HUBUNGAN MEDIA SOSIAL DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA ANGKATAN 2020

Authors

  • Eska Adhiyaksa Sugiyanto Program Studi Sarjana Kedokteran, Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta
  • Rebekah Malik Bagian Patologi Klinik, Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.14528

Keywords:

sosial media, prestasi belajar, IPK

Abstract

Mahasiswa merupakan salah satu pengguna sosial media. Prestasi belajar merupakan hal yang sangat penting bagi mahasiswa karena dapat menjadi dasar untuk mendapatkan karir yang bagus di masa depan. Penelitian-penelitian mengenai hubungan media sosial dengan prestasi belajar mahasiswa masih memiliki hasil yang berbeda-beda, ada penelitian yang menyatakan media sosial memiliki pengaruh positif, negatif, maupun tidak berpengaruh sama sekali. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan antara media sosial dengan prestasi belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara agar mahasiswa dapat mengantisipasi faktor yang berpengaruh terhadap prestasi belajarnya. Penelitian ini menggunakan desain analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Subyek penelitian sebanyak 144 orang dengan metode consecutive sampling. Data yang dikumpulkan berupa durasi sosial media dan IPK menggunakan kuesioner yang disebarkan secara daring. Data dianalisis dengan menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan 101 orang (70,1%) mahasiswa menggunakan sosial media dengan durasi lebih dari 4 jam per hari sedangkan 43 orang (29,9%) dengan durasi kurang dari 4 jam per hari. Mahasiswa FK Untar angkatan 2020 paling banyak memiliki IPK ?2,75 yaitu sebanyak 120 orang (83,3%), sedangkan yang memiliki IPK <2,75 sebanyak 24 orang (16,7%). Tidak terdapat hubungan antara durasi sosial media dengan IPK Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara angkatan 2020 (p=0,569). Hal ini menunjukkan durasi sosial media tidak berpengaruh terhadap IPK.

References

AL-Ibrahimy, I. A., Abutiheen, A. A., & AL-Ali, B. A. (2020). The Impact of Social Media on Undergraduate Medical Students in the University of Kerbala, Iraq. Indian Journal of Public Health Research & Development, 11(2), 2583. https://doi.org/10.37506/v11/i2/2020/ijphrd/195219

Bhandarkar, A. M., Pandey, A. K., Nayak, R., Pujary, K., & Kumar, A. (2021). Impact of social media on the academic performance of undergraduate medical students. Medical journal, Armed Forces India, 77(Suppl 1), S37–S41. https://doi.org/10.1016/j.mjafi.2020.10.021

Dean. (2021). Social Network Usage & Growth Statistics: How Many People Use Social Media in 2021?

Diniari. (2020). Durasi Penggunaan Media Sosial dan Kecemasan Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Bali. E Jurnal Medika Udayana.

Duwal, B., & Khonju, L. (2021). Factors Affecting Students’ Academic Performance: The Case of Students at Community Colleges in Bhaktapur District. International Research Journal of Management Science, 5(1), 23–38. https://doi.org/10.3126/irjms.v5i1.35859

Gloria, S. A., & Akbar, S. (2019). the Impact of Social Media Usage To Academic Performance. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: The Indonesian Journal of Medical Education, 8(2), 68. https://doi.org/10.22146/jpki.45497

Handikasari, R. H., Jusuf, I., & Johan, A. (n.d.). Hubungan Intensitas Penggunaan Media Sosial dengan Gejala Depresi Mahasiswa Kedokteran. JURNAL KEDOKTERAN DIPONEGORO (DIPONEGORO MEDICAL JOURNAL); Vol 7, No 2 (2018): JURNAL KEDOKTERAN DIPONEGORODO - 10.14710/dmj.v7i2.20790.

Ii, B. A. B., Pustaka, A. K., Pemerintahan, K., Setiadi, A., Communcation, E., Silalahi, U., & Ardiyanti, H. (2020). Pemanfaatan Medsos Untuk Efektifitas Komunikasi. Info Singkat Bidang Politik Dalam Negeri Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, 12(15), 25–30.

J, M., & A, B. (2018). The Effects of Social Media on the Undergraduate Students’ Academic Performances. Library Philosophy and Practice.

Johnson. (2021). Worldwide digital population as of January 2021.

Nurjanah, L. (2020). DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI MAHASISWA DI KOTA BATAM. Procuratio?: Jurnal Ilmiah Manajemen; Vol 8 No 3 (2020): Procuratio?: Jurnal Ilmiah Manajemen. https://doi.org/10.35145/procuratio.v8i3.696

Olufemi, O. T., Adediran, A. A., & Oyediran, W. O. (2018). Factors affecting students’ academic performance in colleges of education in Southwest, Nigeria. British Journal of Education, 6(10), 43–56.

Prawiroharjo, P., & Libritany, N. (2017). Tinjauan Etika Penggunaan Media Sosial oleh Dokter. Jurnal Etika Kedokteran Indonesia, 1(1), 31. https://doi.org/10.26880/jeki.v1i1.7

Rahmawati, E., Saputra, O., Saftarina, F., Kedokteran, F., Lampung, U., Kedokteran, B. P., Kedokteran, F., Lampung, U., Ilmu, B., Komunitas, K., Kedokteran, F., & Lampung, U. (2018). Hubungan Gaya Belajar terhadap Indeks Prestasi Kumulatif ( IPK ) Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung Association of Learning Styles with Grade Point Average ( GPA ) Medical Students of Lampung University. Medula, 8(1), 7–11.

Sakdiah. (2018). Hubungan Gaya Belajar Dengan Indeks Prestasi Kumulatif Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala Yang Menderita Dispepsia Fungsional. Jurnal Kedokteran Syah Kuala. https://doi.org/10.1136/bmj.c846

Steinmayr, R., Weidinger, A. F., Schwinger, M., & Spinath, B. (2019). The importance of students’ motivation for their academic achievement-replicating and extending previous findings. Frontiers in Psychology, 10(JULY). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.01730

UGM. (2019). Syarat Pendaftaran Program Pendidikan Dokter Spesialis.

Wolff. (2020). Indonesia: social network penetration Q3 2020.

Downloads

Published

2023-06-02

How to Cite

Adhiyaksa Sugiyanto, E., & Malik, R. . (2023). HUBUNGAN MEDIA SOSIAL DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA ANGKATAN 2020. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(2), 756–792. https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.14528

Issue

Section

Articles