ANALISIS KEPUASAN PASIEN BPJS TERHADAP PELAYANAN RAWAT JALAN DI RSUD PASAR REBO
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i3.16241Keywords:
BPJS kesehatan, kepuasan pasien, pelayanan kesehatan, rawat jalanAbstract
Pelayanan kesehatan merupakan salah satu kegiatan yang diberikan rumah sakit kepada pasien untuk meningkatkan status kesehatan atau usaha – usaha pencegahan, diagnosis, terapi pemulihan atau penyembuhan penyakit. Pelayanan kesehatan dinilai dengan kualitas pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit terhadap pasien dengan parameter pengukuran kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diterima dengan yang diharapkan baik pasien rawat jalan maupun rawat inap. Dalam rangka meningkatkan akses kesehatan, program BPJS telah diterapkan oleh pemerintah, yang berdampak pada peningkatan jumlah pasien yang berobat di Rumah Sakit. Namun, berdasarkan hasil survei di RSUD Pasar Rebo, peningkatan jumlah pasien tersebut berdampak pada menurunnya mutu pelayanan. Meskipun demikian, data laporan BPJS kesehatan menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan BPJS cukup tinggi, meski masih ada beberapa aspek yang perlu ditingkatkan, seperti kebijakan rujukan berjenjang, keterbatasan tempat tidur perawatan, dan pembatasan konsultasi dengan dokter spesialis. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan rawat jalan di RSUD Pasar Rebo. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif analisis deskriptif. Sampel penelitian terdiri dari 100 pasien rawat jalan di RSUD Pasar Rebo, dihitung dengan rumus Slovin. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2020, pengumpulan data melalui wawancara menggunakan kuesioner. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien, yang ditunjukkan oleh hasil uji T bahwa variabel kehandalan, ketanggapan, dan jaminan berpengaruh terhadap kepuasan pasien.References
BPJS Kelselhatan, (2019).Kinelrja BPJS Kelselhatan Kellola Program JKN-KIS ELdisi 85 . Meldia Info BPJS Kelselhatan, Jakarta
BPJS Kelselhatan, (2020).Kinelrja BPJS Kelselhatan 2020 ELdisi 97.Meldia Info BPJS Kelselhatan, Jakarta
Data Surveli RSUD Pasar Relbo, 2020 , Jakarta Timur
Hasniar (2021) Gambaran Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Bpjs Di Unit Rawat Inap Rsud Syekh Yusuf Kabupaten Gowa Tahun 2020. Skripsi Thesis, Universitas Hasanuddin
Helndrawan, H.dkk.(2018).Lels’t Makel JKN Wins For All: Harapan, Kelnyataan dan solusi JKN, Jakarta, Lelmbaga Pelnelrbit Ballbangke
Hernawati, S.(2019). Manajemen Rumah Sakit. Forum Ilmiah Kesehatan (FORIKES).
Kartikasari, D. (2019). Administrasi Rumah Sakit. Malang: Wineka Media.
Nurul Amalina, R., Et Al.(2021). Analisis Kepuasan Pasien Peserta Bpjs Kesehatan Terhadap Pelayanan Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bogor Tahun 2021. Journal Of Hospital Management Issn (Print), 2615, 8337
Pramono, A. (2008). Analisis Keterampilan Kerja dan Iklim Kerja terhadap Kualitas Pelayanan Keperawatan di Ruang Rawat Inap RSU. H. Sahudin Kutacane (Doctoral dissertation, Universitas Sumatera Utara)
Pratiwi, S. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Sultan Immanudin Pangkalan Bun Kalimantan Tengah (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta).
Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 telntang Rumah Sakit
Undang-undang Relpublik Indonelsia Nomor 40 Tahun 2004 Telntang. Sistelm Jaminan Kelselhatan Nasional (SJSN)
Undang – Undang Relpublik Indonelsia Nomor 24 Tahun 2011 Telntang Badan Pelnyellelnggaran Jaminan Sosial
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Leny Ramadhan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).