PENGARUH PENDIDIKAN SEKSUALITAS TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU TENTANG SEKSUALITAS PADA SISWA/I SMP NEGERI 245 JAKARTA

Authors

  • Alfaniah Aufa Shidqi Al Widad Program Studi Sarjana Kedokteran, Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta
  • Zita Atzmardina Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.14523

Keywords:

Pendidikan Seksualitas, Pengetahuan, Sikap, Perilaku

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan seksualitas terhadap pengetahuan, sikap, dan perilaku tentang seksualitas pada siswa/i SMP Negeri 245 Jakarta. Penelitian observasional dengan desain analitik cross-sectional ini dengan menggunakan rumus analitik katagorik tidak berpasangan dan didapatkan 158 orang subjek penelitian dengan cara simple random sampling. Data dikumpulkan berupa identitas responden dan penilaian pendidikan seksualitas serta pengetahuan, sikap, dan perilaku tentang seksualitas yang dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan disebarkan melalui daring. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistik Chi-Square. Hasil penelitian dari 158 sampel didapatkan sebanyak 51,9% siswa/i mendapatkan pendidikan seksualitas dan yang tidak mendapatkan pendidikan seksualitas sebanyak 48,1%. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan tidak terdapat pengaruh pendidikan seksualitas terhadap pengetahuan (p value = 0,23), sikap (p value = 0,351; PR = 0,809), dan perilaku (p value = 1; PR = 1,03). Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada pengaruh pendidikan seksualitas terhadap pengetahuan, sikap, dan perilaku tentang seksualitas pada siswa-siswi SMP Negeri 245 Jakarta. Meskipun tidak mendapatkan pendidikan seksualitas dari orang tua dan sekolah, tetapi ada era digital, informasi bisa didapatkan dengan lebih mudah. Diharapkan peneliti selanjutnya dapat meneliti pengaruh pendidikan seksualitas sejak dini terhadap responden yang lebih beragam.

Author Biography

Zita Atzmardina, Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta

Fakultas Kedokteran, Universitas Tarumanagara

References

Anggito, A., & Setiawan, J. (2016). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak: Jejak Publisher, 7.

Breuner, C. C., & Mattson, G. (2016). Sexuality Education for Children and Adolescents. Pediatrics, 138(2). https://doi.org/10.1542/peds.2016-1348

Cense, M., de Grauw, S., & Vermeulen, M. (2020). ‘Sex Is Not Just about Ovaries.’ Youth Participatory Research on Sexuality Education in The Netherlands. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(22). https://doi.org/10.3390/ijerph17228587

Haberland, N., & Rogow, D. (2015). Sexuality education: Emerging trends in evidence and practice. In Journal of Adolescent Health (Vol. 56, Nomor 1). https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2014.08.013

Herat, J., Plesons, M., Castle, C., Babb, J., & Chandra-Mouli, V. (2018). The revised international technical guidance on sexuality education - A powerful tool at an important crossroads for sexuality education. In Reproductive Health (Vol. 15, Nomor 1). https://doi.org/10.1186/s12978-018-0629-x

Irmayanti, N., & Zuroida, A. (2019). Pengembangan Model Pengetahuan Perilaku Seks Melalui Seks Education Untuk Siswa Sma. Journal of Urban Sociology, 2(1), 76. https://doi.org/10.30742/jus.v2i1.612

Kartika, C. S. D., Kadir, A., Yudhiarti, N. P., Istiqamah, S. N., Shafira, F., & Purwandari, E. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Seksualitas Anak. Publikasi Pendidikan, 9(2). https://doi.org/10.26858/publikan.v9i2.8726

Maisya, I. B., & Masitoh, S. (2020). Derajat Keterpaparan Konten Pornografi Pada Siswa Smp Dan Sma Di Dki Jakarta Dan Banten Indonesia. Jurnal Kesehatan Reproduksi, 10(2), 117–126. https://doi.org/10.22435/kespro.v10i2.2463

Michielsen, K., & Brockschmidt, L. (2021). Barriers to sexuality education for children and young people with disabilities in the WHO European region: a scoping review. Sex Education, 21(6). https://doi.org/10.1080/14681811.2020.1851181

Miedema, E., Le Mat, M. L. J., & Hague, F. (2020). But is it Comprehensive? Unpacking the ‘comprehensive’ in comprehensive sexuality education. Health Education Journal, 79(7). https://doi.org/10.1177/0017896920915960

Mukhtar, M., Setiawati, H. E., & HD, H. N. (2016). Hubungan Pendidikan Seks yang Diberikan oleh Orang Tua Dan Atau Guru dengan Aktivitas Seks Yang Dilakukan Remaja di SMPN 22 Kota Banjarmasin. Jurnal Kesehatan, 7(2), 238. https://doi.org/10.26630/jk.v7i2.194

Rihardini, T. (2016). Studi Tentang Pendidikan Seks dan Perilaku Seksual Pada Remaja di SMPN 2 Krembung. EMBRIO, 7, 31–40. https://doi.org/10.36456/embrio.vol7.no.a172

Russell, S. T., Mallory, A. B., Bishop, M. D., & Dorri, A. A. (2020). Innovation and Integration of Sexuality in Family Life Education. Family Relations, 69(3), 595–613. https://doi.org/10.1111/fare.12462

Samadaee Gelehkolaee, K., Maasoumi, R., Azin, S. A., Nedjat, S., Parto, M., & Zamani Hajiabadi, I. (2021). Stakeholders’ perspectives of comprehensive sexuality education in Iranian male adolescences. Reproductive Health, 18(1). https://doi.org/10.1186/s12978-021-01084-0

Sarjono Prawirohardjo. (2010). Acuan Nasional Pelayanan.

Sexuality education – what is it? (2016). Sex Education, 16(4), 427–431. https://doi.org/10.1080/14681811.2015.1100599

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (1 ed.). Penerbit Alfabeta.

Sugiyono, & Susanto, A. (2015). Cara Mudah Belajar SPSS & Lisrel. Alfabeta.

Syam, B., & Dewiyani, E. (2017). Pengaruh Pengetahuan dan Sikap terhadap Pendidikan Seks Siswa Madrasah Aliyah Swasta Calang Kabupaten Aceh Jaya. Serambi Saintia: Jurnal Sains dan …, V(2), 35–41.

Theresia, F., Tjhay, F., Surilena, S., & Widjaja, N. T. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku seksual siswa sekolah menengah pertama di jakarta barat. Jurnal Kesehatan Reproduksi, 11(2), 101–113. https://doi.org/10.22435/kespro.v11i2.3142.101-113

Zulu, J. M., Blystad, A., Haaland, M. E. S., Michelo, C., Haukanes, H., & Moland, K. M. (2019). Why teach sexuality education in school? Teacher discretion in implementing comprehensive sexuality education in rural Zambia. International Journal for Equity in Health, 18(1). https://doi.org/10.1186/s12939-019-1023-1

Downloads

Published

2023-06-02

How to Cite

Aufa Shidqi Al Widad, A., & Atzmardina, Z. . (2023). PENGARUH PENDIDIKAN SEKSUALITAS TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU TENTANG SEKSUALITAS PADA SISWA/I SMP NEGERI 245 JAKARTA. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(2), 835–840. https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.14523

Issue

Section

Articles