FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN ANEMIA PADA IBU HAMIL YANG MELAKUKAN ANC

Authors

  • Megawati Megawati STIKes Citra Delima Bangka Belitung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v3i4.15463

Keywords:

anemia, ibu hamil, Puskesmas Pemali

Abstract

Anemia masih merupakan masalah utama yang diderita oleh ibu hamil dan wanita pada umumnya. Anemia pada ibu hamil dapat meningkatkan resiko terjadinya keguguran, lahir sebelum waktunya, melahirkan bayi dengan Berat Bayi Lahir Rendah,  lahir mati dan kematian perinatal. Ibu hamil yang menderita anemia berat, dapat mengalami kegagalan jantung yang dapat menimbulkan kematian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor yang berhubungan dengan kejadian anemia pada ibu hamil yang melakukan ANC ke Puskesmas Pemali. Penelitian ini merupakan penelitian Analitik dengan desain Case Control. Populasi penelitian ini adalah semua ibu hamil yang melakukan ANC ke Puskesmas Pemali Kecamatan Pemali dengan jumlah sampel 72 ibu hamil dari populasi 647 ibu hamil. Besarnya resiko dihitung dengan melakukan nilai OR. Pengumpulan data dengan cara wawancara menggunakan kuesioner dari data sekunder dan pemeriksaan HB yang dilihat dari data primer, kemudian diuji dengan menggunakan Chi-Square. Hasil uji statistik menunjukkan ada hubungan yang bermakana antara umur ibu dengan kejadian anemia, ada hubungan yang bermakna antara jarak kehamilan dengan kejadian anemia ,ada hubungan yang bermakna antara tingkat ekonomi dengan kejadian anemia, ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan dengan kejadian anemia dimana, dan ada hubungan yang bermakna antara kepatuhan ibu mengkonsumsi tablet Fe dengan kejadian anemia dengan nilai OR 5,471. Rekomendasi dari penelitian ini adalah dapat diharapkan kepada petugas kesehatan Puskesmas Pemali, agar dapat menurunkan Prevalensi anemia pada ibu hamil yang dapat dilakukan melalui peningkatan promosi kesehatan.

References

Dinkes,Bangka. 2012. Laporan Tahunan Dinas Kesehatan. Kabupaten Bangka.

. 2013. Laporan Tahunan Dinas Kesehatan. Kabupaten Bangka.

. 2014. Laporan Tahunan Dinas Kesehatan. Kabupaten Bangka.

Emi, 2012. Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejasian Anemia Pada Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Hitam Kecamatan Bukit Intan. Proposal. Pangkalpinang : Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Citra Delima.

Kemenkes RI, 2014. Profil Kesehatan Indonesia. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia 2014.

Lismawati, Eva, 2013. Anemia Pada Kehamilan. (online) https://evalismawatiblog.wordpress.com/2013/05/15/anemia-pada-

kehamilan. Diakses pada tanggal 20 maret 2015.

Manuaba, 2010. Definisi Kehamilan. Bidan Share. (online) (https://bidanshare.wordpress.com/2011/11/18/definisi-kehamilan/html) . Diakses tanggal 16 maret 2015.

, Ida Bagus Gde. 2010. Kapita Selekta Penatalaksanaan Rutin Obstetri, Ginekologi dan Keluarga Berencana, EGC : Jakarta.

Nazomi, 2012, Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Melintang Kecamatan Rangkui Kota Pangkalpinang Tahun 2012. Karya Tulis Ilmiah. Pangkalpinang : Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Citra Delima.

Proverawati Atikah, 2011. Anemia dan Anemia Kehamilan. Nuha Medika : Yogyakarta.

Stiawan Iis, 2012. Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Anemia Gizi Pada Ibu Hamil Di Wilayah Puskesmas Gerunggang Kecamatan Kota Pangkalpinang Bangka Belitung, Skripsi. Pangkalpinang : Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Abdi Nusa.

Downloads

Published

2022-12-28

How to Cite

Megawati, M. (2022). FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN ANEMIA PADA IBU HAMIL YANG MELAKUKAN ANC. Jurnal Kesehatan Tambusai, 3(4), 2726–2735. https://doi.org/10.31004/jkt.v3i4.15463