HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PESERTA BPJS KESEHATAN

Authors

  • Risma dewi Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Teuku Umar, Aceh Barat, Aceh, Indonesia
  • Fikri Faidul Jihad Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Teuku Umar, Aceh Barat, Aceh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i3.16977

Keywords:

berdasar nyata, empati, jaminan, keandalan, responsif

Abstract

Setelah kemerdekaan Indonesia, perkembangan sistem pelayanan kesehatan berfokus pada tanggung jawab pemerintah untuk menjaga kesejahteraan masyarakat. Meskipun kualitas perawatan medis memiliki peran sentral, ada ketidakpuasan yang tercatat dalam data dari peserta BPJS mengenai layanan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana faktor-faktor yang berkaitan dengan kualitas pelayanan berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Suak Ribee, Kabupaten Aceh Besar pada tahun 2023. Metode penelitian menggunakan jenis kuantitatif dengan desain Cross- sectional, Data dikumpulkan melalui pengisian kuesioner oleh 99 pasien rawat jalan di puskesmas. Analisis data dilakukan dengan mengaplikasikan uji statistik chi-square. Sampel dipilih dengan metode Purposive Sampling. Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara aspek "tangible" dan tingkat kepuasan pasien (P-value 0,053). Begitu juga, tidak ada hubungan yang signifikan antara "reliability" dan tingkat kepuasan pasien (P-value 1,000). Namun, terdapat hubungan yang signifikan antara "responsiveness" dan tingkat kepuasan pasien (P-value 0,024). Aspek "assurance" tidak menunjukkan hubungan yang signifikan dengan tingkat kepuasan pasien (P-value 0,988), sementara "empathy" menunjukkan hubungan yang signifikan dengan tingkat kepuasan pasien (P-value 0,034). Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada dua variabel yang berhubungan dengan kepuasan pasien, yaitu dimensi "responsiveness" dan dimensi "empathy," sementara tiga variabel lainnya, yaitu dimensi "tangible," dimensi "reliability," dan dimensi "assurance," tidak memiliki hubungan yang signifikan. Penelitian ini dapat digunakan sebagai panduan untuk mengembangkan strategi peningkatan kualitas pelayanan di Puskesmas Suak Ribee, Kabupaten Aceh Barat, dengan fokus pada meningkatkan kepuasan pasien.

References

Amin, B., & Lampung, B. (2017). Jurnal Ilmu Kedokteran Jurnal ilmu Kedokteran Volume Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan, Volume 4, Nomor 2, April 2017. 4 (April), 106–118.

Anelia, N., & Modjo, R. (2023). Kepuasan Pasien Jaminan Kesehatan Nasional Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit: Literature Review. Prepotif: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(1), 1172-1180.

Badar, M. (2023). Manajemen Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Daerah Batara

Siang Kabupaten Pangkep. Jurnal Kaizen, 1(1). https://jpii.upri.ac.id/index.php/jurnalkaizen/article/view/50

Dewi, N. N. D. S. (2020). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Tanggungan BPJS di Klinik Bhayangkara Polda Bali.

Jurnal Medika?:Karya Ilmiah Kesehatan, 5(2). https://doi.org/10.35728/jmkik.v5i2.104

Firman,Ramadhan.(2020). Kualitas Pelayanan Kesehatan Puskesmas Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung (JANE) Jurnal Administrasi Negara, Februari 2021. Volume12, Nomor2

Fibria Anggraini, Puji Lestari. (2018). Faktor –Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Volume 10, No. 2, Agustus 2018, pp. 179-187

Fornell, dkk dan Tjiptono dalam Wang i (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Pengguna Bpjs Dengan Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Intervening. Vol 18,2 jurnal manajemen dayasaing, dewi.

