STRATEGI BAURAN PEMASARAN JASA 7P ( PRODUCT, PRICE, PLACE, PROMOTION, PEOPLE, PROCESS, DAN PHYSICAL EVIDENCE)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.15817Keywords:
Bauran pemasaran, kunjungan pasien, RSUDAbstract
Strategi Bauran Pemasaran Jasa 7P merupakan suatu alat pemasar yang umumnya digunakan dalam industri jasa pelayanan termasuk pelayanan kesehatan seperti rumah sakit untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang terdiri dari product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali upaya yang diperlukan oleh Manajemen RSUD Drs. H. Amri Tambunan untuk meningkatkan kunjungan pasien. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan penelitian ini sebanyak 16 orang yaitu Direktur, Wadir Pelayanan, Komite Medik, Kabid Keperawatan, Kasubbag Pemasaran Sosial, Kabag Kepegawaian RSUD Drs. H. Amri Tambunan dan 10 orang keluarga/pendamping pasien RSUD. Pengumpulan data dengan wawancara mendalam dan observasi. Analisis data dengan metode Miles dan Huberman. Ternyata, persepsi informan terhadap Strategi Bauran Pemasaran Jasa 7P di RSUD Drs. H. Amri Tambunan sudah cukup baik. Komponen Strategi Bauran Pemasaran Jasa 7P yang paling mempengaruhi persepsi masyarakat terutama adalah people, product, process, dan physical evidence. Upaya manajemen RSUD Drs. H. Amri Tambunan untuk meningkatkan kunjungan pasien dengan melakukan peningkatan terhadap empat komponen tadi, yaitu dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia, meningkatkan fasilitas pelayanan kesehatan, menyederhanakan prosedur pelaksanaan pelayanan, meningkatkan kebersihan dan kenyamanan serta meningkatkan kegiatan promosi.References
Abedi, G., Malekzadeh, R., Moosazadeh, M., Abedini, E., & Hasanpoor, E. (2019). Nurses’ Perspectives on the Impact of Marketing Mix Elements (7Ps) on Patients’ Tendency to Kind of Hospital. Ethiopian Journal of Health Sciences, 29(2), 223–230. https://doi.org/10.4314/ejhs.v29i2.9
Adhaghassani, F. S. (2016). Strategi Bauran Pemasaran 7P di Cherryka Bakery. Universitas Negeri Yogyakarta, 17(1), 1–13. http://dx.doi.org/10.1016/j.carbpol.2016.12.050%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.indcrop.2016.04.064%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.carbpol.2016.05.028%0Ahttp://xlink.rsc.org/?DOI=C6NR09494E%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.carbpol.2014.12.064%0Ahttp://dx.doi.or
Ahmad, A. M. K., Al-Qarni, A. A., Alsharqi, O. Z., Qalai, D. A., & Kadi, N. (2013). The Impact of Marketing Mix Strategy on Hospitals Performance Measured by Patient Satisfaction: An Empirical Investigation on Jeddah Private Sector Hospital Senior Managers Perspective. International Journal of Marketing Studies, 5(6). https://doi.org/10.5539/ijms.v5n6p210
Akbar, A. I., Darmawansyah, & Hamzah, A. (2012). Hubungan Bauran Pemasaran Dengan Keputusan Memilih Layanan Kesehatan Pada Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Ibu dan Anak Siti Fatimah Makassar Tahun 2012. Universitas Hasanuddin Makassar.
Anjani, H. D., Irham, I., & Waluyati, L. R. (2019). Relationship of 7P Marketing Mix and Consumers’ Loyalty in Traditional Markets. Agro Ekonomi, 29(2), 261. https://doi.org/10.22146/ae.36400
Arismen, Sulistiadi, W., & Chalik, A. (2019). Srategi Bauran Pemasaran Pelayanan Kesehatan RSD Kol. Abundjani Bangko di Era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 5(2), 97–103. file:///C:/Users/USER/AppData/Local/Temp/3173-9504-1-PB.pdf
Batubara, N. Q., & Wibowo, A. (2019). Proceedings of International Conference on Applied Science and Health ICASH-PT015 THE INFLUENCE OF MARKETING MIX TO PATIENT SATISFACTION IN HOSPITALS?: NARRATIVE REVIEW. 4, 1124–1134.
Bhalerao, V. R., & Deshmukh, A. (2017). Characterization and Services Marketing Mix for Healthcare Industry: A Critical Review. KRSCMS Journal of Management, 7(7). https://doi.org/10.21319/krscms/2017/126316
BNPB. (2012). Definisi Bencana. Portal Bencana, http://portalbencana.ndcc.gov.my/Portal/Board/List. https://www.academia.edu/download/53375855/BENCANA_for_handouts.pdf
Budrevi?iute, A., Kalediene, R., Paukštaitiene, R., Bagdoniene, L., Stankunas, M., & Valius, L. (2021). The perspectives of patients with type 2 diabetes mellitus on marketing mix elements in primary health care: A quantitative study from Lithuania. Primary Health Care Research and Development, 22. https://doi.org/10.1017/S1463423620000699
Ciatawi. (2018). The Influence of Service Marketing Mix on The Decision of Patients to Choose Any Types of Service at SMEC Medan Hospital, in 2018. Sari Mutiara Indonesia University, 1(November), 121.
Ekawati. (2018). Gambaran Umum Persepsi Pasien Tentang Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pasien Menggunakan Jasa Rawat Inap di Rumah Sakit Tipe B Kota Makassar. Universitas Islam Negeri Alaudin Makassar, 7(0), 1–25.
Eliana, & Sumiati, S. (2016). Pengertian dan Tujuan Kesehatan Masyarakat. In Buku Ajar Kesehatan Masyarakat (Issue December, pp. 1–6).
Farantika, D. Y., Witcahyo, E., & Utami, S. (2019). The Association between Marketing Mix and Decision Process for Choosing Outpatient Health Services. Unnes Journal of Public Health, 8(1), 10–15. https://doi.org/10.15294/ujph.v8i1.23049
Febriyanto, M. A. B. (2016). Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap Dengan Perilaku Konsumsi Jajanan Sehat Di MI Sulaimaniyah Mojoagung Jombang. In Universitas Airlangga (Vol. 66).
Fratika, N. P. S., Pangemanan, J. M., & Rumampuk, J. (2004). Hubungan antara tingkat pengetahuan dan sikap masyarakat kelurahan imandi dengan tindakan pemanfaatan puskesmas imandi. Universitas Sam Ratulangi Manado, 1–8.
Fuad, L., Tamtomo, D., & Sulaeman, E. S. (2019). Multilevel Analysis on the Effect of Marketing Mix Strategy toward Patient Satisfaction in Magelang, Central Java. Journal of Health Policy and Management, 4(1), 39–46. https://doi.org/10.26911/thejhpm.2019.04.01.05
Haryani, M. (2013). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Rumah Sakit Omni Pulomas. Universitas Terbuka Jakarta, 2(3), 1–10.
Heryana, A. (2020). Pengertian Dan Jenis Bencana. Researchgate, January, 1–4. https://www.researchgate.net/publication/338537206_Pengertian_dan_Jenis_Bencana
Hosseini, S., Etesaminia, S., & Jafari, and. (2016). Identifying Eleven Factors of Service Marketing Mix (4Ps) Effective on Tendency of Patients toward Private Hospital. Materia Socio Medica, 28(5), 366. https://doi.org/10.5455/msm.2016.28.366-369
Ira Setyaningsih. (2013). Analisis Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Terhadap Pasien Menggunakan Pendekatan Lean Servperf (Lean Service dan Service Performance). In UIN Sunan Kalijaga (Vol. 11, Issue 2g).
Irwan. (2017). Etika dan Perilaku Kesehatan.
Khumnualthong, P. (2015). The Effects of Service Marketing Mix ( 7Ps ) on Customer Satisfaction and Customer Loyalty of Medical Aesthetic Clinics . The Effects of Service Marketing Mix ( 7Ps ) on Customer Satisfaction and Customer Loyalty of Medical Aesthetic Clinics . In University of the Thai Chamber of Commerce.
Kondoy, E. A., Posumah, J. ., & Londa, V. Y. (2016). Peran Tenaga Medis Dalam Pelaksanaan Program Universal Coverage di Puskesmas Bahu Kota Manado. Jurnal Administrasi Publik, 15(2), 1–23.
Listiyono, R. A. (2015). Studi Deskriptif Tentang Kuaitas Pelayanan di Rumah Sakit Umum Dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto Pasca Menjadi Rumah Sakit Tipe B. Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik, 1(1), 2–7.
Marnah, M., Husaini, H., & Ilmi, B. (2017). Analisis Perilaku Masyarakat Dalam Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Peserta Program Keluarga Harapan (Pkh) Di Kecamatan Paminggir. Jurnal Berkala Kesehatan, 1(2), 130. https://doi.org/10.20527/jbk.v1i2.3152
Maryam, A. (2018). Konsep Dasar Kesehatan Masyarakat. In Buku Ajar Ilmu Kesehatan Masyarakat Lanjut Universitas Indonesia Timur (pp. 12–15).
Megatsari, H., Laksono, A. D., Ridlo, I. A., Yoto, M., & Azizah, A. N. (2019). Perspektif Masyarakat Tentang Akses Pelayanan Kesehatan. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 21(4), 247–253. https://doi.org/10.22435/hsr.v21i4.231
Mutia, M., & Pujianto. (2022). Literature Review: Application of the 7P Mix Marketing on Patient Satisfaction at Hospitals. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 11677–11686.
Othman, B. A., Harun, A., Rashid, W. N., Nazeer, S., Kassim, A. W. M., & Kadhim, K. G. (2019). The influences of service marketing mix on customer loyalty towards umrah travel agents: Evidence from Malaysia. Management Science Letters, 9(6), 865–876. https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.3.002
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lydia Lydia, Myrnawati Crie Handini, Rumondang Gultom, Donal Nababan, Siska Evi Martina, Sonny Priajaya Warouw

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).