KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN SURVEI PADA PASIEN RAWAT INAP DI KLINIK PT. BRIDGESTONE SUMATRA RUBBER ESTATE, TAHUN 2022

Authors

  • Nisa El Nisa El Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat, Direktorat Pascasarjana, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Masdalina Masdalina Program Studi Magister Ilmu KeseProgram Studi Magister Kesehatan Masyarakat, Direktorat Pascasarjana, Universitas Sari Mutiara Indonesiahatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Johansen Hutajulu Program Studi Magister Ilmu KeseProgram Studi Magister Kesehatan Masyarakat, Direktorat Pascasarjana, Universitas Sari Mutiara Indonesiahatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Otniel Ketaren Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat, Direktorat Pascasarjana, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan
  • Dewi Risma Uli Br. Bancin Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat, Direktorat Pascasarjana, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.16068

Keywords:

Tingkat Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan Kesehatan

Abstract

Kepuasan pasien merupakan tingkat keadaan yang dirasakan seseorang yang merupakan hasil dari membandingkan penampilan atau outcome produk yang dirasakan dalam hubungannya dengan harapan seseorang. Kualitas pelayanan kesehatan digunakan untuk meninjau tingkat kepuasan pasien rawat inap. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kepuasan terhadap pelayanan kesehatan pasien rawat inap di Klinik PT. Bridgestone Sumatra Rubber Estate. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini berlokasi di klinik PT. Bridgestone Sumatra Rubber Estate dengan jumlah sample 89 responden. Hasil penelitian dengan menggunakan uji chi-square menunjukkan ada hubungan bukti fisik (tanglible) (p=0.000), perhatian (p=0.044), keandalan (reliability) (p=0.021), jaminan (assurance) (p=0.000) terhadap kepuasan pasien. Dan tidak ada hubungan ketanggapan (responsiveness) (p=0.172) terhadap kepuasan pasien rawat inap di Klinik PT. Bridgestone Sumatra Rubber Estate. Dalam hal ini pihak kl.inik dapat lebih meningkatkan kepuasan pasien terutama dalam ketersediaan fasilitas fisik, keandalan serta ketanggapan dokter dan perawat untuk meningkatkan tingkat kepuasan pasien atas pelayanan kesehatan yang diperoleh di klinik.

References

Aminilia, & Widodo, S. (2018). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Pada Pasien BPJS Di Rawat Jalan Rumah Sakit Khusus Daerah Duren Sawit Jakarta Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 2 (1), 1–15. http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/jukmasAnalisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Pada Pasien BPJS Di Rawat Jalan Rumah Sakit Khusus Daerah Duren Sawit Jakarta Tahun 2017

Assefa, F., Mosse, A., & Michael, Y. H. /. (2011). Assessment Of Clients’ Satisfaction With Health Service Deliveries At Jimma University Specialized Hospital. 101–109. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3275861/

Astari, D. W., Noviantani, A., & Simanjuntak, R. (2021). Kepuasan Pasien terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan di Era Pandemi Covid-19 di Rumah Sakit Mata Cicendo. Journal of Hospital Accreditation, 3(1), 34–38.

Astuti, & Kustiyah, E. (2014). Kepuasan Pasien Rawat Inap Atas Pelayanan Rumah Sakit Umum Kabupaten Sragen. Gema, 1356–1371.

Azwar, S. (2020). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Bunet, G. C. E., Lolo, W. A., & Rumondor, E. M. (2020). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Mutu Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Tanawangko. Pharmacon, 9(3), 397–403.

Deharja, A., Nuraini, N., & Wijayanti, R. A. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan BPJSdi Klinik Dr. M. Suherman Jember Tahun 2017. Seminar Nasional Hasil Penelitian 2017, 201–205.

