PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN TINGKAT KECEMASAN IBU HAMIL PRIMIGRAVIDA TRIMESTER III DI WILAYAH KERJA UPT PUSKESMAS KURIPAN

Authors

  • Eka Mustika Yanti Program Studi S1 Pendidikan Bidan dan Profesi Bidan, STIKES Hamzar Memben, Lombok Timur
  • Supiani Supiani Program Studi S1 Pendidikan Bidan dan Profesi Bidan, STIKES Hamzar Memben, Lombok Timur

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v2i4.15876

Keywords:

Kecemasan, Primigravida, Pendidikan Kesehatan

Abstract

Pada periode trimester ketiga timbul sindroma persalinan (childbirth syndrome), sindrom persalinan ini menimbulkan rasa cemas seperti apakah proses   persalinan akan berjalan dengan selamat baik bagi janin maupun bagi dirinya. Kondisi ini dapat menimbulkan perasaan takut melahirkan, cemas, sedih, stress dan depresi yang menambah beban bagi perempuan hamil.Kecemasan yang terjadi secara terus menerus pada ibu hamil berdampak pada bayi maupun ibu hamil seperti solusio plasenta, berat badan lahir rendah, dan prematuritas. Mengetahui  mengetahui Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Tingkat Kecemasan Pada Ibu Hamil Primigravida Trimester III di Wilayah Kerja UPT Puskesmas Kuripan Tahun  2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan  metode Pre Experiment Design dengan rancangan  One Group Pretest Posttest. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 52 ibu primigravida trimester III dengan tekhnik pengambilan sampel dengan total sampling. Kecemasan diukur menggunakan kuesioner HARS (Hamilton Anxiety Rating Scale).Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat. Rata-rata tingkat kecemasan ibu primigravida trimester III sebelum dilakukan intervensi pendidikan keshetan adalah 18,98, sedangkan rata-rata tingkat kecemasan sesudah dilakukan intervensi pendidikan kesehatan adalah 14,50. Berdasarkan hasil analisis uji statistik menggunakan Uji Paired Sampel T Test didapatkan bahwa terdapat pengaruh pendidikan kesehatan dengan tingkat kecemasan ibu hamil trimester III (p-value = 0,000). Terdapat pengaruh pada pemberian pendidikan kesehatan dengan tingkat kecemasan ibu primigravida trimester III. Hasil penelitian ini menyarankan agar dilakukan penelitian terkait intervensi lain yang           dimungkinkan bisa berpengaruh terhadap penurunan kecemasan ibu hamil primigravida trimester III.

References

Chui Yi-Chan, Antoinette M.L , Siu Keung L, Chin P.L, Kwok Y.L, Yee W.H & Catherine S.K.T. (2013) Antenatal anxiety in the first trimester: Risk factors and effects on anxiety and depression in the third trimester and 6-week postpartum. Journal of Psychiatry, 301-310.

Desa Kuripan Selatan (2020). Profil Desa Kuripan Selatan 2020

Dikes NTB. (2018). Profil Kesehatan NTB 2018. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Dikes LOBAR (2020). Profil Kesehatan Lobar 2018.

Hamilton, P.M. 2016. Dasar-Dasar Keperawatan Maternitas Edisi 6 (REVISI). Jakarta : EGC

Induniasih, W. R. (2018). Promosi Kesehatan Pendidikan Kesehatan Dalam Keperawatan (1st Ed.)

Kementrian Kesehatan. (2019). Profil Kesehatan. 100.

Kemenkes RI, 2015, Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2014.

Kemenkes. (2019). Tanda Bahaya Kehamilan yang Harus Diketahui oleh Ibu Hamil.https://doi.org/https://promkes.kemkes.go.id/tanda-bahaya-kehamilan-yang-harusdiketahui-oleh-ibu-hamil

Kartikasari, I. (2015). Panduan Praktik Laboratorium dan Klinik: Perawatan antenatal, intranatal, postnatal, bayi baru lahir, dan kotrasepsi. Jakarta: Salemba Medika.

Loo, K. F. (2017). Depression and Anxiety during Pregnancy: The Influence of Maternal Characteristics. Journal of Mood Disorders and Therapy.https://doi.org/10.36959/418/577

Marcphail, M., Redshaw, M. & Martin, C. (2013) A psychometric reappraisal of the zung self-rating anxiety scale (SAS) and examination of its potential for application within perinatal and maternal mental health contexts.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. (2010). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pedoman Skripsi, Tesis, dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam. (2014). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis Edisi 3. Jakarta: Salemba Medika.

Rukiyah, A.Y, dkk. 2009. Asuhan Kebidanan I (Kehamilan). Jakarta: TIM

Sari, Vitria. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Kecemasan Primigravida Trimester III Di Puskesmas Wilayah Kota Bukittinggi. Tesis. Program Pascarsajana Universitas Aisyiyah Yogyakarta.

Schetter, Christine D, & Lynlee Tanner. 2012. ”Anxiety, Depression and Stress in Pregnancy: Implication for Mother, Children, Research, and Practice (Abstrak)” Curren Opinion in Psychiatry, vol 25 issue 2

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyanto. 2014. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pressindo

Susilowati, Dewi. (2012). Pengaruh Dukungan Keluarga dan Paritas Terhadap Kecemasan Ibu Hamil Trimester III Dalam Menghadapi Persalinan Di RB Harapan Bunda. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

WHO. World Health Statistics 2015: World Health Organization; 2015.

WHO (World Health Statistics). 2018. Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi. World Bank, 201

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Yanti, E. M., & Supiani, S. (2021). PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN TINGKAT KECEMASAN IBU HAMIL PRIMIGRAVIDA TRIMESTER III DI WILAYAH KERJA UPT PUSKESMAS KURIPAN. Jurnal Kesehatan Tambusai, 2(4), 439–446. https://doi.org/10.31004/jkt.v2i4.15876