HUBUNGAN KECANDUAN MENONTON FILM/DRAMA DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA FK UNIVERSITAS TARUMANAGARA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i3.16229Keywords:
film, drama, kecanduan, IPK, Mahasiswa kedokteranAbstract
Seiring berkembangnya teknologi dalam industri hiburan, tidak sedikit film atau drama yang menjadi sangat popular di semua kalangan usia terlebih lagi remaja. Hal ini sering dijadikan sebagai salah satu sarana untuk melepas stres atau dijadikan sebuah sarana untuk mencari pengetahuan dalam segala bidang. Tetapi Ketika seseorang mulai menonton film/drama tanpa mengenal waktu maka hal tersebut disebut dengan kecanduan. Kecanduan terhadap film/drama dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari termasuk kehidupan akademik. Penelitan ini dilakukan agar peneliti dapat mengetahui adanya hubungan kecanduan menonton film/drama dengan indeks prestasi kumulatif mahasiswa fakultas kedokteran universitas tarumanagara atau tidak. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional menggunakan desain studi cross sectional dengan teknik simple random sampling yang dilakukan pada bulan Februari 2022 di Universitas Tarumanagara. Data diperoleh dari 167 responden yang mengisi kuesioner dari 200 mahasiswa fakultas kedokteran universitas tarumanagara Angkatan 2021. Pengambilan data dilakukan dengan cara peneliti membagikan link yang berisi 10 pertanyaan mengenai kecanduan dan IPK. Hasil dari pengisian kuesioner akan di analisis menggunakan uji analisis bivariat. Dari hasil analisis yang diperoleh, terdapat 83 (49.7%) mahasiswa dengan kecanduan menonton film/drama, sebanyak 39 responden mendapatkan hasil IPK yang kurang memuaskan dan 44 responden mendapatkan hasil IPK yang memuaskan. Sedangkan responden yang tidak kecanduan menonton film/drama sebanyak 84 (50.3%) mahasiswa, diantaranya terdapat 26 responden dengan IPK yang tidak memuaskan dan 58 responden yang memperoleh IPK yang memuaskan. Setelah dilakukan uji chi-square didapatkan hasil p <0,05 (p=0,040 ) sehingga H0 ditolak, sehingga didapatkan kesimpulan bahwa terdapat hubungan signifikan antara kecanduan menonton film/drama dengan indeks prestasi kumulatif.References
Wuhr p, Lange B.P, Schwarz S. (2017) Tears or Fears? Comparing Gender Stereotype about Movie Preferences to Actual Preferences. Available from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5364821/
Kamus Besar Bahasa Indonesia
Stoll J. (2021) Viewership of Korean media content worldwide Q1 2020. Available from: https://www.statista.com/statistics/1136285/viewers-of-korean-tv-and-movies-worldwide/
Rahmawati. E, Saputra O, Saftarina F. (2018) Hubungan gaya belajar terhadap Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Undergraduate Thesis. Lampung: Faculty of Medicine Universitas Lampung.
Novaldy R, Oktaria D, Warganegara E. (2019) Hubungan antara Learning approach dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa Fakultas Kedokteran Lampung. Undergraduate Thesis. Lampung: Faculty of Medicine Universitas Lampung.
Malfasari E, Febtrina R, Herniyanti R, Utari E.M. (2019) Korean drama addiction and the quality of sleep of Indonesian student. Undergraduate Thesis. Riau: Nursing program STIKes Payung Negeri Pekanbaru.
Widyaningrum R, Hasan M.N, Harist A.M. (2022) Hubungan Kecanduan Menonton Drama Korea dengan Kualitas Tidur Remaja Komunitas Krakor ID di Media Sosial Facebook. Undergraduate Thesis. Yogyakarta: Nursing program STIKes Madani
Pande N.P.A.M, Marheni A. (2015.) Hubungan Kecanduan Game Online dengan Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Kuta. Undergraduate Thesis. Bali: faculty of psychology and faculty of medicine Universitas Udayana
Marlina N.P, Minarti N.M.A, Utami K.C. (2014). Hubungan Bermain Game Online dengan Prestasi Belajar Matematika Anak Usia Sekolah Kelas V di Sekolah Dasar Saraswati Denpasar Tahun 2014. Undergraduate Thesis. Bali: faculty of psychology and faculty of medicine Universitas Udayana
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Belinda Angie Felicia Karu, Rebekah Malik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).