HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK BALITA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.14558Keywords:
pengetahuan, Tumbuh Kembang, BalitaAbstract
Pola asuh orang tua merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan anak balita. Anak balita yang mendapatkan pola asuh positif dari orang tuanya diprediksi dapat terhindar dari penyimpangan perkembangan. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua terhadap perkembangan anak balita wilayah kerja puskesmas Pidie. Penelitian ini menggunakan metode analitik dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh orang yang memiliki balita di Wilayah Kerja Puskesmas Pidie sebanyak 368 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 79 orang orang tua dikumpulkan secara purposive sampling. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 25 s/d 29 Juli 2022 di Wilayah Kerja Puskesmas Pidie. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Sedangkan analisa data dengan menggunakan uji Chi Square. Hasil uji univariat didapatkan bahwa katagori usia dominan pada katagori dewasa akhir sebanyak (54,4%), pendidikan dominan pada katagori menengah sebanyak (48,1%), pola asuh dominan pada katagori demokratis sebanyak (55,7%), Perkembangan dominan pada katagori sesuai sebanyak (40,5%). Hasil uji bivariat diperoleh semua variabel independen yang signifikan berhubungan dengan Perkembangan anak balita yaitu usia (P= 0,041), pendidikan (P= 0,020), pola asuh (P= 0,016). Penelitian ini diharapkan agar pihak posyandu dapat memberikan pendidikan kesehatan yang lebih terperinci kepada ibu tentang pola asuh yang baik dan bagaimana cara mencapai perkembangan anak yang optimal sesuai dengan usia anak.References
Adistie, F., Belinda, V., Lumbantobing, M., Nur, N., & Maryam, A. (2018). Pemberdayaan Kader Kesehatan Dalam Deteksi Dini Stunting dan Stimulasi Tumbuh Kembang pada Balita. Media Karya Kesehatan, 1(2), 173–184.
Desmita, (2015). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Diana, W. (2019). Hubungan pola asuh orangtua dengan perkembangan motorik halus anak usia prasekolah. (di paud harapan bunda Surabaya). J-HESTECH (Journal Of Health Educational Science And Technology), 2(1), 51. https://doi.org/10.25139/htc.v2i1.1660
Dinkes Aceh(2016). Profil Kesehatan Propinsi Aceh. NAD.
Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie. (2017). Profil Kesehatan Kabupaten Pidie Tahun 2017. Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie.
Fatimah, L. (2012). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Anak di R . A Darussalam Desa Sumber Mulyo , Jogoroto. Prosiding Seminas, 1(2).
Hasinuddin, M., & Fitriah, F. (2017). Modul Anticipatory Guidance Merubah Pola Asuh Orang Tua yang Otoriter dalam Stimulasi Perkembangan Anak. Jurnal Ners, 6(1), 50–57. https://doi.org/10.20473/jn.v6i1.3965.
Hasanah, U. (2016). Pola asuh orangtua dalam membentuk karakter anak. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 72–82. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/ elementary /article/view/pola-asuh-orangtua-dalam-membentuk-karakter-anak.
Iwo, A., Sukmandari, N. M. A., & Prihandini, C. W. (2021). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Balita di Puskesmas Tampaksiring II. Jurnal Keperawatan Terpadu (Integrated Nursing Journal), 3(1), 1. https://doi.org/10.32807/jkt.v3i1.92
Kariger, P., Frongillo, E. A., Engle, P., Britto, P. M. R., Sywulka, S. M., & Menon, P. (2012). Indicators of family care for development for use in multicountry surveys. Journal of Health, Population and Nutrition, 30(4), 472–486. https://doi.org/10.3329/jhpn.v30i4.13417
Setiawati. (2013). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perilaku Kemandirian Anak Usia Pra Sekolah ( 4-6 ) Tahun Di Tk Rhodhatul Banat Cimahi. Jurnal Kesehatan Kartika, 48–53.
Simkiss, D. E., MacCallum, F., Fan, E. E. Y., Oates, J. M., Kimani, P. K., & Stewart-Brown, S. (2013). Validation of the mothers object relations scales in 2-4 year old children and comparison with the child-parent relationship scale. Health and Quality of Life Outcomes, 11(1), 1–9. https://doi.org/10.1186/1477-7525-11-49.
Siti Dewi Rahmayanti, & Pujiastuti, S. (2016). Hubungan Pola Asuh Dengan Perkembangan Anak Usia Prasekolah Di TK Kartika X-9 Cimahi. Anzdoc, 15(2), 1–23. https://adoc.pub/hubungan-pola-asuh-dengan-perkembangan-anak-usia-prasekolah-.html
Soetjiningsih. (2012). Perkembangan Anak dan Permasalahannya dalam Buku Ajar I Ilmu Perkembangan Anak Dan Remaja. Jakarta :Sagungseto.
Supartini, Y (2012). Buku Ajaran Konsep Dasar Keperawatan Anak. Jakarta: EGC.
World Health Organitation. (2016). Spending Quality Time with Our Children_ How to be an effective working parent. http://www.his.edu.my/education-and-parenting-ideas/324-spending-quality-time-with-our-children-how-to-be-an-effective-working-parent.html.
Yuniarti, S., & Andriyani, M. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Anak Prasekolah Di R . A Almardiyah Rajamandala Bulan Juli 2016. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Jenderal Achmad Yani (SNIJA), 103–111.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 badrul zaman miniharianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).