HUBUNGAN LAMA PERAWATAN DAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN BEBAN KELUARGA KLIEN PASCA STROKE DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MANDIANGIN

Authors

  • Millia Anggraini Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Perintis Indonesia
  • Yaslina Yaslina Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Perintis Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.15361

Keywords:

Beban Keluarga, Dukungan Keluarga, Lama Perawatan

Abstract

Stroke merupakan salah satu penyakit tidak menular yang mengancam terhadap kesehatan yang terjadi karena pembuluh darah yang membawa darah dan oksigen ke otak mengalami penyumbatan dan rupture, kelainan fungsi otak yang timbul mendadak yang di sebabkan karena terjadinya gangguan peredaran darah otak dan biasa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, yang sering terjadi pada penderita stroke yaitu kelemahan tangan dan kaki. Pemulihan setelah stroke merupakan sesuatu proses panjang yang berlangsung selama beberapa tahun, sebagian besar pemulihan dapat terjadi selama dua sampai tiga tahun pertama. Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui bagaimana Hubungan lama perawatan dan dukungan dengan beban keluarga klien pasca stroke di wilayah kerja puskesmas mandiangin Bukittinggi Tahun 2022. Metode penelitian ini menggunakan desain deskriptif analisis dengan pendekatan cross sectional dan instrument yang digunakan adalah kuesioner. Sampel penelitian ini berjumlah 52 orang dengan menggunakan teknik Condecutive Sampling. Hasil uji statistik didapatkan p value 0,026 yang artinya ada hubungan antara lama perawatan dengan beban keluarga di Wilayah Kerja Puskesmas Mandiangin Bukittinggi dan didapatkan p value 0,781 yang artinya tidak ada hubungan antara dukungan keluarga dengan beban keluarga di Wilayah Kerja Puskesmas Mandiangin Bukittinggi. Disarankan kepada pihak puskesmas mandiangin Bukittinggi untuk selalu memberikan edukasi bagi anggota keluarga yang mempunyai keluarag yang mengalami stroke bahwa dukungan keluarga itu sangat penting dalam masa penyembuhan pasca stroke.

References

Ernawati, wahyu, a., & Rusyanti, w. (2021). journal nursing army. gambaran tingkat pengetahuan keluarga tentang perawatan pasien pasca stroke di wilayah kerja UPT puskesmas X banjarmasin .

Firmawati, E., Permata, F., & Rochmawati, E. (2019). beban keluarga dalam merawat pasien dengan stroke di rumah sakit pku muhamadiyah gamping.

Friedman. (2010). keperawatan keluarga. yogyakarta.

Hayati, N. (2002). Mengenal,Mencegah& Mengatasi Silent Kiler. yogyakarta.

Hayati, W., Marianthi, D., Abdurrahman, & Jufrizal. (2020). Dukungan Keluarga Dapat Memotivasi Pasien Pasca Stroke Dalam Melakukan Latihan Fisioterapi Di Aceh. Idea Nursing Journal , 49-54.

Hutagalung, S. (2017). Panduan Lengkap Stroke Mencegah,Menggobati dan Menyembuhkan. Bandung.

Junaidi, & dr iskandar. (2011). Stroke waspadai ancamannya. Jogjakarta.

Karunia, E. (2016). Hubungan antara dukungan keluarga dengan kemandirian activity of daily living pasca stroke. jurnal berkala epidemiologi , 1-12.

Kurniawan, H. (2021). Pengantar Praktis Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Masturoh dkk, I. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Nirmala, S., Nofiyanto, M., & Wahyu, H. r. (2020). lamahari rawat pasien stroke. jurnal terpadu ilmu keperawatan .

Notoatmodjo, s. (2010). Metodelogi penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Nursalam. (2008). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Selemba Medika.

Purwati, E. (2012). Gambaran Stress Keluarga Yang Merawat Pasien Stroke Pasca Perawatan Di RSU PKU Muhammadiyyah Bantul. 1-24.

Ridwan, M. (2017). Mengenal Mencegah dan Mengatasi silent killer stroke. yogyakarta: perpustakaan nasional.

RIKESDAS, L. P. (2018). Laporan Provinsi Sumatera Barat RIKESDAS.

Sriadi, Sukarni, & Ligita, T. (2019). Kemandirian aktivitas hidup sehari hari bagi pasien pasca stroke. Jurnal keperawatan , 1-13.

Sugiyono. (2013). Metodelogi Pnelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suprajitno. (2004). Asuhan keperawatan keluarga.

Yunere, F., Keliat, A. B., & Putri, E. D. (2019). Pengaruh Pelaksanaan Menajemen Marah Terhadap Perilaku Kekerasan Pada Siswa SMK. Jurnal Kesehatan Perintis (Perintis’s Health Journal) , 6 (2), 153-163.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Anggraini, M., & Yaslina, Y. (2023). HUBUNGAN LAMA PERAWATAN DAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN BEBAN KELUARGA KLIEN PASCA STROKE DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MANDIANGIN. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(2), 2648–2654. https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.15361

Issue

Section

Articles