HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP NYI AGENG SERANG RSUD SEKARWANGI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i4.16962Keywords:
Komunikasi Terapeutik, Perawat, Kepuasan PasienAbstract
Kemampuan dalam berkomunikasi yang baik oleh perawat merupakan salah satu faktor keberhasilan dalam melaksanakan suatu proses pelayanan keperawatan yang meliputi tahap pengkajian, perumusan diagnosa, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.. Komunikasi terapeutik diterapkan oleh perawat dalam berintraksi dengan pasien untuk meningkatkan rasa saling percaya, dan apabila tidak diterapkan akan mengganggu hubungan terapeutik yang berdampak pada ketidakpuasan pasien, komunikasi terapeutik yang baik juga dapat mempercepat kesembuhan bagi pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap Nyi Ageng Serang RSUD Sekarwangi. Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April. Populasi dalam penelitian ini 173 orang yang diambil darai data rawat inap 3 bulan terakhir. Sampel diambil dengan teknik Accidental Sampling yaitu 68 responden. Instrumen dalam penelitian adalah kuesioner yang sudah dinyatakan valid dan reliabel dengan Alpha croncbach 0,906 Komunikasi terapeutik dan kepuasan pasien 0,925. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan rumus Chi square. Hasil : Berdasarkan hasil uji statistik dengan chi-square nilai P value yang dihasilkan sebesar 0,000 < 0,05, dimana dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap Nyi Ageng Serang RSUD Sekarwangi. Kesimpulan ada hubungan antara komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap Nyi Ageng Serang RSUD Sekarwangi.References
Abraham. (2017). Komunikasi interpersonal antara perawat dan pasien. Journal Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Achmad, H. K., Wahidin, & Halim. (2019). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Puskesmas Wotu Kabupaten Luwu Timur. Jurnal Administrasi Negara, 25.
Adi. (2021). Metodologi Penelitian Sosial dan Hukum. Yayasan Obor Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/Metodologi_Penelitian_Sosial_dan_Hukum/LqFOEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=data+primer&pg=PA65&printsec=frontcover
Adiputra, Siregar, Anggraini, Irfandi, Trisnadewi, Nurmala, Oktaviani, Laksmini, Supinganto, & Pakpahan. (2021). Statistik Kesehatan: Teori dan Aplikasi. YayasanKitaMenulis.https://www.google.co.id/books/edition/Statistik_Kesehatan_Teori_dan_Aplikasi/XhgtEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=populasi+adalah&pg=PA25&printsec=frontcover.
Anwar, K. (2013). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap PKU Muhammadiah Bantul Yogyakarta. SKRIPSI. Program Ilmu Kesehatan, STIKES Jendral Achmad Yani.
Apriyani, L., Kencana, E. N., & Harini, L. P. I. (2017). Model Persamaan struktural Tingkat Kepuasan Pasien pada Kualitas Layanan Rawat Inap. E-Jurnal Matematika,6(3),168-175.DOI:https://doi.org/10.24843/MTK.2017.v06.i03.p162.
Ariasti, (2016), Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasiendi Bangsal Tjan Timur Rumah Sakit Dr. Oen Solo Baru (The Correlation Therapeutic Communication with Patient Satisfaction Level in Tjan TimurWard Dr. Oen Solo Baru Hospital) IJMS – Indonesian Journal On Medical Science – Volume 3.
Astuti, (2013), Hubungan pelaksanaan komunikasi terapeutik dalam keperawatan dengan kepuasan pasien diruangan rawat inap RST.Dr.Soetarto Yogyakarta.
Dinkes, (2013). Populasi Lansia Diperkirakan Terus Meningkat Hingga Tahun 2020.
Dora, Ayuni, & Asmalinda. (2019). Hubungan yang bermakna antara komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap non bedah RSUD Padang Pariaman. Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien, 2, 101–105.
Hajriani. (2013). Hubungan Komunikasi Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien Yang Dirawat Di Ruang Perawatan Bedah RSUD Haji Makassar (Vol. 27037).
Hidayatullah, M. S. (2020). Hubungan Komunikasi Terapeutik Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Puskesmas Tapen Kabupaten Bondowoso. Jurnal KeperawatanProfesional,8(1),62–73. https://doi.org/10.33650/jkp.v8i1.1022
Indra, & Cahyaningrum. (2019). Metodologi Penelitian (Titis Yuliyanti (ed.)). DEEPUBLISH. www.deepublish.co.id.
Kurniawan, (2016). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Berdasarkan Persepsi Klien Terhadap Tingkat Kepuasan Klien Di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Universitas Tanjungpura.
Lubis. (2021). Statistika Terapan untuk Ilmu-Ilmu Sosial dan Ekonomi. ANDI. https://www.google.co.id/books/edition/Statistika_Terapan_untuk_Ilmu_Ilmu_Sosia/9lgmEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=sampel+adalah&pg=PA98&printsec=frontcover
Meikayanti & Sukmandari (2020). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien di Badan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Tabanan. Jurnal Nursing Current Vol. 8 No. 2, Juli 2020 – Desember 2020.
