HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP NYI AGENG SERANG RSUD SEKARWANGI

Authors

  • Asma Sophia Program Studi Pendidikan Profesi Ners, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Hendri Hadiyanto Program Studi DIII Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Ria Andriani Program Studi Pendidikan Profesi Ners, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i4.16962

Keywords:

Komunikasi Terapeutik, Perawat, Kepuasan Pasien

Abstract

Kemampuan dalam berkomunikasi yang baik oleh perawat merupakan salah satu faktor keberhasilan dalam melaksanakan suatu proses pelayanan keperawatan yang meliputi tahap pengkajian, perumusan diagnosa, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.. Komunikasi terapeutik diterapkan oleh perawat dalam berintraksi dengan pasien untuk meningkatkan rasa saling percaya, dan apabila tidak diterapkan akan mengganggu hubungan terapeutik yang berdampak pada ketidakpuasan pasien, komunikasi terapeutik yang baik juga dapat mempercepat kesembuhan bagi pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan  komunikasi  terapeutik perawat dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap Nyi Ageng Serang RSUD Sekarwangi. Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April. Populasi dalam penelitian ini 173 orang yang diambil darai data rawat inap 3 bulan terakhir. Sampel diambil dengan teknik Accidental Sampling yaitu 68 responden. Instrumen dalam penelitian adalah kuesioner  yang sudah dinyatakan valid dan reliabel dengan Alpha croncbach 0,906 Komunikasi terapeutik dan kepuasan pasien 0,925. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan rumus Chi square. Hasil : Berdasarkan hasil uji statistik dengan chi-square nilai P value yang dihasilkan sebesar 0,000 < 0,05, dimana dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap Nyi Ageng Serang RSUD Sekarwangi. Kesimpulan  ada hubungan antara komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap Nyi Ageng Serang RSUD Sekarwangi.

References

Abraham. (2017). Komunikasi interpersonal antara perawat dan pasien. Journal Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Achmad, H. K., Wahidin, & Halim. (2019). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Puskesmas Wotu Kabupaten Luwu Timur. Jurnal Administrasi Negara, 25.

Adi. (2021). Metodologi Penelitian Sosial dan Hukum. Yayasan Obor Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/Metodologi_Penelitian_Sosial_dan_Hukum/LqFOEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=data+primer&pg=PA65&printsec=frontcover

Adiputra, Siregar, Anggraini, Irfandi, Trisnadewi, Nurmala, Oktaviani, Laksmini, Supinganto, & Pakpahan. (2021). Statistik Kesehatan: Teori dan Aplikasi. YayasanKitaMenulis.https://www.google.co.id/books/edition/Statistik_Kesehatan_Teori_dan_Aplikasi/XhgtEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=populasi+adalah&pg=PA25&printsec=frontcover.

Anwar, K. (2013). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap PKU Muhammadiah Bantul Yogyakarta. SKRIPSI. Program Ilmu Kesehatan, STIKES Jendral Achmad Yani.

Apriyani, L., Kencana, E. N., & Harini, L. P. I. (2017). Model Persamaan struktural Tingkat Kepuasan Pasien pada Kualitas Layanan Rawat Inap. E-Jurnal Matematika,6(3),168-175.DOI:https://doi.org/10.24843/MTK.2017.v06.i03.p162.

Ariasti, (2016), Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasiendi Bangsal Tjan Timur Rumah Sakit Dr. Oen Solo Baru (The Correlation Therapeutic Communication with Patient Satisfaction Level in Tjan TimurWard Dr. Oen Solo Baru Hospital) IJMS – Indonesian Journal On Medical Science – Volume 3.

Astuti, (2013), Hubungan pelaksanaan komunikasi terapeutik dalam keperawatan dengan kepuasan pasien diruangan rawat inap RST.Dr.Soetarto Yogyakarta.

Dinkes, (2013). Populasi Lansia Diperkirakan Terus Meningkat Hingga Tahun 2020.

Dora, Ayuni, & Asmalinda. (2019). Hubungan yang bermakna antara komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap non bedah RSUD Padang Pariaman. Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien, 2, 101–105.

Hajriani. (2013). Hubungan Komunikasi Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien Yang Dirawat Di Ruang Perawatan Bedah RSUD Haji Makassar (Vol. 27037).

Hidayatullah, M. S. (2020). Hubungan Komunikasi Terapeutik Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Puskesmas Tapen Kabupaten Bondowoso. Jurnal KeperawatanProfesional,8(1),62–73. https://doi.org/10.33650/jkp.v8i1.1022

Indra, & Cahyaningrum. (2019). Metodologi Penelitian (Titis Yuliyanti (ed.)). DEEPUBLISH. www.deepublish.co.id.

Kurniawan, (2016). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Berdasarkan Persepsi Klien Terhadap Tingkat Kepuasan Klien Di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Universitas Tanjungpura.

Lubis. (2021). Statistika Terapan untuk Ilmu-Ilmu Sosial dan Ekonomi. ANDI. https://www.google.co.id/books/edition/Statistika_Terapan_untuk_Ilmu_Ilmu_Sosia/9lgmEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=sampel+adalah&pg=PA98&printsec=frontcover

Meikayanti & Sukmandari (2020). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien di Badan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Tabanan. Jurnal Nursing Current Vol. 8 No. 2, Juli 2020 – Desember 2020.

