KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN SURVEI PADA PASIEN RAWAT INAP DI KLINIK PT. BRIDGESTONE SUMATRA RUBBER ESTATE, TAHUN 2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.16068Keywords:
Tingkat Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan KesehatanAbstract
Kepuasan pasien merupakan tingkat keadaan yang dirasakan seseorang yang merupakan hasil dari membandingkan penampilan atau outcome produk yang dirasakan dalam hubungannya dengan harapan seseorang. Kualitas pelayanan kesehatan digunakan untuk meninjau tingkat kepuasan pasien rawat inap. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kepuasan terhadap pelayanan kesehatan pasien rawat inap di Klinik PT. Bridgestone Sumatra Rubber Estate. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini berlokasi di klinik PT. Bridgestone Sumatra Rubber Estate dengan jumlah sample 89 responden. Hasil penelitian dengan menggunakan uji chi-square menunjukkan ada hubungan bukti fisik (tanglible) (p=0.000), perhatian (p=0.044), keandalan (reliability) (p=0.021), jaminan (assurance) (p=0.000) terhadap kepuasan pasien. Dan tidak ada hubungan ketanggapan (responsiveness) (p=0.172) terhadap kepuasan pasien rawat inap di Klinik PT. Bridgestone Sumatra Rubber Estate. Dalam hal ini pihak kl.inik dapat lebih meningkatkan kepuasan pasien terutama dalam ketersediaan fasilitas fisik, keandalan serta ketanggapan dokter dan perawat untuk meningkatkan tingkat kepuasan pasien atas pelayanan kesehatan yang diperoleh di klinik.References
Aminilia, & Widodo, S. (2018). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Pada Pasien BPJS Di Rawat Jalan Rumah Sakit Khusus Daerah Duren Sawit Jakarta Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 2 (1), 1–15. http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/jukmasAnalisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Pada Pasien BPJS Di Rawat Jalan Rumah Sakit Khusus Daerah Duren Sawit Jakarta Tahun 2017
Assefa, F., Mosse, A., & Michael, Y. H. /. (2011). Assessment Of Clients’ Satisfaction With Health Service Deliveries At Jimma University Specialized Hospital. 101–109. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3275861/
Astari, D. W., Noviantani, A., & Simanjuntak, R. (2021). Kepuasan Pasien terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan di Era Pandemi Covid-19 di Rumah Sakit Mata Cicendo. Journal of Hospital Accreditation, 3(1), 34–38.
Astuti, & Kustiyah, E. (2014). Kepuasan Pasien Rawat Inap Atas Pelayanan Rumah Sakit Umum Kabupaten Sragen. Gema, 1356–1371.
Azwar, S. (2020). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Bunet, G. C. E., Lolo, W. A., & Rumondor, E. M. (2020). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Mutu Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Tanawangko. Pharmacon, 9(3), 397–403.
Deharja, A., Nuraini, N., & Wijayanti, R. A. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan BPJSdi Klinik Dr. M. Suherman Jember Tahun 2017. Seminar Nasional Hasil Penelitian 2017, 201–205.
Eninurkhayatun, B., Suryoputro, A., &Fatmasari, E. Y. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Di Puskesmas Duren Dan Puskesmas Bergas Kabupaten Semarang Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5(4), 33–42. Http://Ejournal3.Undip.Ac.Id/Index.Php/Jkm
Imelda, S & Nahrisa, E. (2015). Analisis Tingkat Mutu Pelayanan Rawat Inap Dalam Upaya Peningkatan Kepuasan Pasien Di Rsup Adam Malik Medan (Studi Perbandingan Antara Pasien Umum Dan Pasien BPJS). Jurnal Ilmiah AMIK Labuhan Batu, 3(3), 33-44
Irawan, B. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Rumah Sakit Berdasarkan Metode Service Quality (Servqual). Jurnal Keperawatan Dan Fisioterapi (Jkf), 3(1), 58–64. Https://Doi.Org/10.35451/Jkf.V3i1.522
Jahirin, &Nurjanah, R. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit. Healthy Journal, 5(2), 17–24.
Meutia, Z. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit Islam Malahayati Medan. Universitas Sumatera Utara.
Noviana, P. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Instalasi Farmasi Di Rsud Pare Menggunakan Metode Servqual. Jurnal Wiyata, 4(2), 111–120.
Pramanik, G. S., Puspitasari, I. M., Rahayu, C., &Suwantika, A. A. (2018). Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Diabetes Melitus Tipe 2 Dengan Komplikasi Ginjal Di Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjut. Indonesian Journal Of Clinical Pharmacy, 7(3), 217–226. Https://Doi.Org/10.15416/Ijcp.2018.7.3.217
Saleh, M. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelayanan Kesehatan Bagi Peserta Bpjs Di Rumah Sakit Labuang Baji Kota Makassar. In Tahun(Vol. 17, Issue 2).
Suratri, M. A. L., Suryati, T., &Edwin, V. A. (2018). Persepsi Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Di Rumah Sakit. Buletin Penelitian Kesehatan, 46(4), 239–246. Https://Doi.Org/10.22435/Bpk.V46i4.33
Syahfitriani, Antia, Sari, W., &Pamungkas, R. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Perawat. Indonesian Journal Of Nursing Health Science ISSN, 5(2), 149–157.
Tjiptono, F. 2005. Strategi Pemasaran Jasa. Bayumedia Publishing. Jawa Timur
Umam, C., Muchlisoh, L., Maryati, H., Manajemen Pelayanan Kesehatan, K., Studi Kesehatan Masyarakat, P., &Ilmu Kesehatan, F. (2019). ANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN KESEHATAN RAWAT JALAN DENGAN METODE IPA (IMPORTANCE PERFOMANCE ANALYSIS) DI PUSKESMAS BOGOR TENGAH KOTA BOGOR TAHUN 2018. In PROMOTOR Jurnal Mahasiswa Kesehatan Masyarakat(Vol. 2, Issue 1).
Wardiah, R. (2021). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rsud Dr. Rasidin Padang. Jurnal Human Care, 6 (1), 225–231.
Yudha Utama, P., &Listyorini, S. (2013). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang Dilihat Dari Dimensi Kualitas Pelayanan. Diponegoro Journal Of Social And Politic , 1–9. Http://Ejournal-S1.Undip.Ac.Id/Index.Php/
Yusuf, W., &Suparta. (2021). Analisis Kepuasan Pasien Bpjs Terhadap Pelayanan Kesehatan. Jurnal Ilmiah Kesehatan Iqra, 9(1), 31–39.
Undang-Undang:
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia tentang Klinik Nomor 9 Tahun 2014
Undang-Undang No.29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nisa El Nisa El, Masdalina Masdalina, Johansen Hutajulu, Otniel Ketaren, Dewi Risma Uli Br. Bancin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).