ANALISIS TINGKAT PARTISIPASI PENDAFTARAN RAWAT JALAN MELALUI APLIKASI MOBILE JKN DI RSU GMIM BETHESDA TOMOHON
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.16351Keywords:
aplikasi mobile JKN, rawat jalan, rumah sakit, tingkat partisipasi pendaftaranAbstract
Era digital saat ini, teknologi berperan penting dalam berbagai sektor, termasuk kesehatan. Di Indonesia, BPJS meluncurkan aplikasi mobile JKN untuk memudahkan akses layanan kesehatan seperti pendaftaran rawat jalan secara online. Namun, partisipasi pengguna aplikasi ini di RSU GMIM Bethesda Tomohon masih rendah. Penelitian kualitatif menggunakan wawancara mendalam dan analisis konten menunjukkan bahwa kendala teknis, kurangnya sosialisasi, dan rendahnya literasi teknologi menjadi faktor utama yang memengaruhi penggunaan aplikasi ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurangnya pengetahuan dan sosialisasi tentang aplikasi mobile JKN ialah hambatan utama dalam meningkatkan partisipasi. Meskipun fasilitas teknologi dan dukungan rumah sakit telah ditingkatkan, literasi digital masyarakat masih perlu ditingkatkan. Kesimpulan penelitian ini ialah RSU GMIM Bethesda Tomohon perlu melanjutkan upaya sosialisasi dan edukasi serta mengembangkan infrastruktur teknologi untuk memastikan penggunaan aplikasi mobile JKN dapat lebih optimal. Dengan fokus pada peningkatan literasi digital dan sosialisasi intensif, diharapkan tingkat partisipasi dalam pendaftaran rawat jalan melalui aplikasi mobile JKN dapat meningkatReferences
Aghatsa, dkk. (2023). Hubungan Tingkat Pengetahuan Terhadap Penggunaan Aplikasi Mobile JKN Di Desa Slorok Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 6(2).
Anonim (2003). Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelayanan.
Anonim. (2009). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan.
Anonim. (2018). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2018 Tentang Jaminan Kesehatan.
Anonim. (2022). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2022 Tentang Penggunaan Jasa Pelayanan Kesehatan dan Dukungan Biaya Operasional Pelayanan Kesehatan dalam Pemanfaatan Dana Kapitasi Jaminan Kesehatan Nasional pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Milik Pemerintah Daerah.
El Kariema, I. H., Siyoto, S., & Wardani, R. (2021). Evaluation And Implementation Registration Of Outpatient With Online Systems At Health Services Center. Journal for Quality in Public Health, 4(2).
Green, L. (1980). Health Education: A Diagnosis Approach, The John Hopkins University, Mayfield Publishing Co.
Martiana, E. (2018). Evaluasi SIMRS Bagian Pendaftaran Online Pasien Rawat Jalan Di Rsud Dr. Tjitrowardojo Purworejo Dengan Metode Task Technology Fit Analysis. 34-49. Available from: https://core.ac.uk/reader/195917630. Diakses 21 Juni 2024.
McCarron, T. L., Moffat, K., Wilkinson, G., Zelinsky, S., Boyd, J. M., White, D., Hassay, D., Lorenzetti, D. L., Marlett, N. J., & Noseworthy, T. (2019). Understanding patient Engagement In Health System Decision-Making: A Co-Designed Scoping Review. Systematic Reviews.
Ningrum, I. C., Dewiyani, A. I. C. ., & Ardhiasti, A. (2023). Hubungan Tingkat Pengetahuan Masyarakat Terhadap Pemanfaatan Mobile JKN Di Desa Tumpang Kabupaten Malang. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 6(2), 78-86. https://doi.org/10.37792/jukanti.v6i2.941.
Sari, L. M., Hartini, S., & Andria, F. (2019). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Mobile JKN Sebagai Strategi Meminimalisir Tingkat Antrian Di Kantor Cabang BPJS Kesehatan Kabupaten Bogor. Jurnal Online Mahasiswa Bidang Manajemen
Setiawan, M. Y., Lazuardi, L., & Satoto, T. B. T. (2023). Literasi Digital Dan Penerimaan Sistem Informasi Ezoonosis Pada Petugas Kesehatan. Journal of Information Systems for Public Health, 8(2), 5-21.
Suhadi, Jumakil, & Irma. (2022). Aplikasi Mobile JKN Untuk Memudahkan Akses Pelayanan BPJS. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, Hal 262-267. http://dx.doi.org/10.33846/sf13nk148.
Wulandari, A., Sudarman, & Ikhsan. (2019). Inovasi BPJS Kesehatan Dalam Pemberian Layanan Kepada Masyarakat: Aplikasi Mobile JKN. Jurnal Public Policy, 5(2), 98.
Youhland, M. W., Lumi, W. M. E., & Surya, W. S. (2023). Pemahaman Pasien Mengenai Penggunaan Pendaftaran Online Di Rawat Jalan RSU GMIM Bethesda Tomhon. Prepotif: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(3), 16659–16674. https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i3.21858
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Welong S. Surya, Marieska Y. Waworuntu, Welmin M. E. Lumi, Marsel R. Taher, Reivina M. T. Rumengan, Christian E. A. Lumadja
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).