ANALISIS TINGKAT PARTISIPASI PENDAFTARAN RAWAT JALAN MELALUI APLIKASI MOBILE JKN DI RSU GMIM BETHESDA TOMOHON

Authors

  • Welong S. Surya Program Studi Administrasi Kesehatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda, Tomohon
  • Marieska Y. Waworuntu Program Studi Administrasi Kesehatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda, Tomohon
  • Welmin M. E. Lumi Program Studi Administrasi Kesehatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda, Tomohon
  • Marsel R. Taher Program Studi Administrasi Kesehatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda, Tomohon
  • Reivina M. T. Rumengan Program Studi Administrasi Kesehatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda, Tomohon
  • Christian E. A. Lumadja Program Studi Administrasi Kesehatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda, Tomohon

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.16351

Keywords:

aplikasi mobile JKN, rawat jalan, rumah sakit, tingkat partisipasi pendaftaran

Abstract

Era digital saat ini, teknologi berperan penting dalam berbagai sektor, termasuk kesehatan. Di Indonesia, BPJS meluncurkan aplikasi mobile JKN untuk memudahkan akses layanan kesehatan seperti pendaftaran rawat jalan secara online. Namun, partisipasi pengguna aplikasi ini di RSU GMIM Bethesda Tomohon masih rendah. Penelitian kualitatif menggunakan wawancara mendalam dan analisis konten menunjukkan bahwa kendala teknis, kurangnya sosialisasi, dan rendahnya literasi teknologi menjadi faktor utama yang memengaruhi penggunaan aplikasi ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurangnya pengetahuan dan sosialisasi tentang aplikasi mobile JKN ialah hambatan utama dalam meningkatkan partisipasi. Meskipun fasilitas teknologi dan dukungan rumah sakit telah ditingkatkan, literasi digital masyarakat masih perlu ditingkatkan. Kesimpulan penelitian ini ialah RSU GMIM Bethesda Tomohon perlu melanjutkan upaya sosialisasi dan edukasi serta mengembangkan infrastruktur teknologi untuk memastikan penggunaan aplikasi mobile JKN dapat lebih optimal. Dengan fokus pada peningkatan literasi digital dan sosialisasi intensif, diharapkan tingkat partisipasi dalam pendaftaran rawat jalan melalui aplikasi mobile JKN dapat meningkat

References

Aghatsa, dkk. (2023). Hubungan Tingkat Pengetahuan Terhadap Penggunaan Aplikasi Mobile JKN Di Desa Slorok Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 6(2).

Anonim (2003). Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelayanan.

Anonim. (2009). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan.

Anonim. (2018). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2018 Tentang Jaminan Kesehatan.

Anonim. (2022). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2022 Tentang Penggunaan Jasa Pelayanan Kesehatan dan Dukungan Biaya Operasional Pelayanan Kesehatan dalam Pemanfaatan Dana Kapitasi Jaminan Kesehatan Nasional pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Milik Pemerintah Daerah.

El Kariema, I. H., Siyoto, S., & Wardani, R. (2021). Evaluation And Implementation Registration Of Outpatient With Online Systems At Health Services Center. Journal for Quality in Public Health, 4(2).

Green, L. (1980). Health Education: A Diagnosis Approach, The John Hopkins University, Mayfield Publishing Co.

Martiana, E. (2018). Evaluasi SIMRS Bagian Pendaftaran Online Pasien Rawat Jalan Di Rsud Dr. Tjitrowardojo Purworejo Dengan Metode Task Technology Fit Analysis. 34-49. Available from: https://core.ac.uk/reader/195917630. Diakses 21 Juni 2024.

McCarron, T. L., Moffat, K., Wilkinson, G., Zelinsky, S., Boyd, J. M., White, D., Hassay, D., Lorenzetti, D. L., Marlett, N. J., & Noseworthy, T. (2019). Understanding patient Engagement In Health System Decision-Making: A Co-Designed Scoping Review. Systematic Reviews.

Ningrum, I. C., Dewiyani, A. I. C. ., & Ardhiasti, A. (2023). Hubungan Tingkat Pengetahuan Masyarakat Terhadap Pemanfaatan Mobile JKN Di Desa Tumpang Kabupaten Malang. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 6(2), 78-86. https://doi.org/10.37792/jukanti.v6i2.941.

Sari, L. M., Hartini, S., & Andria, F. (2019). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Mobile JKN Sebagai Strategi Meminimalisir Tingkat Antrian Di Kantor Cabang BPJS Kesehatan Kabupaten Bogor. Jurnal Online Mahasiswa Bidang Manajemen

Setiawan, M. Y., Lazuardi, L., & Satoto, T. B. T. (2023). Literasi Digital Dan Penerimaan Sistem Informasi Ezoonosis Pada Petugas Kesehatan. Journal of Information Systems for Public Health, 8(2), 5-21.

Suhadi, Jumakil, & Irma. (2022). Aplikasi Mobile JKN Untuk Memudahkan Akses Pelayanan BPJS. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, Hal 262-267. http://dx.doi.org/10.33846/sf13nk148.

Wulandari, A., Sudarman, & Ikhsan. (2019). Inovasi BPJS Kesehatan Dalam Pemberian Layanan Kepada Masyarakat: Aplikasi Mobile JKN. Jurnal Public Policy, 5(2), 98.

Youhland, M. W., Lumi, W. M. E., & Surya, W. S. (2023). Pemahaman Pasien Mengenai Penggunaan Pendaftaran Online Di Rawat Jalan RSU GMIM Bethesda Tomhon. Prepotif: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(3), 16659–16674. https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i3.21858

Downloads

Published

2024-08-09