HUBUNGAN PERSONAL HYGIENE DENGAN KEJADIAN SKABIES DI PANTI ASUHAN PUTRA MUHAMMADIYAH BANGKINANG

Authors

  • Ema rahmi Rahmi Studi S1 Keperawatan universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Ridha Hidayat Studi DIII Keperawatan universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v2i1.1553

Keywords:

skabies, personal hygiene

Abstract

Skabies adalah penyakit menular yang disebabkan oleh adanya infestasi Sarcoptes scabiei varian hominis pada kulit yang ditandai dengan adanya gatal dan erupsi kulit. World Health Organization (WHO) menyatakan sebanyak 300 juta orang di dunia setiap tahunnya dilaporkan terserang scabies. Tujuan dari penelitian adalah mengetahui hubungan personal hygiene dengan kejadian skabies di Panti Asuhan Putra Muhammadiyah Bangkinang tahun 2019. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain cross sectional study. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 10-15 Februari 2020 dengan jumlah responden 56 orang dengan menggunakan teknik total sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh anak yang tinggal di Panti Asuhan Putra Muhammadiyah Bangkinang sebanyak 56 orang. Analisa data yang digunakan adalah analisa univariat dan bivariat dengan uji Chi Square. Hasil penelitian ini didapatkan ada ada hubungan yang signifikan antara personal hygiene (p value= 0,002) dengan kejadian skabies. Kesimpulan terdapat hubungan personal hygiene dengan kejadian skabies di Panti Asuhan Putra Muhammadiyah Bangkinang tahun 2019. Disarankan hendaknya pihak panti asuhan bekerjasama dengan Puskesmas terdekat untuk mengadakan pemberian pendidikan kesehatan tentang personal hygiene memberikan dampak positif, yaitu peningkatan pengetahuan tentang personal hygiene berujung pada tingkah laku atau tindakan dalam pemeliharaan diri yang baik, sehingga angka kejadian skabies di Panti Asuhan Putra Muhammadiyah Bangkinang dapat ditekan seminim mungkin.

References

Afieena. (2018). Hubungan Personal Hygiene Dan Sanitasi Lingkungan Dengan Kejadian Penyakit Scabies Di Pondok Pesantren Marifatul Ulum Bringin Kabupaten Ngawi.

Atikah D, (2012), Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS), Nuha Medika, Yogyakarta

Fabriza. (2015). Pengaruh Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Pendapatan dan Sanitasi Terhadap Kejadian Diare di Kelurahan Meranti Pandak, Rumbai Pesisir Pekanbaru. Jurnal Ilmu Lingkungan. Program Studi Ilmu Lingkungan PPS Universitas Riau. Vol. I No. 2.

Kemenkes RI, (2017). Profil Data Kesehatan Indonesia Tahun 2016 Republik Indonesia. At : http://www.depkesgo.id

Ni’mah, N (2016). Perilaku Personal Hygiene Dengan Kejadian Scabies Pada Santri Putra Dan Putri Di Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem Sewon Bantul Yogyakarta.

Notoatmodjo, (2010), Pendidikan dan Perilaku Kesehatan Ep.2, Jakarta, Rineka Cipta.

Profil Dinas Kesehatan Kampar (2018)

Saryono, (2011), Kebutuhan Dasar Manusia (KDM), Yogyakarta, Nuha Medika

Downloads

Published

2021-03-31

How to Cite

Rahmi, E. rahmi, & Hidayat, R. (2021). HUBUNGAN PERSONAL HYGIENE DENGAN KEJADIAN SKABIES DI PANTI ASUHAN PUTRA MUHAMMADIYAH BANGKINANG. Jurnal Kesehatan Tambusai, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.31004/jkt.v2i1.1553

Issue

Section

Articles