GAMBARAN PERAN ADVOKASI PERAWAT DALAM PELAYANAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT TINGKAT III BALADHIKA HUSADA KABUPATEN JEMBER

Authors

  • Ridha Nilna Salsabilla Program Studi Ilmu Keperawatan,Fakultas Keperawatan, Universitas Jember
  • Nurfika Asmaningrum Program Studi Ilmu Keperawatan,Fakultas Keperawatan, Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i1.15995

Keywords:

peran advokasi, perawat, perawatan pasien, rumah sakit

Abstract

Perawat merupakan garda terdepan yang berhadapan langsung dengan pasien yang bertugas memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien. Peran advokasi merupakan kewajiban perawat untuk menghormati dan melindungi hak-hak pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bentuk atau strategi gambaran peran advokasi perawat dalam perawatan pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Tingkat III Baladhika Husada Jember. Penelitian ini dimulai tanggal 6 Maret - 6 April 2023, dilakukan selama 15 Hari. Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif analitik dengan teknik purposive sampling. Populasi pasien yang di rawat di Ruang Mawar dan Ruang Nusa Indah selama satu bulan terakhir pada bulan Oktober 2022 sebanyak 287 pasien. Jumlah sampel sebanyak 165 responden menggunakan analisa univariat. Penelitian menggunakan kuesioner pelaksana peran advokasi perawat. Hasil penelitian peran advokasi perawat dalam pelayanan pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Tingkat III Baladhika Husada Kabupaten Jember di kategorikan baik dengan persentase 58,2%, persentase tertinggi 70,3% pada indikator pelaksana tindakan dan persentase terendah 53,3% pada indikator mediator. Dapat disimpulkan bahwa peran advokasi perawat menurut persepsi pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Tingkat III Baladhika Husada Kabupaten Jember sudah baik. Perawat harus membantu pasien dalam memberikan pelayanan asuhan keperawatan untuk memenuhi kebutuhan pasien, memberikan pelayanan keperawatan yang berkualitas, membantu pasien dalam mengambil keputusan suatu tindakan, menjaga keselamatan pasien agar pasien tidak merasa dirugikan saat diberikan tindakan keperawatan.

References

Afidah, E. N. dan M. Sulisno. 2013. Gambaran pelaksanaan peran advokat perawat di rumah sakit negeri di kabupaten semarang. Jurnal Managemen Keperawatan. 1(2):124–130.

Asmaningrum, N. dan Y. F. Tsai. 2018. Nurse perspectives of maintaining patient dignity in indonesian clinical care settings: a multicenter qualitative study. Journal of Nursing Scholarship. 50(5):482–491.

Chaerani dan Nita. 2001. Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Makanan Di Ruang Rawat Inap RS. Dr. M. Hoesin Palembang. Depok: Tesis FKM UI.

Chen, C. C., Y. J. Lin, dan Y. T. Lin. 2013. Awareness and utilization of preventive care services among the elderly under national health insurance. International Journal of Health Care Finance and Economics. 13(3–4):247–260.

Elmiyati, N. K. dan H. Sallang. 2022. Peran advokat perawat di ruang inap rumah sakit umum daerah luwuk banggai provinsi sulawesi tengah. Kesehatan. 03(1):37–41.

Felle, Z. R. 2018. Gambaran tingkat pengetahuan perawat tentang peran advokasi bagi pasien di rumah sakit umum abepura. Jurnal Keperawatan Tropis Papua. 01(01):25–30.

Gerungan, G., F. B. Runtu, dan N. Bawiling. 2020. Karakteristik penderita penyakit paru obstruktif kronis yang di rawat inap di rumah sakit budi setia langowan. Pidemia Jurnal Kesehatan Masyarakat UNIMA. 01(01):2.

Irfanti, F. Y. 2019. Model komunikasi perawat dalam memberikan informasi kepada keluarga pasien di rumah sakit bhayangkara haji samsoeri mertojoso surabaya. Commercium. 01(02):133–136.

Jacobalis dan Samsi. 2000. Kumpulan Tulisan Tentang Rumah Sakit Di Indonesia, Dalam Dinamika Sejarah, Transformasi, Globalisasi, Dan Krisis Nasional. Jakarta: Yayasan IDI.

Mulyani, R. 2014. Hubungan karakteristik pasien dengan kepuasan pelayanan gizi di ruang rawat inap rumah sakit. Jurnal Keperawatan. X(2):231–240.

Ningrum, W. A., W. Febriyani, dan A. Muthoharoh. 2022. EFFECTIVENESS of treatment therapy based on age and duration of congestive heart failure ( chf ) patients at kajen hospital , pekalongan regency. 1765–1772.

Oroh, M. E., S. Rompas, dan L. Pondaag. 2014. Faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan keperawatan di ruang interna rsud noongan. Jurnal Keperawatan UNSRAT. 2(2):113452.

Priandini, R. P., L. Handayani, dan Rosyidah. 2023. Faktor - faktor yang berhubungan dengan kualitas hidup ( quality of life ) pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa. 7(1):3332–3338.

Sallang, H. 2021. Pelaksanaan Peran Advokasi Perawat Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Luwuk Banggai Provinsi Sulawesi Tengah. Sulawesi Tengah

Silaban, E. 2017. The risk factors that influence occurrence of coronary artery disease in rsup h adam malik medan 2017

Simamora, R. H. 2013. Upaya pembinaan perawat di rumah sakit ngesti waluyo parakan temanggung jawa tengah. Jurnal Keperawatan Soedirman. 8(2):105–119.

Siregar, H. K., F. T. Andini, S. K. Tahu, Supriyadi, J. N. M. Vidigal, Y. Jakri, E. F. T. Banase, F. M. A. Fiah, N. K. Mendri, F. R. Pandie, N. Rachmawati, A. H. Hamu, A. Badi’ah, I. A. D. Satiti, L. H. Mariati, N. E. Rosuliana, dan N. M. N. Wati. 2022. Ilmu Keperawatan Dasar. Dalam Konsep Dasar Keperawatan, Sejarah, Falsafah Dan Paradigma Keperawatan. Editor A. Munandar. Bandung, Jawa Barat: Penerbit Media Sains Indonesia.

Suyanti. 2013. Perspektif pasien dengan perlindungan sosial kesehatan tentang pelaksanaan peran advokasi perawat di ruang rawat inap kelas iii rumah sakit paru jember

Telaumbanua, H. T. N. 2019. Peran perawat sebagai advokat pasien dalam pemberian asuhan keperawatan di pelayanan kesehatan. Universitas Sumatera Utara. 1:1–9.

Theja, A., V. Sumual, dan Y. Tongku. 2016. Gambaran pengetahuan mahasiswa fakultas kedokteran universitas sam ratulangi tentang glaukoma. E-CliniC. 4(1)

Umasugi, M. T. 2018. Peran perawat dalam mengangani pasien tb paru di ruang igd rsud tulehu provinsi maluku tahun 2015. Global Health Science. 3(3):241–244.

Wirentanus, L. 2019. Peran dan wewenang perawat dalam menjalankan tugasnya berdasarkan undang-undang nomor 38 tahun 2014 tentang keperawatan. Media Keadilan: Jurnal Ilmu Hukum. 10(2):148.

Downloads

Published

2024-03-17

How to Cite

Salsabilla, R. N., & Asmaningrum, N. . (2024). GAMBARAN PERAN ADVOKASI PERAWAT DALAM PELAYANAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT TINGKAT III BALADHIKA HUSADA KABUPATEN JEMBER. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(1), 924–935. https://doi.org/10.31004/jkt.v5i1.15995

Issue

Section

Articles