HUBUNGAN MOTIVASI PERAWAT DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA PERAWAT PELAKSANA PADA MASA COVID-19 DI RUANG RAWAT INAP RS ‘‘X” BENGKULU

Authors

  • Fatima Nuraini Sasmita Mita STIKES Tri Mandiri Sakti bengkulu
  • Dian Dwiana Maydinar STIKES Tri Mandiri Sakti Bengkulu
  • Wanto Syaputra STIKES Tri Mandiri Sakti Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.15531

Keywords:

Produktifitas kerja, Motivasi,, Perawat pelaksana

Abstract

Perawat dituntut untuk melaksanakan tugasnya dalam pelayanan keperawatan baik secara langsung maupun tidak langsung secara produktif. Tinggi atau rendah produktivitas seorang perawat tidak terlepas dari berbagai macam faktor yang menyertainya, salah satunya yaitu faktor motivasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi perawat dengan produktivitas kerja perawat pelaksana di Ruang Rawat Inap RS ‘‘X”Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh perawat pelaksana yang bekerja di Ruang Rawat Inap RS ‘‘X”Bengkulu yang berjumlah 37 orang. Sampel dalam penelitian berjumlah  37 orang dengan menggunakan Total Sampling dan menggunakan kuesioner sebagai instrument kemudian ditabulasi dengan uji Chi-Square (Fishers Exact Test). Hasil penelitian menunjukan hasil uji Fisher’s Exact Test didapat nilai exact.sig (p) sebesar 0,010. Karena nilai p<0,05 maka ada hubungan yang signifikan antara motivasi perawat dengan produktivitas kerja perawat pelaksana pada masa Covid 19 di Ruang Rawat Inap RS ‘‘X”Bengkulu. Mutu pelayanan keperawatan dapat meningkat apabila tenaga kesehatan khususnya perawat melaksanakan tugasnya secara produktif baik itu dalam memberikan asuhan keperawatan secara langsung maupun tidak langsung. Namun produktifitas  kerja dapat dicapai secara baik apabila perawat diruangan memiliki motivasi yang tinggi.

References

Anoraga, P. (2004). Seri Manajemen Sumber Daya Manusia “Kinerja”. Jakarta; Aksara B, Editor.

Ariyani, J. D., & Muhyadi, M. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Dinas Pekerjaan Umum Dan Energi Sumber Daya Mineral Kabupaten Magelang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran-S1, 6(2), 177-185.

Justine, Sirait. (2002). Memahami Aspek-Aspek Pengelolaan Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. Jakarta : PT Grasindo.

Kakambong, E. J., Sibua, S. N., & Sarayar, C. (2016). Hubungan Antara Motivasi Kerja Dengan Produktivitas Kerja Perawat Di Rumah Sakit Umum Pusat Ratatotok Buyat. Journal Of Community & Emergency, 4(1), 100-105.

Liester, I. N. E., Girsang, E., Nasution, S. L. R., & Erda, R. (2018). Hubungan Motivasi Terhadap Produktifitas Kerja Perawat Diruang Rawat Inap Rumah Sakit Swasta Tipe C Di Kota Batamtahun 2018. Scientia Journal, 7(2), 138-143.

Mulyasih, I., Sulistiadi, W., & Sjaaf, S. A. (2019). Analisis Hubungan Beban Kerja Dan Produktivitas Kerja Terhadap Kinerja Keperawatan Di Instalasi Rawat Inap Ruang Internis RSUD Banten. Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan, 9(1), 7-23.

Pusparani, M. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai (Suatu Kajian Studii Literatur Manajemen Sumber Daya Manusia). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 534-543.

Salawangi, G. E., Kolibu, F. K., & Wowor, R. (2019). Hubungan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Perawat Di Instalasi Rawat Inap Rsud Liun Kendage Tahuna Kabupaten Sangihe. KESMAS, 7(5).

Sasmita, F. N. (2019). Hubungan Seleksi SDM Dengan Produktivitas Kerja Perawat Pelaksana Di Ruang Rawat Inap Rsup Dr. M. Djamil Padang. CHMK Nursing Scientific Journal, 3(2), 133-137.

Sedarmayanti, (2011). Sumber Daya Manusia Dan Produktivitas Kerja. Penerbit Mandar Maju, Cetakan Kedua, Bandung.

Sedarmayanti. (2017). Perencanaan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja, Dan Produktivitas Kerja. Bandung: PT Refika Aditama.

Sumigar, J. T., Kawatu, P. A., & Korompis, G. E. (2020). Hubungan Antara Motivasi Kerja Dan Status Gizi Dengan Produktivitas Kerja Pada Pekerja Bagian Open Area Di PT. Tropica Cocoprima Desa Lelema Kabupaten Minahasa Selatan. KESMAS, 9(4).

Suoth, L. F., & Akili, R. H. (2019). Hubungan Antara Stres Kerja Dan Motivasi Kerja Dengan Produktivitas Kerja Perawat Di RSUP Ratatotok-Buyat. KESMAS, 7(5).

Susanti, F. A. (2015). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Produktivitas Kerja Perawat Pelaksana Di Ruang Rawat Inap RSUD Cibinong Tahun 2014.

Umboh, D. I., Kawatu, P. A., & Ratag, B. T. (2020). Hubungan Antara Stres Kerja Dan Motivasi Kerja Dengan Produktivitas Kerja Pada Perawat Di RSU Gmim Pancaran Kasih Manado. KESMAS, 9(2).

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Mita, F. N. S., Maydinar, D. D. ., & Syaputra, W. . (2023). HUBUNGAN MOTIVASI PERAWAT DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA PERAWAT PELAKSANA PADA MASA COVID-19 DI RUANG RAWAT INAP RS ‘‘X” BENGKULU. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(2), 2197–2218. https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.15531

Issue

Section

Articles