DAMPAK PERNIKAHAN DINI TERHADAP POLA ASUH ANAK DALAM KELUARGA

Authors

  • Asrida A Program Studi Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Cokroaminoto Makassar
  • Hartati S Program Studi Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Cokroaminoto Makassar
  • Mugni Wahdaniyah S Program Studi Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Cokroaminoto Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i1.14491

Keywords:

Dampak, Pernikahan Dini, Pola Asuh Anak

Abstract

Pernikahan dini adalah pernikahan yang dilakukan oleh pasangan muda – mudi di bawah umur 20 tahun, yaitu pada perempuan <18 tahun dan pada laki-laki <20 tahun. Pernikahan dini adalah fenomena yang marak terjadi di Indonesia. Salah satu permasalahan yang timbul akibat pernikahan dini berdampak pada pola asuh anak yang dilahirkan. Ketika seorang yang secara psikologis belum di kategorikan ideal untuk melangsungkan pernikahan, namun tetap melangsungkan pernikahan dengan berbagai alasan, maka tidak sedikit akan berpengaruh pada perkembangan anak kelak. Pola asuh anak yang dilahirkan dari pernikahan dini tak jarang di temukan memberikan asuhan sesuai dengan kebutuhan anak. Kebanyakan orang tua bersifat otoriter kepada anaknya yang mementingkan ego masing - masing tanpa memikirkan nasib anaknya. Metode Penelitian yang di gunakan yaitu pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan sepasang suami istri yang memiliki anak. Dimana peneliti melakukan wawancara langsung kepada pasangan dan masyarakat sekitarnya. Lokasi dalam penelitian ini adalah di Desa Benteng, Kecamatan Baranti, Kabupaten Sidenreng Rappang, Tehnik Pengumpulan data menggunakan Obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisa data yaitu menggunakan teori Lobby yaitu analisis anatropologis, analisis sosiologi, analisis psikologis, analisis fisik dan analisis spiritual. Hasil penelitian yaitu penulis memperoleh kesimpulan bahwa pola asuh anak dari pernikahan dini yaitu pola asuh otoriter dan pola asuh premisitif adapun kendala yang dialami oleh orang tua dalam mengasuh anak di karenakan  pendidikan yang rendah  dari pasangan tersebut.

References

Cahyono, h., & Dewi, E. (2019). Dampak Pernikahan Dini Terhadap Kehormatan Keluarga Dan Pola Asuh Anak. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(20).

Deputi. (2008). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta

Febriani, F., Asiyah, A., & Syarifin, A. (2020). Pengaruh Pernikahan Dini Terhadap Pola Asuh Anak Dalam Keluarga. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 4(1),18-26.

Gusnarib, G., & Rasnawati, R. (2020). Dampak Pernikahan Usia Dini Terhadap Pola Asuh dan Karakter Anak. Palita: Journal of Social Religion Research, 5(2), 91–112.

Indanah, I., Faridah, U., Sa’adah, M., Sa’diyah, S. H., Aini, S. M., & Apriliya, R. (2020). Faktor Yang Berhubungan Dengan Pernikahan Dini. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 11(2), 280. https://doi.org/10.26751/jikk.v11i2.796

Lubis, Z. H., & Nurwati, R. N. (2020). Pengaruh Pernikahan Usia Dini Terhadap Pola Asuh Orang Tua. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–13.

Mukhoirotin, M., & Sari, T. E. R. (2016). Hubungan Usia Pernikahan Dengan Pola Asuh Anak Di Desa Tenggiring Sambeng Lamongan. Palita: Jo, 5(2), 91–112.

Nurwati, R. N. (2020). Pengaruh Pernikahan Usia Dini Terhadap Pola Asuh Orang Tua. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 68–79.

Puspitasari, F. (2006). Perkawinan Usia Muda: Faktor-faktor Pendorong danDampaknya terhadap Pola Asuh Keluarga (Studi Kasus di desa Mandalagiri kecamatan Leuwisari kabupaten Tasikmalaya). Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan. Tesis, Universitas Negeri Semarang.

Rahayu, S. (2017). Makna Pernikahan Dini; Studi Fenomenologi Masyarakat Bonto Loe Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng. Skripsi, UIN Alauidin Makassar.

Saifuddin.A. B. (2010). Buku Panduan Praktis pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal.

Sarwono. (2007). Psikologi Remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Zubaedah, P. A., Hafizi, R., Indonesia, G. P., Hukum, F., Cirebon, U. M., Dini, P., & Belakang, L. (2022). ANALISIS DAMPAK PERNIKAHAN DINI TERHADAP POLA ASUH ANAK ( ANALYSIS OF THE IMPACT OF EARLY MARRIAGE ON Parenting. 11, 2019–2022.

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

A, A. ., S, H. ., & Wahdaniyah S, M. . (2023). DAMPAK PERNIKAHAN DINI TERHADAP POLA ASUH ANAK DALAM KELUARGA. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(1), 257–261. https://doi.org/10.31004/jkt.v4i1.14491

Issue

Section

Articles