STRATEGI EFISIENSI RUMAH SAKIT DI ERA JKN: LITERATURE REVIEW

Authors

  • May Rabiulyati Program Studi Magister Administrasi Rumah Sakit, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia
  • Atik Nurwahyuni Program Studi Magister Administrasi Rumah Sakit, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.15562

Keywords:

Efisiensi, Rumah Sakit, JKN

Abstract

Sistem pembayaran dari sebelumnya fee for service berubah menjadi prospective payment system dengan tarif INA CBGs, mendorong RS menjadi lebih efisien dengan tetap menjaga mutu layanan. Data penelitian tahun 2017 sebanyak 65,9% RS di Indonesia secara teknis belum masuk kategori efisien dengan tarif JKN yang bernilai negatif, Hal ini harus diantisipasi oleh manajemen RS, agar pendapatan RS dari klaim BPJS dapat tetap bernilai positip bagi pengembangan RS kedepannya dengan berbagai strategi efisiensi yang dilakukan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi dari penelitian sebelumnya strategi efisiensi apa saja yang dapat dilakukan RS untuk bertahan di era  JKN. literature review dengan pencarian data dari tiga database didapatkan 105 artikel. Panduan PRISMA melalui proses skrining, kesesuaian pembahasan strategi efisiensi yang terbit dari tahun 2018 hingga 2023. Didapatkan tujuh artikel penelitian pada RS di Indonesia terkait strategi efisiensi yang dapat RS lakukan di era JKN ini, agar tidak hanya dapat bertahan, tetapi juga berkembang dengan layanan kesehatan yang lebih baik lagi. Strategi efisiensi yang dilakukan pada rumah sakit di Indonesia berdasarkan artikel yang dianalisis meliputi penerapan Lean Hospital, pengembangan sistem informasi, penerapan metode Balanced Scorecard, pengembangan aplikasi (inovasi berbasis teknologi), menggunakan analisis ABC-VEN untuk perencanaan logistik. Strategi efisiensi tersebut sudah terbukti berkontribusi pada efisiensi keuangan dan berpengaruh positif pada mutu pelayanan kesehatan di rumah salit. Kelima strategi efisiensi yang dilakukan RS di Indonesia perlu diterapkan oleh semua RS yang implementasinya disesuaikan kompetensi dan ketersediaan sumber daya yang ada.

References

Chandra, M., Novieastari, E., & Purwaningsih, S. (2021). Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Skrining Case Manager RSUP Persahabatan Jakarta. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 12(2). https://doi.org/10.48144/jiks.v12i2.168

Danyel Suryana. (2018). Upaya Menurunkan Waktu Tunggu Obat Pasien Rawat Jalan dengan Analisis Lean Hospital di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RS Atma Jaya. journalJurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia.fkm.ui.ac.id, 4(2). https://doi.org/DOI: 10.7454/arsi.v4i2.2553

Dimitra Panteli et al. (2018). Chapter 9 Clinical Practice Guidelines as a quality strategy. Dalam Improving healthcare quality in Europe: Characteristics, effectiveness and implementation of different strategies [Internet]. (hlm. 233–257). National Library of Medicine. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK549276/pdf/Bookshelf_NBK549276.pdf

Fadilla, N. M., & Setyonugroho, W. (2021). Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Dalam Meningkatkan Efisiensi: Mini Literature Review. 8(1).

healthcare, Zhang, Shaoyao, a;, Song, Xueqian, b, Send mail to Song X.;, & Zhang, Shaoyaou; Song, Xueqian;Zhou, Jie. (2021). An equity and efficiency integrated grid-to-level 2SFCA approach: Spatial accessibility of multilevel healthcare. International Journal for Equity in Health, 20(1). https://doi.org/10.1186/s12939-021-01553-9

Irwandy Irwandy, Amal Chalik Sjaaf. (2018). Dampak Kebijakan Jaminan Kesehatan Nasional terhadap Efisiensi Rumah Sakit: Studi Kasus di Provinsi Sulawesi Selatan. https://doi.org/10.30597/mkmi.v14i4.5144

Kementrian, K. (2023). Sistem Informasi Kesehatan. https://rc.kemkes.go.id/sistem-informasi-kesehatan

Kementrian Kesehatan. (2023, Januari 15). Ini Dia Standar Tarif Baru Pelayanan JKN. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20230115/1042202/ini-dia-standar-tarif-baru-pelayanan-jkn/

Lawal, A. K., Rotter, T., Kinsman, L., Sari, N., Harrison, L., Jeffery, C., Kutz, M., Khan, M. F., & Flynn, R. (2014). Lean management in health care: Definition, concepts, methodology and effects reported (systematic review protocol). Systematic Reviews, 3(1), 103. https://doi.org/10.1186/2046-4053-3-103

Liesbeth Huisman1, , Shannen MC van Duijn1 , Nuno Silva1, , Rianne van, Doeveren1, , Jacinta Michuki2, , Moses Kuria2, , David Otieno Okeyo3, , Isaiah Okoth4, , Nathalie Houben4, & , Tobias F Rinke de Wit1 and Khama Rogo. (2020). A digital mobile health platform increasing efficiency and transparency towards universal health coverage in low- and middle-income countries. Sage, 8, 1–8. https://doi.org/DOI: 10.1177/20552076221092213

Mbau, R., Kabia, E., Honda, A., Hanson, K., & Barasa, E. (2020). Examining purchasing reforms towards universal health coverage by the National Hospital Insurance Fund in Kenya. International Journal for Equity in Health, 19(1), 19. https://doi.org/10.1186/s12939-019-1116-x

Nurwildani, A. (2019). Evaluasi Perencanaan Obat menggunakan Kombinasi ABC-VEN di RSD Dr. Soebandi Jember Periode Tahun 2017. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92814

Permana, H. Y., Aryadi, Y., & Piriaselina, I. (2019). IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI UNIT LAUNDRY BERBASIS WEB DI RUMAH SAKIT KANKER DHARMAIS. Jurnal Dinamika Informatika, 8(1), 1–14. https://doi.org/10.30604/jika.v7i1.1319

Rahmaniar, D. (2017). Analisis Biaya Satuan Metode Activity Based Costing (Abc) Dalam Evaluasi Tarif Pelayanan Di Klinik Spesialis Bedah Saraf Rumah Sakit “X” Surabaya. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo, 3(2), 203. https://doi.org/10.29241/jmk.v3i1.81

Sofianto, A. (2020). INOVASI LAYANAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI PADA RUMAH SAKIT SEBAGAI BENTUK REFORMASI BIROKRASI. Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah, 18(1), 81–102. https://doi.org/10.36762/jurnaljateng.v18i1.811

Soraya, C., Surwanti, A., & Pribadi, F. (2022). Drug Inventory Management Using ABC-VEN and EOQ Analysis for Improving Hospital Efficiency. Jurnal Aisyah: Jurnal Ilmu Kesehatan, 7(1), 373–382. https://doi.org/10.30604/jika.v7i1.1319

Tawse, A., & Tabesh, P. (2023). Thirty years with the balanced scorecard: What we have learned. 66, 123–132. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2022.03.005

Ulandari, L. P. S., Ilyas, Y., & Indrayathi, P. A. (2020). Strategi Implementasi Jaminan Kesehatan Nasional dengan Metode Balanced Scoredcard: Studi Kasus di Rumah Sakit X Tangerang Tahun 2018. 5(2). https://doi.org/10.7454/eki.v5i2.4265

Usman, I. (2020). Lean Hospital Management Implementation in Health Care Service: A Multicase Study. 11(3).

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles