KETIDAK PUASAN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN

Authors

  • Revelino Pangaribuan Program Studi Magister Kesehatan Masyarakatdirektorat Pascasarjana Universitas Sari Mutiara
  • Myrnawati Crie Handini Program Studi Magister Kesehatan Masyarakatdirektorat Pascasarjana Universitas Sari Mutiara
  • Janno Sinaga Program Studi Magister Kesehatan Masyarakatdirektorat Pascasarjana Universitas Sari Mutiara
  • Daniel Ginting Program Studi Magister Kesehatan Masyarakatdirektorat Pascasarjana Universitas Sari Mutiara
  • Frida Lina Tarigan Program Studi Magister Kesehatan Masyarakatdirektorat Pascasarjana Universitas Sari Mutiara
  • Mindo Tua Siagian Program Studi Magister Kesehatan Masyarakatdirektorat Pascasarjana Universitas Sari Mutiara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.15815

Keywords:

Rumah sakit, Kepuasan, COVID-19

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk menggali lebih dalam masalah ‘Ketidak-puasan Pasien Penyintas COVID-19 terhadap Pelayanan Kesehatan di Ruang Rawat Inap di RS Martha Friska Multatuli Medan, Tahun 2022. Penelitian Kualitatif ini akan dilakukan di RS Martha Friska Multatuli Medan. Waktu penelitian mulai dari bulan Oktober 2021 sampai Agustus 2022 (10 bulan). Pengumpulan data dengan wawancara mendalam dan observasi. Subjek penelitian adalah Penyintas COVID-19 dan informan yaitu Unsur Manajemen Rumah Sakit Martha Friska, Tim Penanggulangan Covid – 19, Komite Medik dan Pasangan / keluarga Subyek. Ternyata pasien penyintas COVID-19, merasa kurang puas dengan perawatan yang diperoleh selama di rawat di Rumah Sakit Martha Friska

References

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai Ketidak Puasan Terhadap Pelayanan Kesehatan Studi Kualitatif pada Pasien Penyintas COVID-19 di Ruang Rawat Inap RS Martha Friska Multatuli Medan, Tahun 2022, dapat disimpulkan bahwa: Pasien penyintas COVID-19 masih merasa kurang puas dalam pelayanan rawat inap di Rumah Sakit Martha Friska Medan, dimana mereka merasa diabaikan karena begitu banyak pasien yang di rawat di RS.Pelayanan yang kurang puas seperti kurangnya tanggapan perawat dalam menangani pasien.Dari pihak manajemen rumah sakit sudah merasa memberikan pelayanan yang terbaik bagi pasien penyintas COVID-19 selama dirawat di Rumah Sakit Martha Friska Medan. Dan pihak manajemen akan melakukan penambahan pegawai yang menangani pasien penyintas COVID-19.

DAFTAR PUSTAKA

Abudi, R., Mokodompis, Y., & Nurfadias, A. (2020). STIGMA TERHADAP ORANG POSITIF COVID-19 Stigma Against Positive People COVID-19. 2(2).

Azwar. (1996). Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. In Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan (Azwar).

Depkes RI 2021. (n.d.). Pedoman pelayanan Rumah Sakit.

DEWANTI WIDYA ASTARI1, AFNI NOVIANTANI1, R. S. (2021). Artikel Penelitian Kepuasan Pasien terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan di Era Pandemi COVID-19 di Rumah Sakit Mata Cicendo. 03, 34–38.

Diinah, D., & Rahman, S. (2020). Gambaran Tingkat Kecemasan Perawat Saat Pandemi COVID-19 Di Negara Berkembang Dan Negara Maju: a Literatur Review. Dinamika Kesehatan: Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan, 11(1), 37–48. https://doi.org/10.33859/dksm.v11i1.555

Firdaus, K. K., Wondabio, L. S., Arismen, Sulistiadi, W., Chalik, A., Karyono, K., Rohadin, R., Indriyani, D., Oktamianti, P., Pebrina, A., Hasan, S., Putra, A. H. P. K., Hukum, F., Diponegoro, U., Rsud, S., Temanggung, K., Aulia, D., Ayu, S. F., Nasution, N. H., … Hasanuddin, K. X. I. V. (2020). Panduan teknis pelayanan rumah sakit. Jurnal ARSI, 5(2), 1689–1699. https://arxiv.org/pdf/1707.06526.pdf%0Ahttps://www.yrpri.org%0Ahttp://weekly.cnbnews.com/news/article.html?no=124000%0Ahttps://www.fordfoundation.org/%0Ahttp://bibliotecavirtual.clacso.org.ar/Republica_Dominicana/ccp/20120731051903/prep%0Ahttp://webpc.cia

Gerson, Richard, F. (2004). Mengukur Kepuasan Pelanggan. In 2004 (PPM, p. 89).

Gifary, m. F. (2020). Fakultas Teknologi Industri. 3131(16522065), 2021.

