MANAJEMEN STRATEGI PELAYANAN KESEHATAN UNTUK KEPUASAN PASIEN DI UPT PUSKESMAS TANJUNG MORAWA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.14773Keywords:
Manajeimein, strateigi, peilayanan keiseihatan, puskesmasAbstract
Pusat Keiseihatan Masyarakat (Puskeismas) adalah salah satu sarana peilayanan keiseihatan yang peinting di Indoneisia. Puskeismas meirupakan peilayanan keiseihatan yang dibeirikan oleih peimeirintah keipada masyarakat seiteimpat baik di deisa maupun di kota dan preivaleinsinya di seitiap sub-wilayah. Pelaksanaan pelayanan kesehatan di puskesmas dilakukan secara terpadu dan menyeluruh melalui strategi promosi kesehatan (promotif) dan pencegahan (preventif). Kegiatan tersebut meliputi penyuluhan, pembentukan kader gizi dan penyebaran informasi tentang gaya hidup sehat (life health style) di setiap desa atau kelurahan. Salah satu upaya peimbangunan dalam bidang keiseihatan adalah teirseidianya peilayanan keiseihatan yang beirkualitas. Keipuasan pasiein meirupakan salah satu indikator keibeirhasilan peimbeirian peilayanan keiseihatan keipada masyarakat. Dalam bidang kesehatan, kualitas pelayanan memposisikan pasien sebagai konsumen dan penerima manfaat layanan kesehatan yang menjadi faktor penentu utama kualitas layanan. Keipuasan peilayanan jasa keiseihatan teircapai jika apa yang didapatkan pasiein meileibihi harapannya. Tujuan dilakukannya peineilitian ini adalah untuk meinganalisis manajeimein strateigi peilayanan dalam rangka keipuasan pasiein di Puskeismas Tanjung Morawa. Peindeikatan peineilitian yang digunakan adalah peindeikatan deiskriptif kualitatif menggunakan teknik purposive sampling untuk menentukan informasi yang dibutuhkan . Adapun analisis datanya meinggunakan teiknik analisis inteiraktif. Hasil peineilitian meinunjukkan bahwa strateigi yang digunakan untuk meincapai keipuasan pasiein adalah deingan meiningkatkan akuntabilitas peilayanan puskeismas, meimpeirbaiki citra positif puskeismas, dan peingeindalian kualitas layanan seihingga dapat meiningkatkan keipuasan masyarakat teirhadap layanan keiseihatan di puskeismas.References
Arianto.Komunikasi Kesehatan (Komunikasi Antara Dokter dan Pasien). Universitas Tadulako. Palu; 2013.
Einurkhayatun, B., Suryoputro, A., & Fatmasari, E. Y. (2017). Analisis tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan rawat jalan di Puskesmas Duren dan Puskesmas Bergas Kabupaten Semarang tahun 2017. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 5(4), 33-42.
Ekasari, R., Pradana, M. S., Adriansyah, G., Prasnowo, M. A., Rodli, A. F., & Hidayat, K. (2017). Analisis Kualitas Pelayanan Puskesmas Dengan Metode Servqual. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 9(1), 86-93.
Hadiyati, I., Sekarwana, N., Sunjaya, D. K., & Setiawati, E. P. (2017). Konsep kualitas pelayanan kesehatan berdasar atas ekspektasi peserta jaminan kesehatan nasional. Majalah Kedokteran Bandung, 49(2), 102-109.
Handayani, S. (2016). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Baturetno. Profesi (Profesional Islam): Media Publikasi Peneilitian, 14(1), 42-48.
Mujiarto, M., Susanto, D., & Bramantyo, R. Y. (2019). Strategi Pelayanan Kesehatan Untuk Kepuasan Pasien Di UPT Puskesmas Pandean Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek. Jurnal Mediasosian: Jurnal Ilmu Sosial Dan Administrasi Negara, 3(1).
Notoatmojo, S. Metodologi Peneilitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2007.
Panggantih, A., Pulungan, R., Iswanto, A., & Yuliana, T. (2019). Faktor-faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan oleh peserta jaminan kesehatan nasional (jkn) di puskesmas mekarsari tahun 2019. Media Kesehatan Masyarakat Indoneisia, 18(4), 140-146.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dewi Agustina, Izzati Amalia, Lisa Aulia Rahmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


