ANALISIS KEPUASAN PASIEN BPJS TERHADAP PELAYANAN RAWAT JALAN DI RSUD PASAR REBO

Authors

  • Leny Ramadhan Program Studi Farmasi Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i3.16241

Keywords:

BPJS kesehatan, kepuasan pasien, pelayanan kesehatan, rawat jalan

Abstract

Pelayanan kesehatan merupakan salah satu kegiatan yang diberikan rumah sakit kepada pasien untuk meningkatkan status kesehatan atau usaha – usaha pencegahan, diagnosis, terapi pemulihan atau penyembuhan penyakit. Pelayanan kesehatan dinilai dengan kualitas pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit terhadap pasien dengan parameter pengukuran kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diterima dengan yang diharapkan baik pasien rawat jalan maupun rawat inap. Dalam rangka meningkatkan akses kesehatan, program BPJS telah diterapkan oleh pemerintah, yang berdampak pada peningkatan jumlah pasien yang berobat di Rumah Sakit. Namun, berdasarkan hasil survei di RSUD Pasar Rebo, peningkatan jumlah pasien tersebut berdampak pada menurunnya mutu pelayanan. Meskipun demikian, data laporan BPJS kesehatan menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan BPJS cukup tinggi, meski masih ada beberapa aspek yang perlu ditingkatkan, seperti kebijakan rujukan berjenjang, keterbatasan tempat tidur perawatan, dan pembatasan konsultasi dengan dokter spesialis. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan rawat jalan di RSUD Pasar Rebo. Metode yang digunakan adalah  metode kuantitatif analisis deskriptif. Sampel penelitian terdiri dari 100 pasien rawat jalan di RSUD Pasar Rebo, dihitung dengan rumus Slovin. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2020, pengumpulan data melalui wawancara menggunakan kuesioner. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien, yang ditunjukkan oleh hasil uji T bahwa variabel kehandalan, ketanggapan, dan jaminan berpengaruh terhadap kepuasan pasien.

References

BPJS Kelselhatan, (2019).Kinelrja BPJS Kelselhatan Kellola Program JKN-KIS ELdisi 85 . Meldia Info BPJS Kelselhatan, Jakarta

BPJS Kelselhatan, (2020).Kinelrja BPJS Kelselhatan 2020 ELdisi 97.Meldia Info BPJS Kelselhatan, Jakarta

Data Surveli RSUD Pasar Relbo, 2020 , Jakarta Timur

Hasniar (2021) Gambaran Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Bpjs Di Unit Rawat Inap Rsud Syekh Yusuf Kabupaten Gowa Tahun 2020. Skripsi Thesis, Universitas Hasanuddin

Helndrawan, H.dkk.(2018).Lels’t Makel JKN Wins For All: Harapan, Kelnyataan dan solusi JKN, Jakarta, Lelmbaga Pelnelrbit Ballbangke

Hernawati, S.(2019). Manajemen Rumah Sakit. Forum Ilmiah Kesehatan (FORIKES).

Kartikasari, D. (2019). Administrasi Rumah Sakit. Malang: Wineka Media.

Nurul Amalina, R., Et Al.(2021). Analisis Kepuasan Pasien Peserta Bpjs Kesehatan Terhadap Pelayanan Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bogor Tahun 2021. Journal Of Hospital Management Issn (Print), 2615, 8337

Pramono, A. (2008). Analisis Keterampilan Kerja dan Iklim Kerja terhadap Kualitas Pelayanan Keperawatan di Ruang Rawat Inap RSU. H. Sahudin Kutacane (Doctoral dissertation, Universitas Sumatera Utara)

Pratiwi, S. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Sultan Immanudin Pangkalan Bun Kalimantan Tengah (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta).

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 telntang Rumah Sakit

Undang-undang Relpublik Indonelsia Nomor 40 Tahun 2004 Telntang. Sistelm Jaminan Kelselhatan Nasional (SJSN)

Undang – Undang Relpublik Indonelsia Nomor 24 Tahun 2011 Telntang Badan Pelnyellelnggaran Jaminan Sosial

Downloads

Published

2023-09-22