KADAR SERUM GLUTAMIC PYRUVIC TRANSAMINASE (SGPT) PADA TIKUS YANG TERINHALASI PESTISIDA

Authors

  • Marisa Marisa Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Perintis Indonesia
  • Lisa Fradisa Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Perintis Indonesia
  • Inayah Cahaya Putri Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Perintis Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.15075

Keywords:

pestisida, Serum Glutamic Pyruvic Transaminase

Abstract

Pestisida dapat memberikan manfaat yang menguntungkan dan merugikan bagi manusia. Kebanyakan bahan  aktif dalam pestisida tidak mempunyai toksisitas yang spesifik, sehingga bisa mempengaruhi organisme target ataupun non target. SGPT merupakan enzim yang keberadaan dan kadarnya dalam darah dijadikan penanda terjadinya gangguan fungsi hati. Enzim tersebut normalnya berada pada sel-sel hati. Kerusakan pada hati akan menyebabkan enzim-enzim hati lepas ke dalam aliran darah  sehingga kadarnya dalam darah meningkat dan menandakan adanya gangguan fungsi hati. Hati merupakan salah satu organ target  pestisida. Akumulasi penggunaan pestisida jika masuk  kedalam hati tidak dapat diuraikan serta dieksresikan dan tersimpan dalam hati akan menyebabkan gangguan sel organel hati. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kadar SGPT pada tikus yang terinhalasi   pestisida. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimental laboratorik, dengan menggunakan distribusi frekuensi. Sampel yang digunakan adalah darah tikus yang diinhalasi  pestisida sebanyak 18 sampel dengan penambahan 2 sampel sebagai control negatif. Pemeriksaan SGPT dan Acethylcholinesterase menggunakan metode fotometer. Hasil penelitian, kadar SGPT dalam darah tikus didapatkan kadar tertinggi 262U/L, dan kadar terendah 1U/L dengan rata- rata 88,06U/L. Kadar Acethylcholinesterase dalam darah tikus didapatkan kadar tertinggi 922U/L dan kadar terendah 127U/L dengan rata-rata 4,482U/L. Berdasarkan hasil uji kolerasi person dengan hubungan Acethylcholinesterase dan SGPT diperoleh nilai signifikan P<0,000 (0,000 <0,05) besar kolerasi ini menunjukkan adanya hubungan antara Acethylcholinesterase         dan SGPT.

References

Agustiana, H., Puspitasari, E. dan Hani, I. M. 2019. Gambaran Kadar Serum Glutamic

Pyruvic Transminase (SGPT) pada Petani Bawang Merah yang Terpapar Pestisida.

Alfarizi., D, Asyik., B, Sudarmi. 2017. Karakteristik Sosial Ekonomi Petani Sayuran di Desa Raman Aji Lampung Timur. FKIP Universita Lampung.

Astana W, dkk. (2016). Studi Klinik Efek Ramuan Jamu Untuk Insomnia Terhadap fungsi Hati pasien Klinik Hortus Medicus. Jurnal Sains dan Kesehatan , 1 (5) : 245.

Diva Pradnya Dewi, I. T., Mastra, N., & Merta, I. W. (2016). Kadar Serum Glutamate Piruvat Transaminase Pecandu Minuman Keras Di Banjar Ambengan Desa Sayan Ubud

Gianyariga Tari Diva Pradnya Dewi 1 , Nyoman Mastra 2 , I Wayan Merta 3.Meditory,4(3), 82–93.

Djojosumarto, P.Pestisida Dan Aplikasinya. Jakarta : Agromedia Pustaka; 2008. Irianto, K. (2014). Anatomi dan Fisiologi. ALVABETA, cv.

Jenni, A. (2014). Hubungan Riwayat Paparan Pestisida dengan Kejadian Gangguan Fungsi Hati ( Studi Pada Wanita Usia Subur di Daerah Pertanian Kota Batu )Pesticide Exposure history relationship with Genesis Impaired Liver Function Studies in women of chilbearing- age in t. 13(2), 62–65.

Kurniadi, D., & erni maywita, SKM, M. ke. (2018). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Kesehatan Akibat Paparan Pestida Pada Petani Hortikultura Di Desa Siulak Deras Mudik Kabupaten Kerinci. XII(80), 13–18.

Nadhifah hawin ummi. (2010). Pengaruh Pemberian Ekstrak Daun Pegagan (Centella asiatica (L.) Urban) Dosis Tinggi Sebagai Bahan Antifertilitas Terhadap Kadar Enzim Gpt-Got Dan Gambaran Histologi Hepar Mencit (Mus musculus) Betina. The NEFE Quarter Century Project: Implications for Researchers, Educators, andPolicy Makers from a Quarter Century of Financial Education, 49.

Neonatek, P & Harini, T. 2018. Buku Ajar Pestisida dan Teknik Aplikasi. Kupang. PTK Press. No Title. (n.d.).

Nurlina. (2017). Faktor-faktor yang menyebabkan perbedaan hasil pemeriksaan kadar asam urat menggunakan metode fotometer dan point of care test pada pasien di Rumah Sakit Santa Anna Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara.210093.

Downloads

Published

2023-06-25

How to Cite

Marisa, M., Fradisa, L., & Putri, I. C. (2023). KADAR SERUM GLUTAMIC PYRUVIC TRANSAMINASE (SGPT) PADA TIKUS YANG TERINHALASI PESTISIDA. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(2), 1516–1523. https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.15075

Issue

Section

Articles