Eninurkhayatun, B., Suryoputro, A., &Fatmasari, E. Y. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Di Puskesmas Duren Dan Puskesmas Bergas Kabupaten Semarang Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5(4), 33–42. Http://Ejournal3.Undip.Ac.Id/Index.Php/Jkm

Imelda, S & Nahrisa, E. (2015). Analisis Tingkat Mutu Pelayanan Rawat Inap Dalam Upaya Peningkatan Kepuasan Pasien Di Rsup Adam Malik Medan (Studi Perbandingan Antara Pasien Umum Dan Pasien BPJS). Jurnal Ilmiah AMIK Labuhan Batu, 3(3), 33-44

Irawan, B. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Rumah Sakit Berdasarkan Metode Service Quality (Servqual). Jurnal Keperawatan Dan Fisioterapi (Jkf), 3(1), 58–64. Https://Doi.Org/10.35451/Jkf.V3i1.522

Jahirin, &Nurjanah, R. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit. Healthy Journal, 5(2), 17–24.

Meutia, Z. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit Islam Malahayati Medan. Universitas Sumatera Utara.

Noviana, P. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Instalasi Farmasi Di Rsud Pare Menggunakan Metode Servqual. Jurnal Wiyata, 4(2), 111–120.

Pramanik, G. S., Puspitasari, I. M., Rahayu, C., &Suwantika, A. A. (2018). Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Diabetes Melitus Tipe 2 Dengan Komplikasi Ginjal Di Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjut. Indonesian Journal Of Clinical Pharmacy, 7(3), 217–226. Https://Doi.Org/10.15416/Ijcp.2018.7.3.217

Saleh, M. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelayanan Kesehatan Bagi Peserta Bpjs Di Rumah Sakit Labuang Baji Kota Makassar. In Tahun(Vol. 17, Issue 2).

Suratri, M. A. L., Suryati, T., &Edwin, V. A. (2018). Persepsi Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Di Rumah Sakit. Buletin Penelitian Kesehatan, 46(4), 239–246. Https://Doi.Org/10.22435/Bpk.V46i4.33

Syahfitriani, Antia, Sari, W., &Pamungkas, R. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Perawat. Indonesian Journal Of Nursing Health Science ISSN, 5(2), 149–157.

Tjiptono, F. 2005. Strategi Pemasaran Jasa. Bayumedia Publishing. Jawa Timur

Umam, C., Muchlisoh, L., Maryati, H., Manajemen Pelayanan Kesehatan, K., Studi Kesehatan Masyarakat, P., &Ilmu Kesehatan, F. (2019). ANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN KESEHATAN RAWAT JALAN DENGAN METODE IPA (IMPORTANCE PERFOMANCE ANALYSIS) DI PUSKESMAS BOGOR TENGAH KOTA BOGOR TAHUN 2018. In PROMOTOR Jurnal Mahasiswa Kesehatan Masyarakat(Vol. 2, Issue 1).

Wardiah, R. (2021). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rsud Dr. Rasidin Padang. Jurnal Human Care, 6 (1), 225–231.

Yudha Utama, P., &Listyorini, S. (2013). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang Dilihat Dari Dimensi Kualitas Pelayanan. Diponegoro Journal Of Social And Politic , 1–9. Http://Ejournal-S1.Undip.Ac.Id/Index.Php/

Yusuf, W., &Suparta. (2021). Analisis Kepuasan Pasien Bpjs Terhadap Pelayanan Kesehatan. Jurnal Ilmiah Kesehatan Iqra, 9(1), 31–39.

Undang-Undang:

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia tentang Klinik Nomor 9 Tahun 2014

Undang-Undang No.29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran

Downloads

Published

2023-06-28

How to Cite

Nisa El, N. E., Masdalina, M., Hutajulu, J. ., Ketaren, O. ., & Bancin, D. R. U. B. . (2023). KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN SURVEI PADA PASIEN RAWAT INAP DI KLINIK PT. BRIDGESTONE SUMATRA RUBBER ESTATE, TAHUN 2022. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(2), 1833–1847. https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.16068

Issue

Section

Articles