Ginting, J. (2019). Laporan Hasil Survei Kepuasan Pasien Semester II 2019 RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo Makassar. 34.

Hafizurrachman. (2004). Pengukuran Kepuasan Suatu Institusi Kesehatan. Volume 54. nomor 7. 283 – 288.

Hariyati, Y. (2021). Survei Kepuasan Pasien RS Lapangan COVID-19 Kota Bogor, Setiap Bulan Meningkat. Pemerintah Kota Bogor.

Jannah, A. R., Jatimi, A., Azizah, M. J., Munir., Z., & Rahman, H. F. (2020). DOI: http://dx.doi.org/10.33846/sf11nk406 Kecemasan Pasien COVID-19: 11(2), 33–37.

Karyono, K., Rohadin, R., & Indriyani, D. (2020). Penanganan Dan Pencegahan Pandemi Wabah Virus Corona (COVID-19) Kabupaten Indramayu. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 2(2), 164. https://doi.org/10.24198/jkrk.v2i2.29127

Kemenkes. (2020). Begini Alur Pelayanan COVID-19.

Kementerian Kesehatan. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease (COVID-19). https://doi.org/10.29239/j.agrikan.9.2.i-iii

Kemkes. (2020). Panduan Teknis Pelayanan Rumah Sakit Pada Masa Adaptasi Baru.

Kotler, P. (2007). Manajemen Pemasaran. In Manajemen Pemasaran (Edisi Kedu).

Lopez-Picazo, J. J., Vidal-Abarca, I., Beteta, D., López-Ibáñez, M., & García-Vázquez, E. (2021). Impact of the COVID-19 Pandemic on the Hospital: Inpatient’s Perceived Quality in Spain. Journal of Patient Experience, 8, 1–7. https://doi.org/10.1177/2374373521998625

Mahayana, F. S., Suryawati, C., Agushybana, F., Ilmu, F., Masyarakat, K., & Diponegoro, U. (2020). Jurnal Kesehatan Jurnal Kesehatan. 8(3), 162–170.

Mahayana, F., Suryawati, C., & Agushybana, F. (2020). Jurnal Kesehatan. Penanganan Pasien COVID-19 Pada Rumah Sakit Di Indonesia, 8(3), 162–170. https://doi.org/10.24252/kesehatan.v7i2.54

Moghadas, S. M., Shoukat, A., Fitzpatrick, M. C., Wells, C. R., Sah, P., Pandey, A., Sachs, J. D., Wang, Z., Meyers, L. A., Singer, B. H., & Galvani, A. P. (2020). Projecting hospital utilization during the COVID-19 outbreaks in the United States. Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, 117(16), 9122–9126. https://doi.org/10.1073/pnas.2004064117

Muhamad, S. V. (2021). Di Dunia.

Nurani, D., Kaseke, M. M., & Mongan, A. E. (2021). Dampak Pandemi Coronavirus Disease-19 terhadap Mutu Pelayanan Kemoterapi di Ruang Delima RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. E-CliniC, 9(2), 412. https://doi.org/10.35790/ecl.v9i2.33490

Nurhalimah, S. (2020). COVID-19 dan Hak Masyarakat atas Kesehatan. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(6), 543–554. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i6.15324

Nurul Aula, S. K. (2020). Peran Tokoh Agama Dalam Memutus Rantai Pandemi COVID-19 Di Media Online Indonesia. Living Islam: Journal of Islamic Discourses, 3(1), 125. https://doi.org/10.14421/lijid.v3i1.2224

Pasongli, G. S., & Malinti, E. (2021). Gambaran Tingkat Kecemasan Keluarga Tenaga Kesehatan Akibat Pandemi COVID-19. Community of Publishing In Nursing, 9(2), 127–134.

Patients, I. C.-, Bandung, H., Widjaja, J. T., Kwee, L., Giantara, A. K., Subagiyo, H. A., Edwin, C., Putri, R. L., Ilmu, K. S. M., Dalam, P., Kedokteran, F., Kristen, U., Prof, J., Suria, D., Mph, S., & Bandung, N. (2021). Karakteristik Pasien COVID-19 Rawat Inap di RS Immanuel Bandung , Indonesia Indonesia. 3(2), 164–175.

Pemerintah, U., & Covid-, P. (2020). OUTLINE?: November.

Pemprov Sumut. (2021a). Perkembangan Kasus COVID-19 Tanggal 22 September 2021 di Provinsi Sumatera Utara. 22–24.

Pemprov Sumut. (2021b). RS Martha Friska Kembali Dioperasionalkan Jadi Rujukan Pasien COVID-19 di Sumut. INewsSumut.Id, 1–6.

Puspita, N. R. (2020). Persepsi Pasien dalam Implementasi Pelayanan Kesehatan pada Masa Pandemik COVID-19 di Wilayah Kota Bekasi Tahun 2020. 99–109.

