HUBUNGAN KOMPREHENSIF FEEDING PRACTICES DENGAN STATUS NUTRISI ANAK USIA DINI

Authors

  • Raesa Nasyeth Emrella Prodi S-1 Kebidanan Stikes Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan Genggong
  • Yessy Nur Endah Sari Prodi S-1 Kebidanan Stikes Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan Genggong
  • Tutik Hidayati Prodi S-1 Kebidanan Stikes Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.15609

Keywords:

Comprehensive Feeding Practices, Nutritional Status, Early

Abstract

Tahap pertumbuhan dan perkembangan anak sangat dipengaruhi oleh status gizi, gizi yang diperoleh terutama pada usia balita akan menentukan tahap pertumbuhan berikutnya. Status gizi sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak akan teetapi sebagian ibu belu mengerti dan memperhatikan kandungan gizi yang diberikan pada anak. Komprehensif Feeding practice yang dilakukan keluarga dengan benar akan bermanfaat bagi perkembangan fisik, mental, emosi anak. Tujuan penelitian ini menganalisa hubungan Komprehensif Feeding Practices Dengan Status Nutrisi Anak Usia Dini Di Desa Cumedak Kabupaten Jember. Desain dari penelitian ini mengunakan desain observasional korelatif dengan pendekatan Cross Sectional. Te knik sampling dalam penelitian ini mengunakan non probability sampling. Kuisioner yang digunakan dalam penelitian ini adalah CFPQ (Comprehensive Feeding Practice Questionery) dan Nilai Z Score. Hasil Uji korelatif menunjukkan dengan  p value sebesar 0,022 (? < 0,05) yang berarti Ha diterima dimana ada hubungan antara  Komprehensive Feeding Practice dengan Status Gizi Anak. Praktik pemberian makan yang optimal oleh orang tua dapat dapat meningkatkan status gizi anak. Status gizi akan mengakibatkan keseimbangan bagi tubuh hal ini dikarenakan makanan yang diserap dan keluar dari tubuh telah diperhatikan. Status gizi pada anak sendiri menunjukkan status kesehatan anak yang artinya dapat berkaitan dengan ada atau tidaknya kejadian sakit, yang mana hal tersebut akan menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak

References

Kemenkes RI. (2017). Buku Saku Pemantauan Status Gizi. Buku Saku, 1–150.

Lutviana, I. N. A., Pendidikan, J., Anak, I., Dini, U., Tarbiyah, F., & Ilmu, D. A. N. (2021). POLA PEMBIASAAN MAKAN BERGIZI BAGI ANAK USIA DINI DI TK IT 01 QURROTA A ’ YUN PONOROGO.

Prastiwi, M. H. (2019). Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia 3-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(2), 1–8. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.162

Puspasari, N. dan M. Andriani. 2017. Hubungan pengetahuan ibu tentang gizi dan asupan makan balita dengan status gizi balita ( bb / u ) usia 12-24 bulan association mother ’ s nutrition knowledge and toddler ’ s nutrition intake with toddler ’ s nutritional status ( waz ) at the age 12 -24 m. Amerta Nutr. 3(2):369–378

Putri, R. F. D. 2015. Penelitian faktor-faktor yang berhubungan dengan status gizi anak balita di wilayah kerja puskesmas nanggalo padang. Jurnal Kesehatan Andalas. 4(1):254–261

Rachmat, H. H. (2017). PERCEPATAN PEMBANGUNAN KESEHATAN DI INDONESIA?: Melandaskan Pada Paradigma Sehat Dan Pemikiran Dasar Pembangunan Kesehatan. In 1 (1st ed.).

Rahmawati, L. W. (2019). Hubungan Praktik Komprehensif Pemberian Makanan dengan Status Gizi Anak Usia dini di Desa Kemuning Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Universitas Jwmber

Setyorini, C., & Lieskusumastuti, A. D. (2020). Gizi pada remaja merupakan suatu hal yang harus diperhatikan, banyak dampak yang akan dialami oleh remaja ketika mengalami malnutrisi. 3(1), 141–148.

World Health Organization. (2018). World Health Statistics 2018 Monitoring

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles