jurnal Administrasi Negara, Februari 2021. Volume12, Nomor2
Fibria Anggraini, Puji Lestari. (2018). Faktor –Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Volume 10, No. 2, Agustus 2018, pp. 179-187
Fornell, dkk dan Tjiptono dalam Wang i (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Pengguna Bpjs Dengan Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Intervening. Vol 18,2 jurnal manajemen dayasaing, dewi.
Hartini, N. (2014). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien RSUD Syekh Yusuf Gowa, Skripsi Universitas Uin Alauddin Makassar.
https://doi.org/10.33143/jhtm.v6i2.1152
Husnul nadiah., Subirmans., & Dina Lusianas. (2017) Faktor-faktor yang berhubungan dengan keikutsertaan program JKN diwilayah kerja puskesmas remaja kota Samarinda
Irza, F. (2018). Analisis Pelayanan Pusat Kesehatan Masyarakat (puskesmas) http:/jaournal.feb.ac.id/index.php/KINERJA 2021 527-532
Kurniawan, A., Rosanto, O., & Shinta, M. R. (2019). Pengaruh Kualitas
Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien BPJS pada RSUD Budhi Asih Jakarta
Timur. Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 2598–5256.
https://repository.bsi.ac.id/index.php/repo/viewitem/20466
Lisna, Syafar, M., & Rifai, M. (2022). Pengaruh Mutu Pelayanan terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Puskesmas Lapai Kabupaten Kolaka Utara. NERSMID: Jurnal Keperawatan Dan Kebidanan, 5(1), 14–27. https://doi.org/10.55173/nersmid.v5i1.100
Marwanti, Sri (2018) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Dumai. Other thesis, Universitas Islam Riau
Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Peserta, H., Kurnia Widi Hastuti, S., Ahid Mudayana, A., Puteri Nurdhila, A., & Hadiyatma Fakultas Kesehatan Masyarakat, D. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Yogyakarta. Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat, 11(2), 161–168.
Naftalina, Ivana (2022) Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta BPJS PBI di Puskesmas Ge'tengan Kabupaten Tana Toraja. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin
NovagitaT., Adambadwi., & Andi alim (2019). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan RSUD Makassar
Ni Ketut Siya Darmini, A.A.N. (2021). Menyigi Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Pada Era Pandemi ejurnal binawakraya ISSN 1978-3787
Nur’aeni, R., Simanjorang, A., & J. (2020). Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Izza Karawang. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 6(2), 1097.
Nuriyanti, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Di Rumah Sakit Umum
Daerah Kabupaten Pangkep
Nurmala Sarri, M. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan Puskesmas Berdasarkan Implementasi Akreditasi JURNAL AISYIYAH MEDIKA ISSN: 2622-3872
Putri, N. R., Guspianto, & Hubaybah. (2022). Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Puskesmas Sungai Tutung Tahun 2022. Jurnal Kesmas Jambi (JKMJ), 6(2), 7–16.
Rahayu, A., Anwary, A. Z., &Dhewi, S. (2021). Pengaruh Mutu Pelayanan
Terhadap Kepuasan Pasien Bpjs Di Puskesmas Pelaihari Tahun 2021. 2–9.
http://eprints.uniska-bjm.ac.id/8011/1/ARTIKEL.pdf
Ramdhani M, Arinil Haq (2021) Hubungan Kualits Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Tamalanrea Kota Makassar Tahun 2021 = Relationship Of The Quality Of Health Services with Outpatient Patient Satisfaction at The Tamalanrea.
Rismayanti, R., Ilyas, G. B., & Kadir, I. (2018). Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Uptd Kesehatan Puskesmas Bojo Baru Kabupaten Barru. YUME: Journal of Management, 1(3).
Rumengan, D. S., Umboh, J. M. L., & Kandou, G. D. (2015). Faktor-faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan pada peserta BPJS kesehatan di Puskesmas Paniki Bawah Kecamatan Mapanget Kota Manado. Jikmu, 5(2)
Sabilla, A. G. (2020). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat
Kepuasan Pasien Pengguna Bpjs di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama.
Medika Hutama, 02(01), 402–406
Sannah, N. (2017). Pelaksanaan Fungsi Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan di Kecamatan Long Kali Kabupaten Pasere journal 2017, 5 (1): 305-314
Sary, Bur, S. (2021). Article history: Received: 29 Agustus 2020
Pendahuluan dengan memberikan pelayanan yang efektif, aman, dan
berkualitas tinggi kepada mereka yang Jaminan Kesehatan Nasional
merupakan Jaminan berupa perlindungan kesehatan agar para peserta bisa
mendapat. 01(05), 446–453.
Serat Acitya – Jurnal Ilmiah UNTAG Semarang ISSN: 2302-2752, Vol. 7 No.2, 2018). Year [2022] Page 2296-2302 2297 (Utami, 2018).
Tanggap, D., Fisik, B., Pasien, D. A. N. K., Amalia, A., Tua, H., & Zaili, R. F. S. (n.d.). Daya tanggap, jaminan, buktifisik, empati, kehandalan, dan kepuasan pasien.
Wiguna, A. S. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Bpjs Kesehatan Dengan. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda, 2(1), 207–218.
Zaniarti, D. (2011). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Jaminan Kesehatan Masyarakat di Rumah Sakit Umum Daerah Salatiga. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang, 1– 164.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Risma dewi, Fikri Faidul Jihad
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).