HUBUNGAN FREKUENSI PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK TK ABA NOTOYUDAN YOGYAKARTA

Authors

  • Siti Ainawati Mumtazah Universitas Dharmas Indonesia
  • Puja Maya Sari Universitas Dharmas Indonesia
  • Novia Dwi Jayanti Universitas Dharmas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.14906

Keywords:

Penggunaan Gedget,, Perkembangan Sosial

Abstract

Perkembangan sosial adalah proses kemampuan belajar dan tingkah laku yang berhubungan dengan individu untuk hidup sebagai bagian dari kelompok. Di dalam perkembangan sosial anak dituntut untuk memiliki kemampuan yang sesuai dengan tuntutan sosial dimana anak berada. Anak yang tidak bisa menempatkan dirinya di lingkungan sosial akan merasa terisolasi dan enggan untuk membaur dalam lingkungan sosial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan frekuensi penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak di TK ABA Notoyudan Yogyakarta. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan waktu cross sectional. Teknik sampling menggunakan total sampling. Alat ukur menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Pengolahan data menggunakan uji statistik Chi Square. Responden adalah orangtua dari siswa-siswi di TK ABA Notoyudan berjumlah 81 responden. Hasil penelitian menunjukkan frekuensi penggunaan gadget dengan kategori sering sebanyak 58 orang anak (75,9%) dan perkembangan sosial anak dengan kategori kurang sebanyak 52 siswi (64,2%). Hasil analisis bivariat diperoleh nilai p value 0,001 < 0,05. Ada hubungan antara frekuensi penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak di TK ABA Notoyudan Yogyakarta. Saran bagi TK ABA Notoyudan Yogyakarta diharapkan dapat bekerja sama dengan pihak puskesmas untuk memberikan pendidikan kesehatan kepada orangtua siswa tentang dampak penggunaan gadget terhadap anak dan pembatasan frekuensi dan durasi penggunaan gadget oleh anak.

References

Adriana. (2011). Tumbuh Kembang & Terapi Bermain Pada Anak. Medika Salemba : Jakarta

Ahmad Susanto. (2012). Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana Prenada Media Group : Jakarta

Ardita V., Kadir A, dan Askar M.. (2012). Deteksi Perkembanagn Anak Berdasarkan DDST di RW 1 Kelurahan Luminda Kecamatan Wara Utara Kota Palopo. Jurnal STIKES. 1(2):2

Astik Umiyah. (2018). Frekuensi Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial dan Kemandirian Pada Anak Usia 3-5 Tahun. Gresik : Universitas Gresik. Journals of Ners Community vol 9, No 2.

Ajzen, I. (2010). Attitudes, Personality, and Behavior. Bristol : Open University Press

Depkes RI. (2010). Penelitian dan Kesehatan. Riset Kesehatan dasar

Departemen Kesehatan RI. (2010). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak Ditingkat Pelayanan Kesehatan Dasar

Departemen Agama RI. (2018). Al-Qur’an dan Terjemahannya: Juz 1-30, Jakarta: PT.Kumudasmoro Grafindo Semarang

Delima, R.,N.K. Arianti, dan B.Pramudyawardani. (2015). Identifikasi Kebutuhan Pengguna Untuk Aplikasi Permainan Edukasi Bagi Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Keperawatan volume 3 Nomor 2 April 2015

Elizabeth TS.2015. Tanda Anak Adiksi Gadget (internet). Kompas.com : Jakarta

Fadilah, Ahmad. (2011). Pengaruh Penggunaan Alat Komunikasi Handphone Terhadap Aktivitas Belajar siswa. Jakarta : Penidikan agama islam FTIK Universitas Islam negri Syarif Hidayatullah. Di akses Mei 2019

Gustian E. (2014). Mempersiapkan Anak Masuk Sekolah.Puspa Swara : Jakarta

Gunarti Winda, Lilis Suryani, Azizah Muis. (2011). Metode Pengembangan Prilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta : Universitas Terbuka

Hurlock. (2011). Psikologi Perkembangan:Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Erlangga : Surabaya.

Hurlock. (2012). Perkembangan Anak, jilid 2. Jakarta : ErlanggaIswidharmanjaya D & Agency B. (2014). Panduan Bagi Orang Tua Untuk Memahami Faktor-Faktor Anak Kecanduan Gadget. Bisakimia

Kominfo.com, Indonesia Raksasa Tekhnologi Digital Asia, di akses 18 November 2018.<https://kominfo.go.id://www.tempo.co/read/kolom/2015/10/02/2310/raksasa-tekhnologi-digital-asia

Khairanni M. (2013). Psikologi Perkembangan. Yogyakarta : Aswaja Pressindo

Kharmina, Niniek. (2011) . Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Orangtua dengan Orientasi Pola Asuh Anak Usia Dini. Semarang : FKIP UNS

Lestari, I., Riana, A.W. (2015). Pengaruh Gadget Pada Interaksi Sosial dalam Keluarga. Riset & PKM,2 (2), 147-300.

