MUTU PELAYANAN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PASIEN DI FASILITAS KESEHATAN TINGKAT PERTAMA

Authors

  • Nadia Hendra Pratama Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat,Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Adinda Gusti Irawan Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat,Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Salsabila Prayatna Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat,Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Meilisa Luthfiah Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat,Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Fitriani Pramita Gurning Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat,Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i3.16267

Keywords:

kepuasan pelayanan Kesehatan; JKN; Kualitas; Fasilitas; Mutu pelayanan

Abstract

Mutu pelayanan rumah sakit sangat penting karena mempengaruhi kepuasan pasien. Mutu pelayanan kesehatan yang baik dapat menimbulkan rasa puas pada diri setiap pasien. Kepuasan pelanggan yang rendah akan berdampak terhadap menurunnya jumlah kunjungan pasien yang akan mempengaruhi profitabilitas fasilitas kesehatan. Kepuasan pelayanan kesehatan dari sudut, reliability, tangible responsiveness, assurance serta empathy berkaitan pada kepuasan peserta BPJS Kesehatan di Medan, Sumatera Utara. Tujuan penelitian ini yaitu untuk Mengetahui kualitas mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien pengguna Jaminan Kesehatan nasional. Artikel ini merupakan literature review terhadap research article yang terdapat pada database google scholar dan Science Direct dengan kata kunci kepuasan pelayanan Kesehatan, JKN, Kualitas, Fasilitas, Mutu pelayanan. Kriteria artikel yang dipilih adalah artikel yang terbit antara tahun 2018- 2023 baik jurnal nasional maupun internasional. Kajian literatur dilakukan dengan membandingkan metode penelitian, cara pengolahan dan hasil yang diperoleh dari setiap artikel. Adapun fasilitas kesehatan pelayanan kesehatan tingkat pertama pada kabupaten/kota diambil 1 dokter praktek swasta 1 puskesmas dan 1 klinik Pratama dan di tambahkan 1 fasilitas kesehatan tingkat I milik TNI dan 1 fasilitas kesehatan tingkat I milik Polri.Hasil penelitian menunjukan kualitas pelayanan kesehatan berkaitan terhadap kepuasan layanan kesehatan yang diberi dari fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama terhadap pasien yang memakai BPJS Kesehatan terhadap tingkat keterkaitan yang kuat. Kemudian dalam keterkaitan kualitas pelayanan pada sudut assurance keterkaitannya sangat kuat.Kesimpulan penelitian ini yaitu Mutu pelayanan kesehatan mempunyai hubungan yang signifikan dengan kepuasan pasien peserta jaminan kesehatan nasional.

References

Ambat, P., Pangemanan, M., Mamuaja, P., (2020). Hubungan Mutu Pelayanan Bpjs Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Di Intalasi Rawat Inap Kelas Iii Rumah Sakir Umum Daerah Biak Kabupaten Biak Numfor Provinsi Papua 2020. Jurnal Kesehatan Masyarakat Unima, 1 (4).

Astutik, E. E. (2020). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Peserta Bpjs Rawat Jalan Di Puskesmas. Jurnal Kesehatan Dr. Soebandi, 8(2), 158-163.

Arifin, M. H., & Suprayitno, S. (2021). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Pengguna Bpjs Kesehatan Di Puskesmas Segiri Kota Samarinda. Borneo Student Research (Bsr), 2(2), 1234-1239.

Batubara, D, S., Siregar, Z, L, A ,. Sitorus, R, A., 2023. Mutu Pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional (Jkn) Dalam Meningkatkan Kepuasan Pasien Di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama 2023. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 2 (1).

Darmawangsa, I. G. A. I. L., & Sanica, I. G. (2021). Penggunaan Digitalisasi Program Bpjs Untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Bali Health Journal, 5(2), 93-103.

Dewi, N. N. D. S. (2020). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Tanggungan Bpjs Di Klinik Bhayangkara Polda Bali. Jurnal Medika: Karya Ilmiah Kesehatan, 5(2).

Hadi, N., Ibrahim., Nurhasanah., 2020. Kepuasan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (Jkn) Pada Pelayanan Di Puskesmas Kuta Alam Banda Aceh 2020. Idea Nursing Journal, Xi (3).

Handiny, F., Fitri, F., & Oresti, S. (2023). Kualitas Pelayanan Kesehatan Dan Kepuasan Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Di Puskesmas X Kota Padang. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 15(1), 29-36.

Hidayat, A., Mubaroq, M. H., & Caesar, D. L. (2020). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Wonosalam I Kabupaten Demak. Prosiding Hefa (Health Events For All), 4.

Lidiana, E. H. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta Jkn Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas. In Prosiding University Research Colloquium (Pp. 122-125).

Lubis, A. S., Sabrina, D., Ginting, N. G. B., Hutajulu, S. A., & Gurning, F. P. (2022). Analisis Perkembangan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan Pada Tahun 2022. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(9), 1235-1248.

Lubis, R. A., Putri, A. D., & Ginting, T. (2020). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Sei Mencirim Medan Tahun 2020. Jurnal Keperawatan Dan Fisioterapi (Jkf), 3(1), 13-20.

Manorek, L., Tucunan, A. A., & Ratag, B. T. (2020). Hubungan Antara Persepsi Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Peserta Bpjs Di Puskesmas Pingkan Tenga Kabupaten Minahasa Selatan. Kesmas: Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi, 9(2).

Maulina, L., Madjid, T. A., & Chotimah, I. (2019). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Peserta Bpjs Di Unit Rawat Inap Puskesmas Cibungbulang Kabupaten Bogor Tahun 2018. Promotor, 2(2), 130-136.

Pertiwi, N. K. F. R., & Prasetya, M. A. (2019). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Peserta Bpjs Dan Pasien Umum Terhadap Pelayanan Di Faskes Tingkat Pertama Poli Gigi Puskesmas Iv Denpasar Selatan. Bali Dental Journal, 3(2), 64-69.

Sudiari, M. (2022). Pemilihan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Pada Pasien Perserta Bpjs Kesehatan: First Level Health Facilities Selection In Bpjs Kesehatan Participants. Bali Medika Jurnal, 9(1), 99-106.

Ulumiyah, N. H. (2018). Meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Penerapan Upaya Keselamatan Pasien Di Puskesmas. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 6(2), 149-155.

Virdayanti, V. (2021). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Tipo Kota Palu.

Wahyudi, W. (2022). Gambaran Pengetahuan Dan Upaya Swamedikasi Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Uin Sumatera Utara Medan. Jurnal Penelitian Farmasi & Herbal, 5(1), 99-106.

Wahyudi, W., & Kaban, V. E. (2023). A Simple Comparative Analysis On Self-Medication Knowledge And Effort Of Health And Non-Health Students In Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Contagion: Scientific Periodical Journal Of Public Health And Coastal Health, 5(1), 216-224.

Yuanda, R. (2021). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Batumandi Kabupaten Balangan Tahun 2021 (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Kalimantan Mab).

Downloads

Published

2023-08-27

How to Cite

Pratama, N. H. ., Irawan, A. G. ., Prayatna, S. ., Luthfiah, M. ., & Gurning, F. P. (2023). MUTU PELAYANAN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PASIEN DI FASILITAS KESEHATAN TINGKAT PERTAMA. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(3), 1812–1818. https://doi.org/10.31004/jkt.v4i3.16267