PENGARUH PENDIDIKAN SEKSUALITAS TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU TENTANG SEKSUALITAS PADA SISWA/I SMP NEGERI 245 JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.14523Keywords:
Pendidikan Seksualitas, Pengetahuan, Sikap, PerilakuAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan seksualitas terhadap pengetahuan, sikap, dan perilaku tentang seksualitas pada siswa/i SMP Negeri 245 Jakarta. Penelitian observasional dengan desain analitik cross-sectional ini dengan menggunakan rumus analitik katagorik tidak berpasangan dan didapatkan 158 orang subjek penelitian dengan cara simple random sampling. Data dikumpulkan berupa identitas responden dan penilaian pendidikan seksualitas serta pengetahuan, sikap, dan perilaku tentang seksualitas yang dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan disebarkan melalui daring. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistik Chi-Square. Hasil penelitian dari 158 sampel didapatkan sebanyak 51,9% siswa/i mendapatkan pendidikan seksualitas dan yang tidak mendapatkan pendidikan seksualitas sebanyak 48,1%. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan tidak terdapat pengaruh pendidikan seksualitas terhadap pengetahuan (p value = 0,23), sikap (p value = 0,351; PR = 0,809), dan perilaku (p value = 1; PR = 1,03). Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada pengaruh pendidikan seksualitas terhadap pengetahuan, sikap, dan perilaku tentang seksualitas pada siswa-siswi SMP Negeri 245 Jakarta. Meskipun tidak mendapatkan pendidikan seksualitas dari orang tua dan sekolah, tetapi ada era digital, informasi bisa didapatkan dengan lebih mudah. Diharapkan peneliti selanjutnya dapat meneliti pengaruh pendidikan seksualitas sejak dini terhadap responden yang lebih beragam.References
Anggito, A., & Setiawan, J. (2016). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak: Jejak Publisher, 7.
Breuner, C. C., & Mattson, G. (2016). Sexuality Education for Children and Adolescents. Pediatrics, 138(2). https://doi.org/10.1542/peds.2016-1348
Cense, M., de Grauw, S., & Vermeulen, M. (2020). ‘Sex Is Not Just about Ovaries.’ Youth Participatory Research on Sexuality Education in The Netherlands. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(22). https://doi.org/10.3390/ijerph17228587
Haberland, N., & Rogow, D. (2015). Sexuality education: Emerging trends in evidence and practice. In Journal of Adolescent Health (Vol. 56, Nomor 1). https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2014.08.013
Herat, J., Plesons, M., Castle, C., Babb, J., & Chandra-Mouli, V. (2018). The revised international technical guidance on sexuality education - A powerful tool at an important crossroads for sexuality education. In Reproductive Health (Vol. 15, Nomor 1). https://doi.org/10.1186/s12978-018-0629-x
Irmayanti, N., & Zuroida, A. (2019). Pengembangan Model Pengetahuan Perilaku Seks Melalui Seks Education Untuk Siswa Sma. Journal of Urban Sociology, 2(1), 76. https://doi.org/10.30742/jus.v2i1.612
Kartika, C. S. D., Kadir, A., Yudhiarti, N. P., Istiqamah, S. N., Shafira, F., & Purwandari, E. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Seksualitas Anak. Publikasi Pendidikan, 9(2). https://doi.org/10.26858/publikan.v9i2.8726
Maisya, I. B., & Masitoh, S. (2020). Derajat Keterpaparan Konten Pornografi Pada Siswa Smp Dan Sma Di Dki Jakarta Dan Banten Indonesia. Jurnal Kesehatan Reproduksi, 10(2), 117–126. https://doi.org/10.22435/kespro.v10i2.2463
Michielsen, K., & Brockschmidt, L. (2021). Barriers to sexuality education for children and young people with disabilities in the WHO European region: a scoping review. Sex Education, 21(6). https://doi.org/10.1080/14681811.2020.1851181
Miedema, E., Le Mat, M. L. J., & Hague, F. (2020). But is it Comprehensive? Unpacking the ‘comprehensive’ in comprehensive sexuality education. Health Education Journal, 79(7). https://doi.org/10.1177/0017896920915960
Mukhtar, M., Setiawati, H. E., & HD, H. N. (2016). Hubungan Pendidikan Seks yang Diberikan oleh Orang Tua Dan Atau Guru dengan Aktivitas Seks Yang Dilakukan Remaja di SMPN 22 Kota Banjarmasin. Jurnal Kesehatan, 7(2), 238. https://doi.org/10.26630/jk.v7i2.194
Rihardini, T. (2016). Studi Tentang Pendidikan Seks dan Perilaku Seksual Pada Remaja di SMPN 2 Krembung. EMBRIO, 7, 31–40. https://doi.org/10.36456/embrio.vol7.no.a172
Russell, S. T., Mallory, A. B., Bishop, M. D., & Dorri, A. A. (2020). Innovation and Integration of Sexuality in Family Life Education. Family Relations, 69(3), 595–613. https://doi.org/10.1111/fare.12462
Samadaee Gelehkolaee, K., Maasoumi, R., Azin, S. A., Nedjat, S., Parto, M., & Zamani Hajiabadi, I. (2021). Stakeholders’ perspectives of comprehensive sexuality education in Iranian male adolescences. Reproductive Health, 18(1). https://doi.org/10.1186/s12978-021-01084-0
Sarjono Prawirohardjo. (2010). Acuan Nasional Pelayanan.
Sexuality education – what is it? (2016). Sex Education, 16(4), 427–431. https://doi.org/10.1080/14681811.2015.1100599
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (1 ed.). Penerbit Alfabeta.
Sugiyono, & Susanto, A. (2015). Cara Mudah Belajar SPSS & Lisrel. Alfabeta.
Syam, B., & Dewiyani, E. (2017). Pengaruh Pengetahuan dan Sikap terhadap Pendidikan Seks Siswa Madrasah Aliyah Swasta Calang Kabupaten Aceh Jaya. Serambi Saintia: Jurnal Sains dan …, V(2), 35–41.
Theresia, F., Tjhay, F., Surilena, S., & Widjaja, N. T. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku seksual siswa sekolah menengah pertama di jakarta barat. Jurnal Kesehatan Reproduksi, 11(2), 101–113. https://doi.org/10.22435/kespro.v11i2.3142.101-113
Zulu, J. M., Blystad, A., Haaland, M. E. S., Michelo, C., Haukanes, H., & Moland, K. M. (2019). Why teach sexuality education in school? Teacher discretion in implementing comprehensive sexuality education in rural Zambia. International Journal for Equity in Health, 18(1). https://doi.org/10.1186/s12939-019-1023-1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Alfaniah Aufa Shidqi Al Widad, Zita Atzmardina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).