Marimbi, Hanum. (2010). Tumbuh Kembang Anak Prasekolah. Yogyakarta : Nuha Medika

Mayar, Farida. (2013). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Sebagain Bibit Untuk Masa Depan. Jurnal Al-Ta’lim, Jilid1, Nomor 6, Npvember 2013. hlm.459-464

Makmun, Khairani. (2013). Psikologi Belajar. Yogyakarta. : Aswaja Presindo

Manumpil B, Ismanto. (2015). Hubungan Penggunaan Gadget dengan Tingkat Prestasi anak. Manado : Universitas Sam Ratulangi. E-journal Keperawatan (e-Kep) volume 3 Nomor 2. http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp.Diakses Desember 2018.

Meta Anindya. (2017). Hubungan Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak prasekolah di TK PGRI 33 Sumurboto Banyumanik. Semarang : FK UNDIP

Noorlaili. (2010). Panduan Lengkap Mengajar PAUD. Pinus book publisher :Yogyakarta

Novitasari W & Khotimah N.(2016). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 tahun. J PAUD teratai. ;5(3):182–6.

Nursalam. (2011). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian. Salemba Medika : Jakarta

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta : Jakarta

Patmonodewo S. (2010). Pendidikan Anak Prasekolah. PT Rineka Cipta: Jakarta

Pratiwi PS. (2015). Bila Anak Terlalu Sering Diasuh Gadget

Piaget J & Barbel. (2010). Psikologi Anak. Pustaka belajar : Yogyakarta

Rideout V. Zero to eight. (2013): Electronic Media Inthe Lives Of Infants, Toddlers and Preschoolers. Common Sense Media Research Study.

Rowan C.(2013). The Impact Of Technology On The Developing Child (internet). The Huffington Post : US

Riyanti Imron.(2017). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Prasekolah di Kabupaten Lampung Selatan. Tanjungkarang : Poltekkes tanjungkarang. Jurnal Keperawatan, Volume XIII, No. 2, Oktober 2017

Starburger VC.(2011). Children, Adolescents, Obesity and the Media. Pediatrics;.

Supartini Y. (2013). Konsep Dasar Keperawatan Anak. Jakarta : EGC

Sigman A. (2010).Children, Adolescents, Obesity and the Media. Pediatric. P 89-109

Sigman A. (2010). The Impact of Screen Media on Children : a eurovision for parliament : p 89-109

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Usia Dini. PEDAGOGIA : Yogyakarta

Salsabila. (2016). Pengaruh Lama Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Anak di TK Al-Azhar Banda Aceh. Banda Aceh

Syamsussabri, Muhammad. (2013). Konsep Dasar Pertumbuhan dan Perkembangan Anak. Jurnal Perkembangan Anak. Vol 1, No 1, hlm 3.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta : Bandung.

Sugiyono.(2018).Metode Penelitian Evaluasi ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi). Penerbit CV. Alfabeta : Bandung.

Setiawan & Saryono. (2011). Metodologi dan Aplikasi. Yogyakarta : Mitra Cendikia Press

Velderman M., Crone M., Wiefferink C & Reijneveld S.(2010). Identification and Management of Psychosocial Problems Among Toddlers by Preventive Child Health Care Professionals. European Journal of Public Health : 20(3):332-338

Widiawati, I Sugiman. (2014). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Daya Kembang Anak. Jakarta : Universitas Budi Luhur. http://stmikglobal.ac.id/wp-content/upload/2014/05/ARTIKELIIS.pdf. Diakses 15 Desember 2018

Warisyah Yusmi. (2015). Pentingnya Pendampingan Dialogis Orangtua Dalam Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini. (http://semnas.fkip.ump.ac.id/wp-content/uploads/2015/12/014-Yusmi-W.pdf) di akses Desember 2018

Yusuf S. (2013). Psikologi Perkembangan Anak. Bandung: Remaja Rosdakarya

Yuliasari. (2015). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Mumtazah, S. A. ., Sari, P. M. ., & Jayanti, N. D. . (2023). HUBUNGAN FREKUENSI PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK TK ABA NOTOYUDAN YOGYAKARTA . Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(2), 2620–2627. https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.14906

Issue

Section

Articles