MANAJEMEN STRATEGI DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT: LITERATURE REVIEW
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.14776Keywords:
rumah sakit, mutu pelayanan, strategiAbstract
Dikala ini, tuntutan warga terhadap kesehatan tidak terbatas cuma pada kebutuhan buat hidup sehat. Tetapi, sudah tumbuh mengarah pada kebutuhan hendak mutu pelayanan. Rumah sakit jadi salah satu fasilitas upaya kesehatan yang menyelenggarakan aktivitas pelayanan kesehatan yang mana warga masih kerap mengeluhkan pelayanan kesehatan yang diberikan. Butuh dicoba kenaikan kualitas pelayanan di rumah sakit lewat strategi- strategi yang pas. Tujuan dari literature review ini merupakan buat mengkaji lebih dalam ataupun mengenali gimana manajemen strategi kenaikan kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit. Riset memakai tata cara riset literatur dengan mengumpulkan postingan harian dengan judul terpaut pada informasi base Google Scholar. Tahun publikasi sumber literatur yang digunakan ialah 5 tahun terakhir antara tahun 2018 hingga dengan 2023. Literatur ini menampilkan berartinya manajemen strategi dalam tingkatkan kualitas pelayan kesehatan dirumah sakit. Antara lain memaksimalkan Standar Prosedur Operasional (SOP), meningkatkan Sistem Manajemen Data Rumah Sakit( SIMRS), tingkatkan kinerja Humas yang mana strategi- strategi tersebut membagikan akibat positif untuk kenaikan kualitas pelayanan di rumah sakit. Riset ini merumuskan kalau banyak starategi yang dapat dicoba oleh rumah sakit buat membagikan kualitas pelayanan kesehatan yang baik. Strategi yang diterapkan rumah sakit bisa dicoba secara maksimal serta dengan monitoring dan penilaian. Sehingga bisa tingkatkan citra positif rumah sakit serta menunjang pembangunan kesehatan di Indonesia.References
Biantara, I., & Mulyanti, D. (2023). STRATEGI MANAJEMEN INFORMASI LAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW. MANABIS (Jurnal Manajemen dan Bisnis), 2(1), 10–18. https://doi.org/10.54259/manabis
Fachrurrozi, A., Prayogo, D. A., & Mulyanti, D. (2023). Strategi Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit: Systematic Literatur Review. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Kedokteran (JURRIKE), 2(1), 123–134.
Fathinnisa, D., & P, S. E. (2020). STRATEGI HUMAS DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN SEBAGAI RUMAH SAKIT BERAKREDITASI INTERNASIONAL. Jurnal Ikon , 26(3), 276–298.
Haryoso, A. A., & Ayuningtyas, D. (2019). Strategi Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Kepulauan Seribu Tahun 2019 – 2023. Jurnal ARSI, 5(2), 115–127.
Hasibuddin, A. Z., Ahri, R. A., & Haeruddin. (2023). Strategi Peningkatan Kinerja Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Nu’mang Kab. Sidrap. Journal of Muslim Community Health (JMCH) , 4(3), 187–199. https://doi.org/10.52103/jmch.v4i3.1144
Mayasari, E., Ahri, R. A., & Rusydi, A. R. (2023). Strategi Peningkatan Kinerja Rumah Sakit Umum Daerah Labuang Baji Kota Makassar. Journal of Muslim Community Health (JMCH) , 4(1), 18–30. https://doi.org/10.52103/jmch.v4i1.1189
Nasution, J. (2018). STRATEGI PENINGKATAN MUTU PELAYANAN DI RUMAH SAKIT UMUM PADANGSIDIMPUAN. At-Tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Islam, 4(1), 68–81.
Nofriani, R., & Kurniadi, H. (2020). STRATEGI HUMAS DAN KAITANNYA DENGAN PENINGKATAN MUTU LAYANAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN ROKAN HULU. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi, 2(1), 26–37.
Nuraini. (2021). STRATEGI KEBIJAKAN KEPALA RUMAH SAKIT DALAM Biantara, I., & Mulyanti, D. (2023). STRATEGI MANAJEMEN INFORMASI LAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW. MANABIS (Jurnal Manajemen dan Bisnis), 2(1), 10–18. https://doi.org/10.54259/manabis
Fachrurrozi, A., Prayogo, D. A., & Mulyanti, D. (2023). Strategi Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit: Systematic Literatur Review. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Kedokteran (JURRIKE), 2(1), 123–134.
Fathinnisa, D., & P, S. E. (2020). STRATEGI HUMAS DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN SEBAGAI RUMAH SAKIT BERAKREDITASI INTERNASIONAL. Jurnal Ikon , 26(3), 276–298.
Haryoso, A. A., & Ayuningtyas, D. (2019). Strategi Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Kepulauan Seribu Tahun 2019 – 2023. Jurnal ARSI, 5(2), 115–127.
Hasibuddin, A. Z., Ahri, R. A., & Haeruddin. (2023). Strategi Peningkatan Kinerja Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Nu’mang Kab. Sidrap. Journal of Muslim Community Health (JMCH) , 4(3), 187–199. https://doi.org/10.52103/jmch.v4i3.1144
Mayasari, E., Ahri, R. A., & Rusydi, A. R. (2023). Strategi Peningkatan Kinerja Rumah Sakit Umum Daerah Labuang Baji Kota Makassar. Journal of Muslim Community Health (JMCH) , 4(1), 18–30. https://doi.org/10.52103/jmch.v4i1.1189
Nasution, J. (2018). STRATEGI PENINGKATAN MUTU PELAYANAN DI RUMAH SAKIT UMUM PADANGSIDIMPUAN. At-Tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Islam, 4(1), 68–81.
Nofriani, R., & Kurniadi, H. (2020). STRATEGI HUMAS DAN KAITANNYA DENGAN PENINGKATAN MUTU LAYANAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN ROKAN HULU. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi, 2(1), 26–37.
Nuraini. (2021). STRATEGI KEBIJAKAN KEPALA RUMAH SAKIT DALAM MENINGKATKAN PRESTASI KERJA KARYAWAN (Studi Pada Rumah Sakit Tk IV IM 07.01) Nuraini. Kajian Administrasi Negara: Riset dan Pengabdian, 01(01), 1–8. Diambil dari https://journal.stianasional.ac.id/administrasi/administrasi
Pede, S. (2022). Strategi Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) di Rumah Sakit Umum Daerah Kolonodale. Madaniya, 3(3), 838–845. Diambil dari https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/290
Suryantoko, I, A., & Faisol, A. (2020). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Guna Meningkatkan Mutu Pelayanan Di RUMKITAL Marinir Cilandak. Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 4(2), 155–168. Diambil dari http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/MARSI
Umbarsari Elisa Murti Puspitaningrum, D. (2018). STRATEGI PENINGKATAN MUTU LAYANAN RUMAH SAKIT (Studi Pada Rumah Sakit Ibu Dan Anak Annisa Jambi). XII Jilid III, (79).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dewi Agustina, Vivi Ridha Munawarah, Winda Winda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).