Mawarti, Simbolon, Khotimah, Pranata, Faridah, Koerniawan, & Maramis. (2021). PengantarRisetKeperawatan.YayasanKitaMenulis.https://www.google.co.id/books/edition/Pengantar_Riset_Keperawatan/yi5LEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=deskriptif+analitik+adalah&pg=PA120&printsec=frontcover
Mu’ah. (2014). Kualitas Layanan Rumah Sakit Terhadap Emosi dan Kepuasan Pasien.Zifatama.https://www.google.co.id/books/edition/KUALITAS_LAYANAN_RUMAH_SAKIT_Terhadap_Em/twcUEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=kepuasan+pasien&pg=PA163&printsec=frontcover
Munandar. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif - Google Books.MediaSainsIndonesia.https://www.google.co.id/books/edition/Metodologi_Penelitian_Kuantitatif_dan_Ku/ZLp_EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=kuantitatif+adalah&pg=PA16&printsec=frontcover
Ningsih, P,S. (2015). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III RS PKU Muhammadiyah Yohyakarta Unit II. Naskah Publikasi, Program Studi Ilmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘aisyiyah, Yogyakarta.
Nurjannah, I. (2015). Komunikasi Terapeutik (Dasar-dasar Komunikasi Bagi Perawat). Yogyakarta : Mocomedia.
Nursalam (2016). Manajemen Keperawatan. Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Professional Edisi 5. Jakarta: Salemba Medika.
Pertiwi, Wardhani, Raziansyah, & Firsty. (2022). Komunikasi Terapeutik Dalam Kesehatan-GoogleBooks.Rizmedia. https://www.google.co.id/books/edition/KOMUNIKASI_TERAPEUTIK_DALAM_KESEHATAN/ICFsEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=komunikasi+terapetuik&pg=PA41&printsec=frontcover
Pohan. (2013). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: EGC.
Putri, I. D. A. H., & Suwadnyana, I. W. (2020a). Komunikasi Terapeutik. Nilacakra. https://www.google.co.id/books/edition/Komunikasi_Terapeutik/aiX_DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=skizofrenia&printsec=frontcover
Putri, I. D. A. H., & Suwadnyana, I. W. (2020b). Komunikasi Terapeutik - Google Books.Nilacakra.https://www.google.co.id/books/edition/Komunikasi_Terapeutik/aiX_DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=skizofrenia&printsec=frontcover
Ramdhan, M. R. M. (2021). Metode Penelitian. In Metode Penelitian Kualitatif. Cipta Media Nusantara (CMN).
Ramdhani, & Bina. (2021). Statistika Penelitian Pendidikan. Kencana. https://www.google.co.id/books/edition/Statistika_Penelitian_Pendidikan_Analisi/0WFHEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=teknik+purposive+sampling+adalah&pg=PA160&printsec=frontcover
Ridhyallah, (2015). Komunikasih Terapiutik dalam Keperawatan Jiwa. Yogyakarta.
Saprianingsih, A. (2020). Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Vip Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Vip. STIKES Borneo Cendekia Medika.
Sarfika, R., Maisa, E., & Freska, W. (2018). Buku Ajar Keperawatan Dasar 2 Komunikasi Terapeutik Dalam Keperawatan (Pertama). Padang: Andalas University Press.
Sembiring, I. M., & Munthe, N. B. G. (2019). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap. Jurnal Keperawatan Dan Fisioterapi (Jkf), 1(2), 54–61. https://doi.org/10.35451/jkf.v1i2.170
Siti, M., Zulpahiyana., & Indrayana, S. (2016). Komunikasi Terapeutik Perawat Berhubungan dengan Kepuasan Pasien. Jurnal Ners dan Kebidanan Indonesia. Vol. 4 No. 1 ISSN: 2354-7642.
Suryani, (2014).Komunikasi Terapeutik Dalam Praktik Keperawatan. Bandung: PT Refika Adiatma.
Talib. (2022). Manajemen Rekam Medis “Si-Jantung” Rumah SakiT - Google Books.AzkaPustaka. https://www.google.co.id/books/edition/MANAJEMEN_REKAM_MEDIS SI_JANTUNG_RUMAH_S/OVdEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=kepuasan+pasien+adalah&pg=PA139&printsec=frontcover
Transyah, C. H., Toni, J., & Ners, P. S. (2018). HUBUNGAN PENERAPAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK. Jurnal Endurance, 3(120), 88–95.
Wardani. (2015). Pengujian Hipotesis Komparatif Dan Asosiatif. LPPM UniversitasKH.AWahabHasbullah. http://penelitiankuantitatifptik.blogspot.com/2015/10/pengujian-hipotesis-komparatif-dan.html
Younis, J. R., Mabrouk, S. M., & Kamal, F. F. (2015). Effect of the planned therapeutic communication program on therapeutic communication skills of pediatric nurses. Journal of Nursing Education and Practice, 5(8), 109-120. DOI: 10.5430/jnep.v5n8p109.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Asma Sophia, Hendri Hadiyanto, Ria Andriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).