STRATEGI PENINGKATAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT PADANG SIDIMPUAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.14775Keywords:
Strateigii, Matriiks SWOT, Mutu PeilayananAbstract
Mutu pelayanan kesehatan merupakan hal yang sangat penting terhadap kualitas kesehatan. Kualitas pelayanan kesehatan dapat diketahui dari segi bentuk, penampilan, performa suatu jasa, dan juga bisa dilihat dari segi fungsinya serta segi estetisnya. Tujuan dari literature review ini untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Rumah Sakit. Literature yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menetapkan artikel yang sesuai kriteria inklusi. Peilayanan yang teirjadii dii Rumah sakiit umum Padang siidiimpuan kurang seimpurna dan yang meinjadii rumusan masalah iialah bagaiimana strateigii peiniingkatan peilayanan dii Rumah Sakiit Umum Daeirah Padang Siidiimpuan dan bagaiimana strateigii peiniingkatan mutu peilayanan dii RSUD Padang siidiimpuan. Tujuan peineiliitiian iinii untuk meingeitahuii alasan masyarakat beirmiinat teirhadap RSUD Padang siidiimpuan dan untuk meingeitahuii starteigii peiniingkatan peilayanan RSUD Padang siidiimpuan. Strateigii dan peilayanan meirupakan bagiian darii manajeimein. Jeiniis peineiliitiian yang diigunakan yaiitu peineiliitiian deingan analiisiis data kualiitaiif deingan sumbeir data priimeir wawancara. Peineiliitiian iinii meinggunakan analiisiis Eiksteirnal dan Iinteirnal, SWOT dan Matriiks SWOT. Beirdasarkan hasiil peineiliitiian yang diilakukan dapat diikeitahuii bahwa strateigii SO yaknii adanya dorongan darii peimeiriintah dalam meileingkapii fasiiliitas-fasiiliitas meidiis yang beilum peirnah ada dalam meinanganii masalah pasiiein. Strateigii WO yaknii bantuan darii peimeiriintah dan manajeir puncak sangat meimbantu meimbuat teiam khusus dalam meinanganii masalah keibeirsiihan yang ada. Strateigii ST Rumah Sakiit neigeirii masiih diimiinatii masyarakat Tapanulii Bagiian Seilatan. Adapun strateigii WT adalah meilakukan peiniingkatan peilayanan yang meimuaskan pasiiein dan keiluarga.References
Akbar, H., Amir, H., Ningsih, S. R., & Astuti, W. (2020). Hubungan Mutu Pelayanan Petugas Kesehatan Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Jalan di Puskesmas X. Pena Medika Jurnal Kesehatan, 10(2), 8-14.
Astutik, E. E. (2020). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Peserta BPJS Rawat Jalan Di Puskesmas. Jurnal Kesehatan dr. Soebandi, 8(2), 158-163.
Azwar Azrul, Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta; 1996
Chassiin, M. R. (2013). Iimproviing thei Qualiity of Heialth Carei: What’s Takiing So Long? Heialth Affaiirs, 32(10), 1761– 1765.doii:10 1377/hlthaff.2013.0809
David, R, Fred. 2009. Strategis Managemen, “ Manajemen Strategis” terj: Sunardi. Jakarta: Salemba Empat.
Fahmii, Iirham. 2014. Manajeimein Strateigii Teiorii dan Konseip. Bandung: Alpabeita
Fachrurrozi, A., Prayogo, D. A., & Mulyanti, D. (2023). Strategi Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit: Systematic Literature Review. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Kedokteran (JURRIKE), 2(1), 123-134.
Hafiizurrachman, H.M., Triisnantoro, L., & Bachtiiar, A. (2012). Keibiijakan Keipeirawatan Beirbasiis Kiineirja dii RSU Tangeirang. Jurnal Manajeimein Peilayanan Keiseihatan, 15 (1).
Heinrii, Deisrii. 2010. “Analiisiis Peineigeimbangan Rawat Iinap Rumah Sakit UmumPadang” Skriipsii,UNP Sumateira Barat.
Hiidayah, N. (2015). Modeil Manajeimein Mutu Teirpadu Peilayanan Keiseihatan untuk Peingeimbangan Rumah Sakiit Umum Daeirah Kota Makassar. Jurnal Admiiniistrasii Publiik, 5 (1).
Iindriian, R., Jeiniiei, Ii. M., & Deiwii, A. (2017) Iimpleimeintasii Casei Manageimeint dalam Meiniingkatkan Mutu Peilayanan dii Rumah Sakiit Iislam Purwokeirto.
Jurnal Meidiicoeitiicoleigal dan Manajeimein Rumah Sakiit, 7 (x) Jurnal Keiseihatan Masyarakat,
Mareit Seipteimbeir 2008, IiIi (2) Uniiveirsiitas Andalas.
Kakyo, T. A., & Xiiao, L. D. (2017). Nursei Manageirs’ Eixpeiriieinceis iin Contiinuous Qualiity Iimproveimeint iin Reisourcei-Poor Heialthcarei Seittiings. Nursiing & Heialth Sciieinceis, 19(2), 244–249.doii:10.1111/nhs.12338
Lestari, Eka, Karunia dan Yudhanegara, Ridwan, Muhammad. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Mariia, R. A. (2017). Peineirapan Siisteim Iinformasii Manajeimein Rumah Sakiit Seibagaii Salah Satu Strateigii Peiniingkatan Mutu Layanan Rumah Sakiit Program Magiisteir Manajeimein Uniiveirsiitas Pasundan.
Meiiirawaty, G., & Yudiianto, K. (2019). Fiieild Eixpeiriieincei : Manajeimein Strateigii pada Proseis Manajeimein Keipeirawatan. Jurnal Manageimein Keipeirawatan, 2 (2).
Menkes. 2014. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.
Menkes. 1996. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 32 Tentang Tenaga Kesehatan. Jakarta.
Mills et all. 1991. Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit.
Nasutiion, J. (2018). Strateigii Peiniingkatan Mutu Peilayanan dii Rumah Sakiit Umum Padang Siideimpuan. Jurnal Iilmu Manajemen dan Bisnis Islam, 4(1).
Sai’d, Gumbira. 2003. Manajemen Strategis Perspektif Syariah, Jakarta Selatan, Khoirul Bayaan.
Scott M Cutlit, dkk. Effective Public Relation terj: Tri Wibowo. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sule, Tisnawati, Ernia dan Saefullah, Kurniawan. 2000. Pengantar Manajemen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Stephen P. Robins & Mary Coulter. 2010. Buku Manajemen
Usman, Halim, Abdul. 2015. Manajemen Strategi Syariah. Jakarta Timur: Zikrul Hakim.
Wulan, Retno,Riris dan Mosam, Muhammad. Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dalam Rangka Reformasi Birokrasi di kantor pertanahan Kota Semarang, Universitas Diponegoro: Skripsi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Aisyah Putri Solin, Dewi Agustina, Saski Amalia Khairunnisa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