Mawarti, Simbolon, Khotimah, Pranata, Faridah, Koerniawan, & Maramis. (2021). PengantarRisetKeperawatan.YayasanKitaMenulis.https://www.google.co.id/books/edition/Pengantar_Riset_Keperawatan/yi5LEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=deskriptif+analitik+adalah&pg=PA120&printsec=frontcover

Mu’ah. (2014). Kualitas Layanan Rumah Sakit Terhadap Emosi dan Kepuasan Pasien.Zifatama.https://www.google.co.id/books/edition/KUALITAS_LAYANAN_RUMAH_SAKIT_Terhadap_Em/twcUEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=kepuasan+pasien&pg=PA163&printsec=frontcover

Munandar. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif - Google Books.MediaSainsIndonesia.https://www.google.co.id/books/edition/Metodologi_Penelitian_Kuantitatif_dan_Ku/ZLp_EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=kuantitatif+adalah&pg=PA16&printsec=frontcover

Ningsih, P,S. (2015). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III RS PKU Muhammadiyah Yohyakarta Unit II. Naskah Publikasi, Program Studi Ilmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘aisyiyah, Yogyakarta.

Nurjannah, I. (2015). Komunikasi Terapeutik (Dasar-dasar Komunikasi Bagi Perawat). Yogyakarta : Mocomedia.

Nursalam (2016). Manajemen Keperawatan. Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Professional Edisi 5. Jakarta: Salemba Medika.

Pertiwi, Wardhani, Raziansyah, & Firsty. (2022). Komunikasi Terapeutik Dalam Kesehatan-GoogleBooks.Rizmedia. https://www.google.co.id/books/edition/KOMUNIKASI_TERAPEUTIK_DALAM_KESEHATAN/ICFsEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=komunikasi+terapetuik&pg=PA41&printsec=frontcover

Pohan. (2013). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: EGC.

Putri, I. D. A. H., & Suwadnyana, I. W. (2020a). Komunikasi Terapeutik. Nilacakra. https://www.google.co.id/books/edition/Komunikasi_Terapeutik/aiX_DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=skizofrenia&printsec=frontcover

Putri, I. D. A. H., & Suwadnyana, I. W. (2020b). Komunikasi Terapeutik - Google Books.Nilacakra.https://www.google.co.id/books/edition/Komunikasi_Terapeutik/aiX_DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=skizofrenia&printsec=frontcover

Ramdhan, M. R. M. (2021). Metode Penelitian. In Metode Penelitian Kualitatif. Cipta Media Nusantara (CMN).

Ramdhani, & Bina. (2021). Statistika Penelitian Pendidikan. Kencana. https://www.google.co.id/books/edition/Statistika_Penelitian_Pendidikan_Analisi/0WFHEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=teknik+purposive+sampling+adalah&pg=PA160&printsec=frontcover

Ridhyallah, (2015). Komunikasih Terapiutik dalam Keperawatan Jiwa. Yogyakarta.

Saprianingsih, A. (2020). Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Vip Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Vip. STIKES Borneo Cendekia Medika.

Sarfika, R., Maisa, E., & Freska, W. (2018). Buku Ajar Keperawatan Dasar 2 Komunikasi Terapeutik Dalam Keperawatan (Pertama). Padang: Andalas University Press.

Sembiring, I. M., & Munthe, N. B. G. (2019). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap. Jurnal Keperawatan Dan Fisioterapi (Jkf), 1(2), 54–61. https://doi.org/10.35451/jkf.v1i2.170

Siti, M., Zulpahiyana., & Indrayana, S. (2016). Komunikasi Terapeutik Perawat Berhubungan dengan Kepuasan Pasien. Jurnal Ners dan Kebidanan Indonesia. Vol. 4 No. 1 ISSN: 2354-7642.

Suryani, (2014).Komunikasi Terapeutik Dalam Praktik Keperawatan. Bandung: PT Refika Adiatma.

Talib. (2022). Manajemen Rekam Medis “Si-Jantung” Rumah SakiT - Google Books.AzkaPustaka. https://www.google.co.id/books/edition/MANAJEMEN_REKAM_MEDIS SI_JANTUNG_RUMAH_S/OVdEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=kepuasan+pasien+adalah&pg=PA139&printsec=frontcover

Transyah, C. H., Toni, J., & Ners, P. S. (2018). HUBUNGAN PENERAPAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK. Jurnal Endurance, 3(120), 88–95.

Wardani. (2015). Pengujian Hipotesis Komparatif Dan Asosiatif. LPPM UniversitasKH.AWahabHasbullah. http://penelitiankuantitatifptik.blogspot.com/2015/10/pengujian-hipotesis-komparatif-dan.html

Younis, J. R., Mabrouk, S. M., & Kamal, F. F. (2015). Effect of the planned therapeutic communication program on therapeutic communication skills of pediatric nurses. Journal of Nursing Education and Practice, 5(8), 109-120. DOI: 10.5430/jnep.v5n8p109.

Downloads

Published

2023-10-14

How to Cite

Sophia, A., Hadiyanto, H. ., & Andriani, R. . (2023). HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP NYI AGENG SERANG RSUD SEKARWANGI. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(4), 4588–4597. https://doi.org/10.31004/jkt.v4i4.16962