EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN MEDIA BUKLET DAN CATATAN HARIAN MAKAN TERHADAP POLA MAKAN ANAK
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.14473Keywords:
pola makan anak, edukasi kesehatan, catatan harian makan, children's eating pattern, health education, food journalingAbstract
Pemenuhan dan pengaturan makan anak yang buruk oleh orang tua cenderung mengakibatkan pola makan yang buruk pada anak yang bisa terjadi di masa mendatang. Oleh karena itu, perlu tindakan atau intervensi tertentu untuk memperbaiki pola makan anak, mencegah terjadinya malnutrisi, stunting atau gangguan tumbuh kembang anak di masa mendatang. Salah satu tindakan yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan edukasi kesehatan tentang gizi anak dan pencatatan pola makan anak untuk perbaikan pola makan anak. Tujuan penelitian ini mengetahui efektivitas pendidikan kesehatan menggunakan media buklet dan catatan harian makan terhadap perubahan pola makan anak. Desain penelitian berupa rancangan pra-eksperimen pretest – posttest single group dengan metode sampling purposive. Instrumen penelitian berupa kuisioner, lembar rekap, buklet edukasi dan buklet pencatatan harian makan. Analisis data yang digunakan berupa analisis univariat dan bivariat (Wilcoxon Signed Rank). Hasil penelitian meliputi karakteristik responden pada penelitian ini diantaranya usia responden terbanyak yaitu 31-34 tahun dan 35-38 tahun masing-masing sebanyak 26,3%, serta tingkat pendidikan terbanyak dari responden adalah tingkat pendidikan SMP/SLTP sebanyak 68,4%. Hasil analisis data bivariat perbedaan mean pola makan anak sebelum dan setelah intervensi menunjukkan data p value 0,317 atau p value > 0,05. Kesimpulannya pendidikan kesehatan menggunakan buklet dan catatan harian makan tidak efektif terhadap perubahan pola makan anak. Perlu dilakukan penelitian lanjutan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pola makan anak dan penelitian tentang cara-cara untuk memperbaiki pola makan anak seperti terapi komplementer untuk meningkatkan nafsu makan anak.References
Agustini, A. (2014). Promosi Kesehatan. Deepublish Publisher.
Al-Faruq, M. S. S., & Sukatin. (2021). Psikologi Perkembangan . Deepublish Publisher.
Arisandi, R. (2019). Faktor yang Mempengaruhi Kejadian Picky Eating Pada Anak. JIKSH, 10(2), 238–241. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.158
Hapsari, W. (2018). Hubungan pendapatan keluarga, pengetahuan ibu tentang gizi, tinggi badan orang tua, dan tingkat pendidikan ayah dengan kejadian stunting pada anak umur 12-59 bulan. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1–20.
Kementrian Bappenas. (2018). Strategi Nasional Percepatan Pencegahan Anak Kerdil (Stunting).
Lukoff, K., Li, T., Zhuang, Y., & Lim, B. Y. (2018). TableChat?: Mobile Food Journaling to Facilitate Family Support for Healthy Eating. Proceedings of the ACM on Human-Computer Interaction, 2(CSCW Article 114), 1–28. https://doi.org/10.1145/3274383
Luo, Y., Kim, Y. H., Lee, B., Hassan, N., & Choe, E. K. (2021). FoodScrap: Promoting Rich Data Capture and Reflective Food Journaling through Speech Input. DIS 2021 - Proceedings of the 2021 ACM Designing Interactive Systems Conference: Nowhere and Everywhere, 606–618. https://doi.org/10.1145/3461778.3462074
Menteri Kesehatan Republik Indonesia, I. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.41 Tahun 2014 Tentang Pedoman Gizi Seimbang (p. 97). Menteri Kesehatan Republik Indonesia.
Pratiwi, Y. F., & Puspitasari, D. I. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Booklet terhadap Pengetahuan Gizi Seimbang pada Ibu Balita Gizi Kurang di Kelurahan Semanggi Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta. Jurnal Kesehatan, 10(1), 58. https://doi.org/10.23917/jurkes.v10i1.5493
Simbolon, D. (2019). PENCEGAHAN STUNTING MELALUI INTERVENSI GIZI SPESIFIK PADA IBU MENYUSUI ANAK USIA 0-24 BULAN. MEDIA SAHABAT CENDEKIA. https://books.google.co.id/books?id=KdjFDwAAQBAJ
Ummah, F., Surianti, S., Badu, F. D., Firsty, L., Fuady, I., Kadarsah, A., Ayu, N. R. I., Sekarputri, A. D., Wartana, I. K., & Gustini, G. (2021). Pendidikan kesehatan dan promosi kesehatan. Penerbit Media Sains Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Andin Sefrina, Norif Didik Nur Imanah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).