THE EFFECTIVENESS OF STUNTING EDUCATION IN IMPROVING KNOWLEDGE OF PREGNANT WOMEN IN INDONESIA : LITERATURE REVIEW
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i3.16468Keywords:
Edukasi, Maternal, StuntingAbstract
Stunting merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat utama di banyak negara di dunia. Indonesia memiliki angka stunting tertinggi pada tahun 2021, yaitu 31,8% dibandingkan dengan negara lain di Asia Tenggara. Data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada tahun 2022 juga menyatakan bahwa jumlah anak stunting terbanyak di Indonesia berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur (37,8%) dan Sulawesi Barat (33,8%). Beberapa dampak stunting pada anak adalah berpotensi memperlambat perkembangan otak dengan efek jangka panjang berupa keterbelakangan mental, kemampuan belajar yang rendah, dan meningkatkan risiko penyakit kronis. Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas pendidikan stunting dalam meningkatkan pengetahuan ibu hamil di Indonesia dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengetahuan stunting kepada ibu hamil. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan literatur yang bersumber dari Pubmed, ScienceDirect, dan Google Scholar dengan rentang publikasi dari tahun 2013-2023. Setelah disaring melalui proses inklusi dan eksklusi, ditemukan enam jurnal untuk ditinjau lebih dalam. Hasil penelitian dari 6 jurnal tersebut ditemukan bahwa edukasi stunting terbukti efektif meningkatkan pengetahuan ibu hamil di Indonesia. Metode edukasi yang efektif untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil tentang stunting adalah ceramah, bermain peran, simulasi, permainan, kampanye komunikasi interpersonal, menggunakan media booklet, dan grup WhatsApp. Edukasi stunting efektif dalam meningkatkan pengetahuan ibu hamil dan diharapkan dapat menjadi upaya untuk menurunkan angka stunting di Indonesia.References
Agustina, N. (2022). Faktor-faktor Penyebab Kejadian Stunting pada Balita. In Kementerian Kesehatan RI. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Arsyati, A. M. (2019). The Influence of Audiovisual Education regarding Knowledge of Stunting Prevention in Pregnant Women in Desa Cibatok 2, Cibungbulang. Promotor Jurnal Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 2.
Ekayanthi, N. W. D., & Suryani, P. (2019). Nutrition Education to Pregnant Woman Prevent Stunting in Antenatal Class. Jurnal Kesehatan Poltekkes Kementerian Kesehatan Tanjung Karang, 10.
Emily Gamboa, Broadbent, E., Quintana, N., Callaway, S., Donoso, P., Mph, M. L., Wibowo, L., Santika, O., Josh, H., Hall, P. C., Crookston, B. T., & Health, I. M. A. W. (2020). Interpersonal communication campaign promoting knowledge , attitude , intention , and consumption of iron folic acid tablets and iron rich foods among pregnant Indonesian women. 29(February), 545–551. https://doi.org/10.6133/apjcn.202009
Jihad, F. F., Maisyaroh, S., & Siregar, F. (2022). The Effect of Maternal Education and Knowledge on Stunting Incidence in. 3(2), 37–40.
Julita, N., & Putri, E. S. (2019). THE EFFECTIVENESS OF NUTRITION EDUCATION ON STUNTING PREVENTION BEHAVIOR IN PREGNANT WOMEN IN KAWAY XVI DISTRICT, ACEH BARAT REGENCY. MORFAI JOURNAL, 2(1), 81-88. 81–88.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2022). Profil Kesehatan Indonesia 2021. https://www.kemkes.go.id/downloads/resources/download/pusdatin/profil-kesehatan-indonesia/Profil-Kesehatan-2021.pdf
Listyarini, A. D., & Fatmawati, Y. (2020). Edukasi Gizi Ibu Hamil Dengan Media Booklet Tentang Perilaku Pencegahan Balita Stunting Di Wilayah Puskesmas Undaan Kabupaten Kudus. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan, 11(1), 100. https://doi.org/10.26751/jikk.v11i1.743
Melati, I. P., Anna, C., Afifah, N., Studi, P., Gizi, S., Pendidikan, J., Keluarga, K., Negeri, U., & Timur, J. (2021). Edukasi Gizi Pencegahan Stunting Berbasis Whatsapp Group Untuk Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Ibu Hamil. Pangan Kesehatan Dan Gizi, 1(2), 61–69.
P2PTM Kemenkes RI. (2018). Stunting, Ancaman Generasi Masa Depan Indonesia - Direktorat P2PTM. 2018, April, 1–9.
Permatasari, T. A. E., Rizqiya, F., Kusumaningati, W., Suryaalamsah, I. I., & Hermiwahyoeni, Z. (2021). The effect of nutrition and reproductive health education of pregnant women in Indonesia using quasi experimental study. BMC Pregnancy and Childbirth, 21(1), 1–15. https://doi.org/10.1186/s12884-021-03676-x
Pratiwi, R., Sari, R. S., & Ratnasari, F. (2021). Dampak Status Gizi Pendek (Stunting) terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan, 12(2), 10–23.
Simanjuntak, B. Y., Haya, M., Suryani. Desri, Khomsan, A., & Ahmad, C. A. (2019). Maternal Knowledge, Attitude, and Practices about Traditional Food Feeding with Stunting and Wasting Toddlers in Farmer Families. National Public Health Journal.
UNICEF. (2023). Child Malnutrition. https://data.unicef.org/topic/nutrition/malnutrition/#:~:text=Between 2000 and 2022%2C stunting,lived in sub-Saharan Africa.
UNICEF East Asia and Pacific Region. (2021). Southeast Asia Regional Report on Maternal Nutrition and Complementary Feeding. https://www.unicef.org/eap/media/9466/file/Maternal Nutrition and Complementary Feeding Regional Report.pdf
WHO. (2015). Stunting in a Nutshell. In Https://Www.Who.Int/News/Item/19-11-2015-Stunting-in-a-Nutshell (hal. https://www.who.int/news/item/19-11-2015-stunting-).
World Health Organization. (2014). WHO Global Nutrition Target?: Stunting Policy Brief. https://www.motherchildnutrition.org/pdf/who-stunting-policy-brief-global-nutrition-targets-2014.pdf
Yuwanti, Y., Mulyaningrum, F. M., & Susanti, M. M. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Stunting Pada Balita Di Kabupaten Grobogan. Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama, 10(1), 74. https://doi.org/10.31596/jcu.v10i1.704
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dhanifa Aldeana Maheswari , Jazzy Dwi Arimurti, Fridya Syavina Putri, Dimas Heryunanto, Shafa Adzkia Aulia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).