STRATEGI BAURAN PEMASARAN JASA 7P ( PRODUCT, PRICE, PLACE, PROMOTION, PEOPLE, PROCESS, DAN PHYSICAL EVIDENCE)

Authors

  • Lydia Lydia Program Studi Magister Kesehatan Masyarakatdirektorat Pascasarjana Universitas Sari Mutiara
  • Myrnawati Crie Handini Program Studi Magister Kesehatan Masyarakatdirektorat Pascasarjana Universitas Sari Mutiara
  • Rumondang Gultom Program Studi Magister Kesehatan Masyarakatdirektorat Pascasarjana Universitas Sari Mutiara1
  • Donal Nababan Program Studi Magister Kesehatan Masyarakatdirektorat Pascasarjana Universitas Sari Mutiara
  • Siska Evi Martina Program Studi Magister Kesehatan Masyarakatdirektorat Pascasarjana Universitas Sari Mutiara
  • Sonny Priajaya Warouw Program Studi Magister Kesehatan Masyarakatdirektorat Pascasarjana Universitas Sari Mutiara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.15817

Keywords:

Bauran pemasaran, kunjungan pasien, RSUD

Abstract

Strategi Bauran Pemasaran Jasa 7P merupakan suatu alat pemasar yang umumnya digunakan dalam industri jasa pelayanan termasuk pelayanan kesehatan seperti rumah sakit untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang terdiri dari product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali upaya yang diperlukan oleh Manajemen RSUD Drs. H. Amri Tambunan untuk meningkatkan kunjungan pasien. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan penelitian ini sebanyak 16 orang yaitu Direktur, Wadir Pelayanan, Komite Medik, Kabid Keperawatan, Kasubbag Pemasaran Sosial, Kabag Kepegawaian RSUD Drs. H. Amri Tambunan dan 10 orang keluarga/pendamping pasien RSUD. Pengumpulan data dengan wawancara mendalam dan observasi. Analisis data dengan metode Miles dan Huberman. Ternyata, persepsi informan terhadap Strategi Bauran Pemasaran Jasa 7P di RSUD Drs. H. Amri Tambunan sudah cukup baik. Komponen Strategi Bauran Pemasaran Jasa 7P yang paling mempengaruhi persepsi masyarakat terutama adalah people, product, process, dan physical evidence. Upaya manajemen RSUD Drs. H. Amri Tambunan untuk meningkatkan kunjungan pasien dengan melakukan peningkatan terhadap empat komponen tadi, yaitu dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia, meningkatkan fasilitas pelayanan kesehatan, menyederhanakan prosedur pelaksanaan pelayanan, meningkatkan kebersihan dan kenyamanan serta meningkatkan kegiatan promosi.  

References

Abedi, G., Malekzadeh, R., Moosazadeh, M., Abedini, E., & Hasanpoor, E. (2019). Nurses’ Perspectives on the Impact of Marketing Mix Elements (7Ps) on Patients’ Tendency to Kind of Hospital. Ethiopian Journal of Health Sciences, 29(2), 223–230. https://doi.org/10.4314/ejhs.v29i2.9

Adhaghassani, F. S. (2016). Strategi Bauran Pemasaran 7P di Cherryka Bakery. Universitas Negeri Yogyakarta, 17(1), 1–13. http://dx.doi.org/10.1016/j.carbpol.2016.12.050%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.indcrop.2016.04.064%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.carbpol.2016.05.028%0Ahttp://xlink.rsc.org/?DOI=C6NR09494E%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.carbpol.2014.12.064%0Ahttp://dx.doi.or

Ahmad, A. M. K., Al-Qarni, A. A., Alsharqi, O. Z., Qalai, D. A., & Kadi, N. (2013). The Impact of Marketing Mix Strategy on Hospitals Performance Measured by Patient Satisfaction: An Empirical Investigation on Jeddah Private Sector Hospital Senior Managers Perspective. International Journal of Marketing Studies, 5(6). https://doi.org/10.5539/ijms.v5n6p210

Akbar, A. I., Darmawansyah, & Hamzah, A. (2012). Hubungan Bauran Pemasaran Dengan Keputusan Memilih Layanan Kesehatan Pada Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Ibu dan Anak Siti Fatimah Makassar Tahun 2012. Universitas Hasanuddin Makassar.

Anjani, H. D., Irham, I., & Waluyati, L. R. (2019). Relationship of 7P Marketing Mix and Consumers’ Loyalty in Traditional Markets. Agro Ekonomi, 29(2), 261. https://doi.org/10.22146/ae.36400

Arismen, Sulistiadi, W., & Chalik, A. (2019). Srategi Bauran Pemasaran Pelayanan Kesehatan RSD Kol. Abundjani Bangko di Era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 5(2), 97–103. file:///C:/Users/USER/AppData/Local/Temp/3173-9504-1-PB.pdf

Batubara, N. Q., & Wibowo, A. (2019). Proceedings of International Conference on Applied Science and Health ICASH-PT015 THE INFLUENCE OF MARKETING MIX TO PATIENT SATISFACTION IN HOSPITALS?: NARRATIVE REVIEW. 4, 1124–1134.

