FAKTOR KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN SYARIAH DI RUMAH SAKIT

Authors

  • Ririn Citra Aprilianti Program Pascasarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia
  • Evi Martha Departemen Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.14836

Keywords:

Kepuasan pasien, pelayanan syariah, rumah sakit

Abstract

Indonesia adalah negara dengan populasi Muslim yang sangat besar, dan masyarakat Indonesia yang tahu tentang syariah telah mengubah perilaku mereka untuk mencari pertimbangan klinis berbasis syariah. Meningkatnya permintaan dan peluang harus diikuti dengan kualitas pelayanan yang baik, dan salah satu indikator kualitas pelayanan kesehatan yaitu kepuasan pasien. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan per tanggal 25 Desember 2022 jumlah rumah sakit teregisterasi di Indonesia sebanyak 3121 dari jumlah tersebut rumah sakit yang sudah terakreditasi sebanyak 2559 atau sekitar 82%, dan dari jumlah yang sudah terakreditasi ini baru ada 3 % rumah sakit yang sudah bersertifikasi syariah di Indonesia. Penelitian ini merupakan  systematic review dengan mencari database Research Gate, Science Direct dan Google Scholar terbitan tahun 2019 – 2022 didapatkan 127 artikel dengan rincian 2 artikel dari Research Gate, 3 artikel dari Science Direct dan 122 artikel dari Google Scholar. Selanjutnya, artikel diseleksi dan didapatkan 9 (Sembilan) artikel menunjukkan bahwa pasien puas dengan pelayanan syariah. Berdasarkan studi literatur, diketahui pelayanan berbasis syariah dipengaruhi pendekatan karakteristik Penjagaan agama (hifz ad-diin), Penjagaan jiwa (hifz an-nafs), Penjagaan akal (hifz al-‘aql), Penjagaan keturunan (hifz an-nasl), Penjagaan harta (hifz al-mal) serta penggunaan empat prinsip seperti Rabbaniyah (keyakinan dan penyerahan segala sesuatunya hanya kepada Allah SWT), Akhlaqiyah (mengedepankan nilai-nilai moral dan etika), Waqi’iyah (kebenaran atas fakta yang ada) dan Insaniyyah (sejalan dengan iman manusia).

References

WPR. (2023, January 6). World Population Review. Dipetik January 6, 2023, dari Indonesia Population 2023: https://worldpopulationreview.com/countries/indonesia-population

Irviana, F. (2019, October). Analisa Manajemen Rumah Sakit Syariah (Studi Aplikasi Kualitas Manajemen Syariah Dalam Pelayanan Rumah Sakit Terhadap Hifz Ad Din Pada Rumah Sakit Bersertifikasi Syariah di Indonesia). Young Progressive Muslim: Young Progressive Muslim.

Lee, M. A., & Yom, Y.-H. (2007, May). A comparative study of patients' and nurses' perceptions of the quality of nursing services, satisfaction and intent to revisit the hospital: a questionnaire survey. International Journal of Nursing Studies, 44(4), 545-555.

Soedigno, V. R., Aliasar, A., Windasari, N. A., Sudrajad, O. Y., Umbara, A. N., Desinthya AA, N., . . . Wadiandini, D. (2021). Riset Preferensi Pasar terhadap Layanan Rumah Sakit Berkompetensi Syariah. Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah.

MUKISI & PPNI. (2019). Kode Etik Rumah Sakit Syariah. Semarang: ISBN.

Ismail, A., Jamil, A., Rahman, A., Bakar, J., Saad, N., & Saadi, H. (2010). The Implementation of Hospital Information System (HIS) In Tertiary Hospitals In Malaysia: A Qualitative Study. Malaysian Journal of Public Health Medicine, 10(2), 16-24.

MUKISI. (2022, September 27). MUKISI: Kini Sudah 72 RS Syariah Tersebar di Indonesia. Diambil kembali dari https://mukisi.com/5860/mukisi-kini-sudah-72-rs-syariah-tersebar-di-indonesia/

Fatima, T., Malik, S. A., & Shabbir, A. (2017, June 22). Hospital Healthcare Service Quality, Patient Satisfaction and Loyalty: An Investigation in context of Private Healthcare Systems. International Journal of Quality & Reliability Management, 35(6), 1195-1214.

