LITERATUR REVIEW : HUBUNGAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PUSKESMAS (SIMPUS) DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.14808Keywords:
SIMPUS, , Kepuasaan Pasien, Pelayanan KesehatanAbstract
sangat dikenal yaitu SIMPUS. Sistem Informasi pelayanan Puskesmas yang dikembangkan guna memecahkan permasalahan contohnya seperti mengimpor data dari rekam medis yang bertujan sebagai sumber data utama untuk pengolahan data kesehatan untuk statistik kesehatan. Maka diperlukan alat logging yang dapat menangani data yang ada dan menghasilkan wawasan. SIMPUS membantu mengurangi ketidakpastian penggunaan data dan mengurangi redundansi data. Desain yang digunakan adalah literatur review, artikel yang dikumpulkan dengan menggunakan Google Scholar dan basis data jurnal seperti Researchgate. Kriteria artikel yang digunakan adalah yang diterbitkan tahun 2018-2022. Berdasarkan artikel yang dikumpulkan didapatkan hasil bahwa pasien puas dengan penggunaan SIMPUS yang selain sangat efektif dengan data epidemiologi, memudahkan perawatan dan mencegah pemalsuan data.References
Bhati, D. K. (2015). Impact of Technology on Primary Healthcare Information Management: A Case of North India. Perspectives in Health Information Management, (International issue).
Devy, A. L. (2020). HUBUNGAN PENERAPAN SIMPUS PADA BAGIAN FARMASI DENGAN KEPUASAN PASIEN Studi Observasional di Puskesmas Wilayah Semarang (Issue 21) [Univeristas Islam Sultan Agung Semarang]. http://repository.unissula.ac.id/17495/
Handayani, S. (2016). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Baturetno. Profesi (Profesional Islam)?: Media Publikasi Penelitian, 14(1), 42. https://doi.org/10.26576/profesi.135
HAWADAH, S. (2021). Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (Simpus) Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Kesehatan Di Puskesmas Jemursari. http://eprints.ubhara.ac.id/1261/
Kemenkes RI. (2019). PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 31 TAHUN 2019 TENTANG SISTEM INFORMASI PUSKESMAS. Menteri Kesehatan Republik Indonesia Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, 999, 1–288.
Kuntoro, W., & Istiono, W. (2017). Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Puskesmas Kretek Bantul Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Vokasional, 2(1), 140. https://doi.org/10.22146/jkesvo.30327
Lestari, D. R. A. (2020). HUBUNGAN PENERAPAN SIMPUS PADA BAGIAN LOKET PENDAFTARAN DENGAN KEPUASAN PASIEN (Studi Observasional di Puskesmas Wilayah Semarang). In Univeristas Islam Sultan Agung Semarang (Vol. 6, Issue 1).
Nurrul Ainy, Ahmad Yani Noor. (2022). EVALUASI IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PUSKESMAS (SIMPUS) TERINTEGRASI DI KULONPROGO YOGYAKARTA. Jurnal_Kebidanan, 12(2), 1–9. https://doi.org/10.33486/jurnal_kebidanan.v12i2.185
Pinerdi, S., Ardianto, E. T., Nuraini, N., & Nurmawati, I. (2020). Tingkat Penerimaan Dan Penggunaan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas Kabupaten Jember. J-REMI?: Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan, 1(2), 104–112. https://doi.org/10.25047/j-remi.v1i2.2242
Poshimbi, M., Herlina, & Lasahari, S. U. (2021). Efektifitas SIMPUS Terhadap Pelayanan Kesehatan Primary Care BPJS di UPTD Puskesmas Unaaha Kabupaten Konawe Tahun 2020. Jurnal Kesehatan Masyarakat Celebes, 02(03), 39–43.
Putra, D. M., Yasli, D. Z., Oktamianiza, Leonard, D., & Yulia, Y. (2020). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIM-PUS) Pada Unit Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan Di Puskesmas Lubuk Buaya Kota Padang. Jurnal Abdimas Saintika, 2(August 2019), 67–72. https://jurnal.syedzasaintika.ac.id
Roziqin, M. C., Mudiono, D. R. P., & Amalia, N. (2021). Analisis Penerimaan SIMPUS Ditinjau dari Persepsi Pengguna di Puskesmas Mojoagung dengan Metode TAM. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(1), 47. https://doi.org/10.25126/jtiik.0812907
Widayanti, R. (2011). HUBUNGAN KUALITAS INFORMASI DENGAN KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PUSKESMAS (SIMPUS) DI PUSKESMAS WILAYAH KABUPATEN SLEMAN [UNIVERSITAS MUHAMMADDIYAH SURAKARTA]. http://eprints.ums.ac.id/14802/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dewi Agustina, Dea Azzahra, windi Ayu Anggraini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).