Bhalerao, V. R., & Deshmukh, A. (2017). Characterization and Services Marketing Mix for Healthcare Industry: A Critical Review. KRSCMS Journal of Management, 7(7). https://doi.org/10.21319/krscms/2017/126316

BNPB. (2012). Definisi Bencana. Portal Bencana, http://portalbencana.ndcc.gov.my/Portal/Board/List. https://www.academia.edu/download/53375855/BENCANA_for_handouts.pdf

Budrevi?iute, A., Kalediene, R., Paukštaitiene, R., Bagdoniene, L., Stankunas, M., & Valius, L. (2021). The perspectives of patients with type 2 diabetes mellitus on marketing mix elements in primary health care: A quantitative study from Lithuania. Primary Health Care Research and Development, 22. https://doi.org/10.1017/S1463423620000699

Ciatawi. (2018). The Influence of Service Marketing Mix on The Decision of Patients to Choose Any Types of Service at SMEC Medan Hospital, in 2018. Sari Mutiara Indonesia University, 1(November), 121.

Ekawati. (2018). Gambaran Umum Persepsi Pasien Tentang Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pasien Menggunakan Jasa Rawat Inap di Rumah Sakit Tipe B Kota Makassar. Universitas Islam Negeri Alaudin Makassar, 7(0), 1–25.

Eliana, & Sumiati, S. (2016). Pengertian dan Tujuan Kesehatan Masyarakat. In Buku Ajar Kesehatan Masyarakat (Issue December, pp. 1–6).

Farantika, D. Y., Witcahyo, E., & Utami, S. (2019). The Association between Marketing Mix and Decision Process for Choosing Outpatient Health Services. Unnes Journal of Public Health, 8(1), 10–15. https://doi.org/10.15294/ujph.v8i1.23049

Febriyanto, M. A. B. (2016). Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap Dengan Perilaku Konsumsi Jajanan Sehat Di MI Sulaimaniyah Mojoagung Jombang. In Universitas Airlangga (Vol. 66).

Fratika, N. P. S., Pangemanan, J. M., & Rumampuk, J. (2004). Hubungan antara tingkat pengetahuan dan sikap masyarakat kelurahan imandi dengan tindakan pemanfaatan puskesmas imandi. Universitas Sam Ratulangi Manado, 1–8.

Fuad, L., Tamtomo, D., & Sulaeman, E. S. (2019). Multilevel Analysis on the Effect of Marketing Mix Strategy toward Patient Satisfaction in Magelang, Central Java. Journal of Health Policy and Management, 4(1), 39–46. https://doi.org/10.26911/thejhpm.2019.04.01.05

Haryani, M. (2013). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Rumah Sakit Omni Pulomas. Universitas Terbuka Jakarta, 2(3), 1–10.

Heryana, A. (2020). Pengertian Dan Jenis Bencana. Researchgate, January, 1–4. https://www.researchgate.net/publication/338537206_Pengertian_dan_Jenis_Bencana

Hosseini, S., Etesaminia, S., & Jafari, and. (2016). Identifying Eleven Factors of Service Marketing Mix (4Ps) Effective on Tendency of Patients toward Private Hospital. Materia Socio Medica, 28(5), 366. https://doi.org/10.5455/msm.2016.28.366-369

Ira Setyaningsih. (2013). Analisis Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Terhadap Pasien Menggunakan Pendekatan Lean Servperf (Lean Service dan Service Performance). In UIN Sunan Kalijaga (Vol. 11, Issue 2g).

Irwan. (2017). Etika dan Perilaku Kesehatan.

Khumnualthong, P. (2015). The Effects of Service Marketing Mix ( 7Ps ) on Customer Satisfaction and Customer Loyalty of Medical Aesthetic Clinics . The Effects of Service Marketing Mix ( 7Ps ) on Customer Satisfaction and Customer Loyalty of Medical Aesthetic Clinics . In University of the Thai Chamber of Commerce.

Kondoy, E. A., Posumah, J. ., & Londa, V. Y. (2016). Peran Tenaga Medis Dalam Pelaksanaan Program Universal Coverage di Puskesmas Bahu Kota Manado. Jurnal Administrasi Publik, 15(2), 1–23.

Listiyono, R. A. (2015). Studi Deskriptif Tentang Kuaitas Pelayanan di Rumah Sakit Umum Dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto Pasca Menjadi Rumah Sakit Tipe B. Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik, 1(1), 2–7.

Marnah, M., Husaini, H., & Ilmi, B. (2017). Analisis Perilaku Masyarakat Dalam Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Peserta Program Keluarga Harapan (Pkh) Di Kecamatan Paminggir. Jurnal Berkala Kesehatan, 1(2), 130. https://doi.org/10.20527/jbk.v1i2.3152

Maryam, A. (2018). Konsep Dasar Kesehatan Masyarakat. In Buku Ajar Ilmu Kesehatan Masyarakat Lanjut Universitas Indonesia Timur (pp. 12–15).

Megatsari, H., Laksono, A. D., Ridlo, I. A., Yoto, M., & Azizah, A. N. (2019). Perspektif Masyarakat Tentang Akses Pelayanan Kesehatan. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 21(4), 247–253. https://doi.org/10.22435/hsr.v21i4.231

Mutia, M., & Pujianto. (2022). Literature Review: Application of the 7P Mix Marketing on Patient Satisfaction at Hospitals. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 11677–11686.

Othman, B. A., Harun, A., Rashid, W. N., Nazeer, S., Kassim, A. W. M., & Kadhim, K. G. (2019). The influences of service marketing mix on customer loyalty towards umrah travel agents: Evidence from Malaysia. Management Science Letters, 9(6), 865–876. https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.3.002

Downloads

Published

2023-06-22

Issue

Section

Articles