L, B., & Ryanda. (2021, October 27). Sertifikasi RS Syariah bangun Kualitas Layanan Kesehatan dalam Negeri. Diambil kembali dari KNEKS: https://knks.go.id/berita/404/sertifikasi-rs-syariah-bangun-kualitas-layanan-kesehatan-dalam-negeri?category=1

Yuliastuti, D. (2022, January 13). Menilik Prospek Bisnis RS Syariah di Indonesia. Diambil kembali dari FORTUNE INDONESIA: https://www.fortuneidn.com/sharia/desy/menilik-prospek-bisnis-rs-syariah-di-indonesia

Irasanti, S. N., Salsabila, N., & Faizal, S. (2022). The Quality and Satisfaction of Halal Products and Services in Sharia-Certified Hospitals: Patient Perspective. Proceeding on The International Halal Science and Technology Conference (IHSATEC), 15(1), 200-208.

Wulandari, R., & Anshori, A. R. (2022, December 27). Tinjauan Pelayanan Islam terhadap Pelayanan Medis di Rumah Sakit X Kota Bandung. Jurnal Riset Ekonomi Syariah (JRES), 2(2), 147-152.

Mahdalena, S., Saputra, I., & Usman, S. (2021). Analisis Hubungan Penerapan Konsep Pelayanan Kesehatan Berbasis Islami dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUDZA. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 93-98.

Rochmiati, Suryawati, C., & Shaluhiyah, Z. (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pilihan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Syariah. Jurnal Kesehatan Masyarakat STIKES Cendekia Utama Kudus, 152-164.

Prayoga, M. A., Ummah, B. A., & Kusumastuti. (2021). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Asuhan Keperawatan Berbasis Syariah di Ruang Raudoh Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta. The 13th University Research Colloqium 2021 Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Klaten, 30-38.

Aslama, S. (2021, December 20). Pengaruh Pelayanan Dengan Prinsip-Prinsip Syariah Terhadap Kepuasan Pasien Umum Rawat Jalan di Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret Surakarta. Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper STIE AAS, 4, 543-548.

Wardaningsih, S., & Oktariza, A. (2021, January 27). Patients Perceptions of Islamic Caring Model on Nurses in Yogyakarta Sharia Hospitals. Proceedings of the International Conference on Health and Medical Sciences (AHMS 2020), 34, 182-186.

Nuriyati, Kusdiana, A., & Nurdiana, F. (2020). Hubungan Pelayanan Rumah Sakit Berbasis Syariah dengan Kepuasan Pasien. Journal of Health Care, 1(2), 1-6.

Abdurrouf, M., & Rosalia, C. (2018). Pelayanan Syariah dalam Bidang Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Rumah Sakit. Unissula Nursing Conference Call for Paper & National Conference, 24-31.

Sulistiadi, W., Rahayu, S., Veruswati, M., & Asyary, A. (2020, September 7). Narrative Study of Shariah Hospitals in Indonesia: A Review of Islamic Brand Communities Innovation for Health Care. Organizational Economics & Management, 5-7.

Andrianto, Ratnawati, T., & Rahmiyati, N. (2021, July 07). Shariah Hospital Social Responsibility: Maqashid Syariah at Muhammadiyah Hospital. Journal of Economics, Finance and Management Studies, 4, 1109-1118.

MUKISI. (2017). Indikator Mutu Wajib Syari'ah. Jakarta: MUKISI Pengurus Pusat.

Sunawi. (2012). Konsep Pelayanan Kesehatan Islami di Rumah Sakit (Tinjauan Aplikasi di Rumah Sakit Islam Surakarta). 8-9.

Nellyana. (2019). Pengaruh Pelayanan Syariah dan Prinsip Syariah terhadap Kepuasan Pasien di Klinik Islamic Center Samarinda. Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman, 4(4), 67-75.

Djakfar, M. (2019). Pariwisata Halal Perspektif Multidimensi. Malang: UIN Malili Press.

Downloads

Published

2023-06-02

How to Cite

Aprilianti, R. C. ., & Martha, E. . (2023). FAKTOR KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN SYARIAH DI RUMAH SAKIT. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(2), 801–810. https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.14836

Issue

Section

Articles