HUBUNGAN KECANDUAN MENONTON FILM/DRAMA DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA FK UNIVERSITAS TARUMANAGARA

Authors

  • Belinda Angie Felicia Karu Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara
  • Rebekah Malik Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i3.16229

Keywords:

film, drama, kecanduan, IPK, Mahasiswa kedokteran

Abstract

Seiring berkembangnya teknologi dalam industri hiburan, tidak sedikit film atau drama yang menjadi sangat popular di semua kalangan usia terlebih lagi remaja. Hal ini sering dijadikan sebagai salah satu sarana untuk melepas stres atau dijadikan sebuah sarana untuk mencari pengetahuan dalam segala bidang. Tetapi Ketika seseorang mulai menonton film/drama tanpa mengenal waktu maka hal tersebut disebut dengan kecanduan. Kecanduan terhadap film/drama dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari termasuk kehidupan akademik. Penelitan ini dilakukan agar peneliti dapat mengetahui adanya hubungan kecanduan menonton film/drama dengan indeks prestasi kumulatif mahasiswa fakultas kedokteran universitas tarumanagara atau tidak. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional menggunakan desain studi cross sectional dengan teknik simple random sampling yang dilakukan pada bulan Februari 2022 di Universitas Tarumanagara. Data diperoleh dari 167 responden yang mengisi kuesioner dari 200 mahasiswa fakultas kedokteran universitas tarumanagara Angkatan 2021. Pengambilan data dilakukan dengan  cara peneliti membagikan link yang berisi 10 pertanyaan mengenai kecanduan dan IPK. Hasil dari pengisian kuesioner akan di analisis menggunakan uji analisis bivariat. Dari hasil analisis yang diperoleh, terdapat 83 (49.7%) mahasiswa dengan kecanduan menonton film/drama, sebanyak 39 responden mendapatkan hasil IPK yang kurang memuaskan dan 44 responden mendapatkan hasil IPK yang memuaskan. Sedangkan responden yang tidak kecanduan menonton film/drama sebanyak 84 (50.3%) mahasiswa, diantaranya terdapat 26 responden dengan IPK yang tidak memuaskan dan 58 responden yang memperoleh IPK yang memuaskan. Setelah dilakukan uji chi-square didapatkan  hasil p <0,05 (p=0,040 ) sehingga H0 ditolak, sehingga didapatkan kesimpulan bahwa terdapat hubungan signifikan antara kecanduan menonton film/drama dengan indeks prestasi kumulatif.

References

Wuhr p, Lange B.P, Schwarz S. (2017) Tears or Fears? Comparing Gender Stereotype about Movie Preferences to Actual Preferences. Available from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5364821/

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Stoll J. (2021) Viewership of Korean media content worldwide Q1 2020. Available from: https://www.statista.com/statistics/1136285/viewers-of-korean-tv-and-movies-worldwide/

Rahmawati. E, Saputra O, Saftarina F. (2018) Hubungan gaya belajar terhadap Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Undergraduate Thesis. Lampung: Faculty of Medicine Universitas Lampung.

Novaldy R, Oktaria D, Warganegara E. (2019) Hubungan antara Learning approach dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa Fakultas Kedokteran Lampung. Undergraduate Thesis. Lampung: Faculty of Medicine Universitas Lampung.

Malfasari E, Febtrina R, Herniyanti R, Utari E.M. (2019) Korean drama addiction and the quality of sleep of Indonesian student. Undergraduate Thesis. Riau: Nursing program STIKes Payung Negeri Pekanbaru.

Widyaningrum R, Hasan M.N, Harist A.M. (2022) Hubungan Kecanduan Menonton Drama Korea dengan Kualitas Tidur Remaja Komunitas Krakor ID di Media Sosial Facebook. Undergraduate Thesis. Yogyakarta: Nursing program STIKes Madani

Pande N.P.A.M, Marheni A. (2015.) Hubungan Kecanduan Game Online dengan Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Kuta. Undergraduate Thesis. Bali: faculty of psychology and faculty of medicine Universitas Udayana

Marlina N.P, Minarti N.M.A, Utami K.C. (2014). Hubungan Bermain Game Online dengan Prestasi Belajar Matematika Anak Usia Sekolah Kelas V di Sekolah Dasar Saraswati Denpasar Tahun 2014. Undergraduate Thesis. Bali: faculty of psychology and faculty of medicine Universitas Udayana

Downloads

Published

2023-09-03

How to Cite

Karu, B. A. F., & Malik, R. (2023). HUBUNGAN KECANDUAN MENONTON FILM/DRAMA DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA FK UNIVERSITAS TARUMANAGARA. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(3), 2223–2228. https://doi.org/10.31004/jkt.v4i3.16229