PENGARUH MUTU PELAYANAN DAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN PUSKESMAS DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.14644Keywords:
Kualitas pelayanan, kepuasan pasien, puskesmasAbstract
Salah satu faktor terpenting dalam setiap pelayanan kesehatan yang ditawarkan kepada pasien oleh konsumen pelayanan kesehatan adalah kualitas pelayanan. Layanan kesehatan tersedia untuk semua orang secara setara. Hal ini harus dilakukan berdasarkan tingkat kepuasan pasien di puskesmas.dengan ini kepuasan pasien sangat penting untuk penilaian kinerja puskesmas dan dapat menentukan kualitas pelayanan yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan apakah layanan yang diberikan oleh puskesmas efektif dan bagaimana pengaruhnya terhadap kepuasan pasien di Indonesia. Teknik penelitian studi pustaka dengan rancangan sistematik review berdasarkan analisis deskriptif menghasilkan jurnal literature review dengan mencari di database Google Scholar untuk frase “Kualitas Pelayanan Kesehatan”, “Tingkat Kepuasan Pasien”, dan “Puskesmas”. Data pilihan penulis untuk penelitian ini adalah data sekunder. Temuan positif dari beberapa penelitian diperoleh untuk penyelidikan ini, dan jelas ada hubungannya dengan kebahagiaan pasien. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pasien lebih senang dengan pelayanan kesehatan yang mereka terima di Puskesmas ketika kualitas pelayanan tersebut lebih tinggi, dan kurang puas ketika kualitas pelayanan tersebut lebih rendah. Sebagai titik awal pelayanan kesehatan, pelayanan kesehatan yang berkualitas menengahi dan berkonsentrasi pada kebutuhan, harapan, dan nilai-nilai klien. Setiap orang dapat hidup produktif secara sosial dan ekonomi apabila berada dalam kondisi sehat yang meliputi sejahtera jasmani, rohani, rohani, dan/atau rohani.References
Toliaso, C. S., Mandagi, C. K., & Kolibu, F. K. (2018). Hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Bahu Kota Manado. KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi, 7(4).
Ameliah, W. R., Razak, A., & Rusydi, A. R. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Barana Kabupaten Jeneponto Tahun 2022. Journal of Muslim Community Health, 4(4), 226-237.
Rismayanti, R., Ilyas, G. B., & Kadir, I. (2018). Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Uptd Kesehatan Puskesmas Bojo Baru Kabupaten Barru. YUME: Journal of Management, 1(3).
Syarif, M. (2017). Pengaruh mutu pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien (studi kasus puskesmas Pragaan Sumenep Jawa Timur).
Syafar, M., & Rifai, M. (2022). Pengaruh Mutu Pelayanan terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Puskesmas Lapai Kabupaten Kolaka Utara. NERSMID: Jurnal Keperawatan dan Kebidanan, 5(1), 14-27.
Putri, N. R. (2022). Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Puskesmas Sungai Tutung Tahun 2022. Jurnal Kesmas Jambi, 6(2), 7-16.
Rombon, L., Podung, B., & Mamuaja, P. (2021). Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Papakelan. Epidemia: Jurnal Kesehatan Masyarakat Unima, 1-6.
Hasana, S. N., & Maidar, A. A. (2022). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Batoh Kota Banda Aceh Tahun 2022. Journal of Health and Medical Science, 93 105.
Maulana, A., Aramico, B., & Amin, F. A. (2022). Hubungan Kepuasan Pasien Dengan Mutu Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Kuta Baro Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar Tahun 2022. Journal of Health and Medical Science, 245-253.
Sari, C. K., & Putri, M. M. (2019). Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Piyungan Bantul Tahun 2018. Jurnal Delima Harapan, 6(2), 112-117.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dewi Agustina, Aulia Zahara, Silfia Septiani, Mahmuda Syahri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