Qing, G. chao, Zhang, H., Bai, Y., & Luo, Y. (2020). Traditional Chinese and Western Medicines Jointly Beat COVID-19 Pandemic. Chinese Journal of Integrative Medicine, 26(6), 403–404. https://doi.org/10.1007/s11655-020-3095-6

Ramadhan, H. N., Ardhianto, A. B., Yuliastuti, E., Tujo, T., Husni, A., & Retnaningsih, R. (2021). Family Satisfaction of COVID-19 Patients with the Information Delivery Process and Hospital Services. Media Keperawatan Indonesia, 4(3), 175. https://doi.org/10.26714/mki.4.3.2021.175-181

RI No. 43 20Permenkes19. (2019). RI No. 43 20Permenkes?. ???????????????, 2, 1–13.

Rita Setianingrum1, Rr.Tutik Sri Hariyati2, H. P., Novieastari4, E., & Desnita Fitri. (2021). Universitas Indonesia 1,2,3,4. 3, 565–577.

Satgas COVID-19 Kota Medan. (2021). Ada 105 Rumah Sakit Rujukan Pasien COVID-19 di Medan. 1–6.

Sihaloho, A. A., & Belakang, L. (2014). Meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dengan penerapan upaya keselamatan pasien.

Sobirin, A. (2014). Konsep Dasar Kinerja dan Manajemen Kinerja. Manajemen Kinerja, 1–67. http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.469.5088&rep=rep1&type=pdf#page=81

Soejadi. (1996). Pedoman Penilaian Kinerja Rumah Sakit Umum. In Soejadi (Ed.), 1996.

Sugiharti, E. (2020). Hasil Survey Kepuasan Pasien COVID-19 Terhadap Pelayanan Rawat Inap Di Rsud Banten Periode Bulan Maret Sampai Dengan Bulan Juli Tahun 2020. 14.

Supartiningsih, S. (2017). Kualitas Pelayanan an Kepuasan Pasien Rumah Sakit: Kasus Pada Pasien Rawat Jalan. Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit 10.18196/Jmmr.2016, 6(1), 9–15. https://doi.org/10.18196/jmmr.6122

Tim Kerja Kementerian Dalam Negeri. (2013). Pedoman Umum Menghadapi Pandemi COVID-19 Bagi Pemerintah Daerah?: Pencegahan, Pengendalian, Diagnosis dan Manajemen. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Umniyati, H. (2010). Kepuasan pasien terhadap pelayanan tenaga kesehatan di Puskesmas Kecamatan Tanjung Priok Jakarta Utara Tahun 2009. Journal Kedokteran Yarsi, 18(1), 9–20. https://media.neliti.com/media/publications/105017-ID-kepuasan-pasien-terhadap-pelayanan-tenag.pdf

WHO. (2020a). termasuk penjangkauan dan kampanye , dalam konteks pandemi COVID-19 Panduan interim.

WHO. (2020b). Transmisi SARS-CoV-2?: implikasi terhadap kewaspadaan pencegahan infeksi. Pernyataan Keilmuan, 1–10.

WHO. (2021). COVID-19?: Occupational health and safety for health workers. COVID-19: Occupational Health and Safety for Health Workers, February, 1–16.

Widya Astari, D., Noviantani, A., & Simanjuntak, R. (2021a). Kepuasan Pasien terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan di Era Pandemi COVID-19 di Rumah Sakit Mata Cicendo. Journal of Hospital Accreditation, 03(1), 34–38.

Widya Astari, D., Noviantani, A., & Simanjuntak, R. (2021b). Kepuasan Pasien terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan di Era Pandemi COVID-19 di Rumah Sakit Mata Cicendo. Journal of Hospital Accreditation, 03(1), 34–38. http://jha.mutupelayanankesehatan.net/index.php/JHA/article/view/79

Wulandari, R., Safitri, A., & Mintasih, S. (n.d.). Tingkat Kecemasan dengan Lama Rawat Inap COVID-19. 01(02), 22–31.

Yang, C. J., Chen, T. C., & Chen, Y. H. (2020). The preventive strategies of community hospital in the battle of fighting pandemic COVID-19 in Taiwan. Journal of Microbiology, Immunology and Infection, 53(3), 381–383. https://doi.org/10.1016/j.jmii.2020.03.019

Yanti. (2021). Jurnal Keperawatan & Kebidanan Jurnal Keperawatan & Kebidanan. Jurnal Keperawatan, 13(1), 213–226.

Yue, X.-G., Shao, X.-F., Li, R., Crabbe, M., Mi, L., Hu, S., Baker, J., & Liang, G. (2020). Risk Management Analysis for Novel Coronavirus in Wuhan, China. Journal of Risk and Financial Management, 13(2), 22. https://doi.org/10.3390/jrfm13020022

Downloads

Published

2023-06-22

How to Cite

Pangaribuan, R. ., Handini, M. C., Sinaga, J. ., Ginting, D. ., Tarigan, F. L., & Siagian, M. T. (2023). KETIDAK PUASAN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN . Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(2), 1459 – 1470. https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.15815

Issue

Section

Articles