ANALISIS PEMANFAATAN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) (STUDI ANALITIK PADA MASYARAKAT WILAYAH KERJA PUSKESMAS LANSOT KOTA TOMOHON TAHUN 2024)

Authors

  • Intan Novita Kowaas Program Studi Magister Kesehatan, Universitas Mega Buana, Palopo
  • Andi Alim Program Studi Magister Kesehatan, Universitas Mega Buana, Palopo
  • Zamli Zamli Program Studi Magister Kesehatan, Universitas Mega Buana, Palopo
  • Ekafadly Yusuf Program Studi Magister Kesehatan, Universitas Mega Buana, Palopo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.16660

Keywords:

Jaminan Kesehatan Nasional, pemanfaatan

Abstract

Penyelenggaraan JKN merupakan perintah dari Peraturan Nomor 40 2004 tentang Pelaksanaan JKN merupakan amanat dari UU No 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN). Data BPJS Kesehatan tahun 2024 membuktikan hingga 30 November 2023 cakupan kepesertaan program JKN/KIS telah menyentuh angka 265.601.105 peserta ataupun kurang lebih hampir 92% total masyarakat Indonesia. Masih terdapat masyarakat yang belum memanfaatkan pelayanan menggunakan JKN. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pemanfaatan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) (studi analitik pada masyarakat wilayah kerja Puskesmas (Lansot) di Kota Tomohon tahun 2024). Metode penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional, yang dilaksanakan pada bulan Mei – Juli 2024 dengan sampel sebanyak 387 responden menggunakan teknik accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner, kemudian analisis data secara univariat, bivariate dengan uji chi-square dan multivariate dengan uji regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan tingkat pendidikan (p=0,000), pekerjaan (p=0,000), status perkawinan (p=0,000), pengetahuan (p=0,000), waktu tunggu layanan (p=0,000), sikap petugas kesehatan (p=0,000), dan keluhan sehat-sakit (p=0,000) dengan pemanfaatan JKN, sedangkan variable yang tidak ada hubungan yaitu jenis kelamin (p=0,710). Setelah dilakukan uji regresi logistik didapatkan bahwa variabel waktu tunggu layanan adalah yang paling berpengaruh terhadap pemanfaatan JKN di Wilayah Kerja Puskesmas Lansot dengan nilai Exp (B) sebesar 8,805. Studi ini menunjukkan determinan pemanfaatan JKN oleh masyarakat adalah waktu tunggu layanan setelah dikontrol oleh variabel tingkat pendidikan, pekerjaan, status perkawinan, waktu tunggu layanan, sikap petugas kesehatan, dan keluhan sehat-sakit.

References

Adongo, W. B., & Asaarik, M. J. A. (2018). Health Seeking Behaviors and Utilization of Healthcare Services among Rural Dwellers in Under-Resourced Communities in Ghana. International Journal of Caring Sciences, 11(2), 840–850.

Afni, N. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Utilisasi Pelayanan Kesehatanpada Lansia Di Indonesia(Analisis Data Ifls2014). 7–31.

Agustiani, S., Aramico, B., & Lastri, S. (2022). Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Oleh Peserta Bpjs Kesehataan Di Puskesmas Lipat Kajang Kecamatan Simpang Kanan Kabupaten Aceh Singkil Tahun 2021. Jurnal Real Riset, 4(3), 350–357. https://doi.org/10.47647/jrr.v4i3.838

Agustina, S. (2019). Persepsi Sakit, Pengetahuan dan Kepuasan dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas. Higeia Journal of Public Health Research and Development, 3(2), 274–285. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/higeia%0APersepsi

Akbar, M. R. (2016). Kepuasan Pasien Jaminan Kesehatan Nasional Terhadap Waktu Tunggu di Puskemas dan Klinik Mitra BPJS. In Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Dinillah, N., Yudia, R. C. P., & Fitriany, E. (2022). Hubungan Antara Persepsi Masyarakat dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Nasional Puskesmas Sempaja. Jurnal Verdure, 4(1), 129–137.

Goleman et al., 2019. (2019). Konsep Teori Gender. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Herlinawati, Iin Kristanti, Rokhmatul Hikhmat, & Dian Nurdiani. (2022). Sosial Ekonomi Dan Tingkat Pengetahuan Peserta Bpjs Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pada Era Pandemi Covid-19. CENDEKIA UTAMA Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat, 11, No 2, 134–143.

Ida Bagus Made Dwi Indrawan. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Jkn-Kis Terhadap Kepuasan Peserta Jkn-Kis Pada Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Di Rsud Dr. Murjani Sampit. Kindai, 16(2), 201–219. https://doi.org/10.35972/kindai.v16i2.390

Ilmayanti, N. A., Arni Rizqiani Rusydi, & Ella Andayanie. (2022). Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Poli Interna di RSUP Dr. Tadjuddin Chalid Kota Makassar. Window of Public Health Journal, 3(6), 1079–1088. https://doi.org/10.33096/woph.v3i6.527

Irawan, B., & Ainy, A. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pada Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Di Wilayah Kerja Puskesmas Payakabung, Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 9(3), 189–197. https://doi.org/10.26553/jikm.v9i3.311

Ismanati, Riza, Y., & Octabviana, E. S. L. (2020). Pemanfaatan JKN-KIS di Wilayah Kerja Puskesmas Kelayan Dalam Kota Banjarmasin Tahun 2020. ePrints UNISKA, 1–9. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/2395

Downloads

Published

2024-08-09