Hartini, N. (2014). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien RSUD Syekh Yusuf Gowa, Skripsi Universitas Uin Alauddin Makassar.

https://doi.org/10.33143/jhtm.v6i2.1152

Husnul nadiah., Subirmans., & Dina Lusianas. (2017) Faktor-faktor yang berhubungan dengan keikutsertaan program JKN diwilayah kerja puskesmas remaja kota Samarinda

Irza, F. (2018). Analisis Pelayanan Pusat Kesehatan Masyarakat (puskesmas) http:/jaournal.feb.ac.id/index.php/KINERJA 2021 527-532

Kurniawan, A., Rosanto, O., & Shinta, M. R. (2019). Pengaruh Kualitas

Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien BPJS pada RSUD Budhi Asih Jakarta

Timur. Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 2598–5256.

https://repository.bsi.ac.id/index.php/repo/viewitem/20466

Lisna, Syafar, M., & Rifai, M. (2022). Pengaruh Mutu Pelayanan terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Puskesmas Lapai Kabupaten Kolaka Utara. NERSMID: Jurnal Keperawatan Dan Kebidanan, 5(1), 14–27. https://doi.org/10.55173/nersmid.v5i1.100

Marwanti, Sri (2018) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Dumai. Other thesis, Universitas Islam Riau

Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Peserta, H., Kurnia Widi Hastuti, S., Ahid Mudayana, A., Puteri Nurdhila, A., & Hadiyatma Fakultas Kesehatan Masyarakat, D. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Yogyakarta. Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat, 11(2), 161–168.

Naftalina, Ivana (2022) Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta BPJS PBI di Puskesmas Ge'tengan Kabupaten Tana Toraja. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin

NovagitaT., Adambadwi., & Andi alim (2019). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan RSUD Makassar

Ni Ketut Siya Darmini, A.A.N. (2021). Menyigi Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Pada Era Pandemi ejurnal binawakraya ISSN 1978-3787

Nur’aeni, R., Simanjorang, A., & J. (2020). Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Izza Karawang. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 6(2), 1097.

Nuriyanti, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Di Rumah Sakit Umum

Daerah Kabupaten Pangkep

Nurmala Sarri, M. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan Puskesmas Berdasarkan Implementasi Akreditasi JURNAL AISYIYAH MEDIKA ISSN: 2622-3872

Putri, N. R., Guspianto, & Hubaybah. (2022). Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Puskesmas Sungai Tutung Tahun 2022. Jurnal Kesmas Jambi (JKMJ), 6(2), 7–16.

Rahayu, A., Anwary, A. Z., &Dhewi, S. (2021). Pengaruh Mutu Pelayanan

Terhadap Kepuasan Pasien Bpjs Di Puskesmas Pelaihari Tahun 2021. 2–9.

http://eprints.uniska-bjm.ac.id/8011/1/ARTIKEL.pdf

Ramdhani M, Arinil Haq (2021) Hubungan Kualits Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Tamalanrea Kota Makassar Tahun 2021 = Relationship Of The Quality Of Health Services with Outpatient Patient Satisfaction at The Tamalanrea.

Rismayanti, R., Ilyas, G. B., & Kadir, I. (2018). Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Uptd Kesehatan Puskesmas Bojo Baru Kabupaten Barru. YUME: Journal of Management, 1(3).

Rumengan, D. S., Umboh, J. M. L., & Kandou, G. D. (2015). Faktor-faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan pada peserta BPJS kesehatan di Puskesmas Paniki Bawah Kecamatan Mapanget Kota Manado. Jikmu, 5(2)

Sabilla, A. G. (2020). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat

Kepuasan Pasien Pengguna Bpjs di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama.

Medika Hutama, 02(01), 402–406

Sannah, N. (2017). Pelaksanaan Fungsi Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan di Kecamatan Long Kali Kabupaten Pasere journal 2017, 5 (1): 305-314

Sary, Bur, S. (2021). Article history: Received: 29 Agustus 2020

Pendahuluan dengan memberikan pelayanan yang efektif, aman, dan

berkualitas tinggi kepada mereka yang Jaminan Kesehatan Nasional

merupakan Jaminan berupa perlindungan kesehatan agar para peserta bisa

mendapat. 01(05), 446–453.

Serat Acitya – Jurnal Ilmiah UNTAG Semarang ISSN: 2302-2752, Vol. 7 No.2, 2018). Year [2022] Page 2296-2302 2297 (Utami, 2018).

Tanggap, D., Fisik, B., Pasien, D. A. N. K., Amalia, A., Tua, H., & Zaili, R. F. S. (n.d.). Daya tanggap, jaminan, buktifisik, empati, kehandalan, dan kepuasan pasien.

Wiguna, A. S. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Bpjs Kesehatan Dengan. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda, 2(1), 207–218.

Zaniarti, D. (2011). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Jaminan Kesehatan Masyarakat di Rumah Sakit Umum Daerah Salatiga. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang, 1– 164.

Downloads

Published

2023-09-28