PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN MEDIA POP-UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SISWA SEKOLAH DASAR MENGENAI MIOPIA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.14781Keywords:
Miopia, Pendidikan Kesehatan, Pengetahuan, Pop-up BookAbstract
Dalam proses tumbuh kembang anak, mata diperlukan untuk mengenal, mempelajari sesuatu serta membaca. Salah satu gangguan penglihatan yang biasa diderita anak usia sekolah dasar yaitu miopia. Anak-anak mulai lebih terbiasa dengan penggunaan media internet dalam kesehariannya, membuat anak-anak mengalami intensitas paparan layar media secara terus-menerus. Selain itu, kurangnya paparan informasi mengenai miopia pada anak dapat mengakibatkan anak-anak yang mengalami miopia semakin bertambah. Agar informasi dapat tersebar dengan mudah dan dapat dipahami oleh sasaran yaitu anak sekolah dasar, maka informasi perlu disampaikan dengan menggunakan media yang bervariatif. Salah satunya yaitu dengan menggunakan media pop-up book. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap peningkatan pengetahuan siswa sekolah dasar mengenai miopia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Quasy Eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling dengan jumlah responden sebanyak 48 responden. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Padasuka 1 Kabupaten Sumedang. Hasil penelitian yang di uji menggunakan uji Wilcoxon didapatkan p-value 0.000 atau p < 0,05. Hal ini menunjukan bahwa ada perbedaan yang signifikan dari tingkat pengetahuan siswa sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan menggunakan media pop-up book mengenai miopia. Pop-up book sebagai media pendidikan kesehatan memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan pengetahuan siswa sekolah dasar di SDN Padasuka 1 Sumedang.References
Aisah, S.N. and Setiawan, R. (2021) ‘Pop-up book digital 20.20.20 mempengaruhi pengetahuan pencegahan sindrom penglihatan komputer pada siswa sekolah dasar’, Jurnal Kesehatan Siliwangi, 2(1).
Dewanti, H., E Toenlioe, A.J. and Soepriyanto, Y. (2018) ‘Pengembangan media pop-up book untuk pembelajaran lingkungan tempat tinggalku kelas iv SDN 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo’.
Dewi, A.D. and Pratisti, W.D. (2022) ‘Miopia pada anak kembar penyandang low vision’, Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), pp. 3981–3991. Available at: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2477.
Dwipayanti, N.M., Wati, Ns.N.M.N. and Dewi, Ns.N.L.P.T. (2020) Hubungan penggunaan gadget dengan kejadian miopia pada anak usia sekolah, Jurnal Medika Karya Ilmiah Kesehatan. Online.
Ediana, D. et al. (2022) Teknologi Pengembangan Media Kesehatan, Yayasan Kita Menulis.
Hermawati, B. et al. (2022) Webinar ‘berperilaku sehat secara digital’ meningkatkan pengetahuan terhadap pencegahan myopia.
Kementerian Komunikasi dan Informatika (2016) Kementerian Komunikasi dan Informatika. Available at: https://www.kominfo.go.id/index.php/content/detail/6744/Anak-Anak+Pengguna+Internet+Terus+Bertambah/0/sorotan_media (Accessed: 9 February 2023).
Kusbandiyah, E. et al. (2022) ‘The effect of health education using pop up book media on knowledge and attitudes about balanced nutrition in obesity children at SDII AL Abidin Surakarta’, Doctoral dissertation, Universitas Kusuma Husada Surakarta [Preprint].
Limijadi, E.K.S. et al. (2020) ‘Pemeriksaan mata anak SD Gulon 2 Kecamatan Salam untuk mendukung tumbuh kembang anak’, Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 3(3), pp. 179–185. Available at: https://doi.org/10.36341/jpm.v3i3.1121.
Mordayanti, O. et al. (2023) Pengembangan media edukasi pop-up book berbahasa asing terhadap pengetahuan, sikap dan keterampilan personal hygiene pada anak usia sekolah. Available at: http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/Hearty/issue/archive.
Muntafiah, A. et al. (2018) ‘Promosi kesehatan untuk mencegah miopi dan komplikasinya pada murid SDN 2 Berkoh, Purwokerto’, Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), pp. 21–26. Available at: https://doi.org/10.30653/002.201831.48.
Pramesti, N. (2022) ‘Pembaruan informasi terkini dan panduan tentang pengelolaan miopia’, Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 11(1), pp. 242–246. Available at: https://doi.org/10.35816/jiskh.v11i1.744.
Riset Kesehatan Dasar (2013) ‘Hasil Riskesdas 2013’.
Risma, D., Hermawan, H. and Subekti, T. (2022) ‘Tingkat pengetahuan siswa tentang kelainan refraksi mata’, Jurnal Sehat Masada, 16(1), pp. 233–239.
Siregar, I.M. (2021) ‘Perbedaan efektivitas buku pop-up dan poster sebagai media edukasi dalam peningkatan pengetahuan pemeliharaan kebersihan gigi dan mulut siswa/i di SDIT Hj. Mardiyah Lubis Kota Binjai’, Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara [Preprint]. Available at: https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/31184 (Accessed: 31 March 2023).
Solikah, S.N. and Hasnah, K. (2022) Terapi senam mata sebagai upaya preventiv miopi pada anak di masa pandemi covid-19, Jurnal Kesehatan Kusuma Husada.
Suroiha, L., Dewi, G.K. and Wibowo, S. (2021) ‘Pengembangan media pop-up book terhadap keterampilan berpikir kritis pada siswa sekolah dasar’, EDUKATIF?: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), pp. 516–523. Available at: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1856.
Tasya, H. and Sunarti, S. (2020) Pengaruh media pop up book terhadap pengetahuan dan sikap tentang gizi seimbang pada siswa kelas V di SDN 001 Samarinda Seberang, Borneo Student Research (BSR). Available at: https://journals.umkt.ac.id/index.php/bsr/article/view/634/205 (Accessed: 31 March 2023).
Usmaran et al. (2019) Media kalender dan leaflet dalam pendidikan gizi terhadap pengetahuan dan perilaku makan remaja overweight, Jurnal Riset Kesehatan Poltekkes Depkes Bandung. Available at: https://www.juriskes.com/index.php/jrk/article/view/650/73 (Accessed: 31 March 2023).
Utami, A.Y. and Ghozali, G. (2018) Pengaruh pendidikan kkesehatan penggunakan media pop up book terhadap pengetahuan bahaya gadget bagi kesehatan mata pada siswa di SD Negeri 020 Samarinda Utara tahun 2018.
Widjanarko, L.S. et al. (2022) ‘Perbedaan keterampilan menyikat gigi dengan menggunakan media (sental pop-up book) siswa SDI An-Nur Surabaya’, E-Indonesian Journal of Health and Medical, 2. Available at: http://ijohm.rcipublisher.org/index.php/ijohm.
Winda, P., Trio Pangestu, W.T. and Malaikosa, Y.M.L. (2022) Pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap hasil belajar siswa kelas v di sekolah dasar.
World Health Organization (2022) Launch: WHO-ITU be healthy, be mobile toolkit for myopia (MyopiaEd). Available at: https://www.who.int/news-room/events/detail/2022/03/15/default-calendar/launch-who-itu-be-he@lthy-be-mobile-toolkit-for-myopia-(myopiaEd) (Accessed: 9 February 2023).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Diana Kulsum, Nunung Siti Sukaesih, Popon Haryeti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).