PERAN ORANG TUA TERHADAP KEBERHASILAN PROGRAM VAKSINASI ANAK; LITERATURE REVIEW
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i3.16920Keywords:
Vaksin, Orang Tua, AnakAbstract
Program imunisasi anak merupakan tindakan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kelangsungan hidup anak. Namun keberhasilan program vaksinasi ini tidak hanya bergantung pada pemerintah atau tenaga kesehatan saja, tetapi juga sangat dipengaruhi oleh peran orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan kajian pustaka tentang peran orang tua dalam keberhasilan program vaksin anak. Jenis penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan dengan metode kepustakaan (library research), yaitu serangkaian penelitian yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka. Menganalisis teori dan keterkaitan antar variabel melalui buku maupun jurnal secara luring yang ada di perpustakaan maupun daring yang didapatkan melalui Mendeley, Scholar Google maupun media daring lain. Fokus penelitian kepustakaan ini ialah dengan menemukan berbagai teori, hukum, dalil, prinsip, atau gagasan yang digunakan untuk menganalisis dan memecahkan pertanyaan penelitian yang dirumuskan. Hasil kajian literatur menunjukkan bahwa orang tua berperan penting dalam keberhasilan berbagai program vaksin anak. Maka dari itu, Orang tua yang mendapat informasi yang baik tentang manfaat dan efek samping vaksinasi umumnya lebih mungkin berpartisipasi dalam cakupan vaksinasi yang lengkap dan tepat waktu. Singkatnya, peran orang tua dalam keberhasilan vaksinasi anak sangatlah penting. Pengetahuan, sikap, dan faktor sosial budaya orang tua mempengaruhi keputusan mereka untuk mengikuti program vaksin ini. Selain itu, peran orang tua memang penting dalam keberhasilan program vaksin Covid-19 bagi anak. Jika hanya keinginan sang anak mengikuti protocol Kesehatan yang diterapkan oleh pemerinta hal tersebut dirasa kurang berhasil. Akan tetapi, dengan dukungan dan peran orang tua yang ikut andil maka, tingkat keberhasilan program vaksin pada anak juga lebih tinggi.References
Aji, R. H. S. (2020). Dampak COVID-19 pada pendidikan di indonesia: Sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, 7(5), 395-402.
Andrasto, K. (2021). Optimalisasi peran wali kelas untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran siswa masa pandemi covid-19. Journal of classroom action research, 3(2).
Dini, J. P. A. U. (2021). Tantangan guru dan orang tua dalam kegiatan belajar dari rumah anak usia dini pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1441-1463.
Fauzia, A., & Hamdani, F. (2021, July). Pendekatan Socio-Cultural dalam Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Indonesia: Socio-Cultural Approach in the Implementation of Covid-19 Vaccination in Indonesia. In Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang (Vol. 7, No. 1, pp. 323-338).
Kurniati, E., Alfaeni, D. K. N., & Andriani, F. (2020). Analisis peran orang tua dalam mendampingi anak di masa pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241-256.
Kurniatillah, N., Hayat, F., & Nurjaman, N. (2022). Pengaruh Peran Orang Tua Terhadap Pemberian Vaksinasi Covid 19 di MAN I Kota Serang. Journal of Baja Health Science, 2(01), 18-23.
Nugroho, S. A., Pratidina, A. V., Widad, S., Rizqiyah, A., Hasanah, N., & Safitri, R. N. (2022). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Efikasi Diri Orang Tua untuk Vaksinasi Covid 19 pada Anak Usia 6-11 di SD Kabupaten Probolinggo. Jurnal Keperawatan Profesional, 10(2), 165-183.
Waqfin, M. S. I., Rahmawati, A., Khamim, M., & Sunniyah, I. (2020). Langkah Dasar Memutus Rantai Penyebaran Covid-19 Melalui Edukasi Protokol Kesehatan Siswa MI Al-Ikhsan. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 39-43.
Wantini, N. A., & Indrayani, N. (2020). Kesediaan Vaksinasi HPV pada Remaja Putri Ditinjau dari Faktor Orang Tua. Jurnal Ners dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 7(2), 213-222.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Modestus La'a, Eko Winarti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).