PENGARUH PELATIHAN TERHADAP KETERAMPILAN TERAPI GENGGAM JARI PADA DENGAN RIWAYAT NYERI HAID

Authors

  • Eva Ramayanti Program Studi Pendidikan Ners, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Kadiri1
  • Idola Perdana Program Studi Pendidikan Ners, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Kadiri
  • Ryan Efendi Program Studi Pendidikan Ners, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.14438

Keywords:

Keterampilan, nyeri haid, pelatihan, relaksasi genggam jari

Abstract

Nyeri haid merupakan keluhan yang muncul saat seorang perempuan berada pada masa menstruasi. Nyeri ini menyebabkan  kram yang  terpusat di abdomen bawah. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengurangi rasa nyeri menggunakan teknik relaksasi genggam jari. Tingginya kejadian nyeri haid dilingkungan Poltekkes Kemenkes Palu Prodi Tolitoli dan hampir seluruh dari mahasiswi ini belum mengetahui penanganan nyeri haid secara komplementer. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh pelatihan terhadap teknik relaksasi genggam jari pada mahasiswi dengan riwayat nyeri haid di Poltekkes Kemenkes Palu Prodi Tolitoli Tahun 2023. Penelitian ini merupakan Pre Eksperimaen One Group pre-post Test Design dengan Non Probability Sampling. Dalam penelitian ini jumlah sampelnya 17 orang dengan teknik total sampling. Uji validitas dan reabilitas yang digunakan dalam penelitian adalah uji conten dan contrut. Hasil penelitian kemudian di uji komparasi dengan Wilcoxon. Dari hasil penelitian sesudah melakukan pelatihan teknik relaksasi genggam jari dapat disimpulkan bahwa di dapatkan p-value 0,00 (? 0,05) sehingga ada pengaruh pelatihan terhadap keterampilan teknik relaksai genggam jari pada mahasiswi dengan riwayat nyeri haid di Poltekkes Kemenkes Palu Prodi Tolitoli Tahun 2023. Saran bagi responden diharapkan dapat memahami dan mengaplikasikan keterampilan teknik relaksasi genggam jari yang telah dilatih secara berkelanjutan agar dapat digunakan sebagai salah satu terapi komplementer yang relatif aman bila diterapkan dalam jangka waktu yang lama, mudah dan murah diaplikasikan serta dengan pelatihan minimal bisa diterapkan dengan baik untuk mengurangi nyeri khususnya nyeri haid.

References

Afroh F, Judha M, & Sudarti. (2012). Teori Pengukuran Nyeri & Nyeri Persalinan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Andarmoyo, S. (2013). Konsep dan Proses Keperawatan Nyeri. Yogyakarta: Ar- Ruzz.

Anurogo & Wulandari. (2011). Cara Jitu Mengatasi Nyeri Haid. Yogyakarta: ANDI.

Arikunto, S (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

BKKBN. (2010). Pendewasaan Usia Perkawinan dan Hak - Hak Reproduksi bagi Remaja Indonesia. Jakarta: Direktorat Remaja.

Burn, N., & Grove, S. K. (2005). The pratice of nursing research: Conduct, critique, Missouri: Elsevier Saundersa.

Cunningham, F.G., Gant, N., Leveno, K. J., Haunt, L. C., & Wenstrom, K. D. (2013). William obstetrics (Alih bahasa: A. Hartono, J. Suyono, & Brahm U. Pendit ). Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Ernawati, Hartiti, T., & Hadi, T. (2010). Terapi relaksasi terhadap nyeri dismenore pada mahasiswi Universitas Muhammadiyah Semarang. Jurnal Prosiding Seminar Nasional. UNIMUS.

Fransiska, A. N. (2010). Buku Ajar Keperawatan Maternitas. Surakarta: EGC.

Hill, R. Y. (2011). Nursing from the inside-out: Living and nursing from the highest point of your consciousness. London: Jones and Barlett Publishers.

IASP. (2018. International Association for Study of Pain. Pengaruh Pendidikan Kesehatan, FANI PUASARI. Jurnal Fakultas Ilmu Kesehatan UMP, 2016, (2008), 9–35.

IASP. (2018). International Association for Study of Pain. Jurnal Retrieved from http://www.iasp-pain.org/terminology?navItemNumber=576#Pain

Ilmiah, A., & Adi, G. W. (2017). Pengaruh Teknik Relaksasi Genggam Jari Terhadap Intensitas Nyeri Pada Pasien Post Operasi Hernia Dengan

Spinalanastesi.

Juditha, I. (2009). Tips Praktis Bagi Wanita Hamil. Jakarta: Forum Kita.

Kusmiran Eny. (2011). Kesehatan Reproduksi Remaja dan Wanita. Jakarta: Salemba Medika.

Liana, E. (2008). Teknik Relaksasi :Genggam Jari untuk Keseimbangan Emosi. Jurnal Retrieved from https://ideguru.wordpress.com/2010/06/08/teknik-relaksasi-genggam-jari-untuk-keseimbangan-emosi/

Manuaba, IBG. (2010). Ilmu Kebidanan Penyakit Kandungan Dan Keluarga Berencana. Jakarta: EGC

Morgan, G., & Hamilton, C. (2009). Obstetri & Ginekologi Panduan Praktik. Jakarta: EGC.

Nugroho Taufan,Utama Indra Bobby. (2014). Masalah Kesehatan Reproduksi Wanita.Yogyakarta: Nuha Medika.

Nursalam (2003). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pedoman Skripsi, Tesis dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta

Pinandita, I., Purwanti, E., & Utoyo, B. (2012). Pengaruh teknik relaksasi genggam jari terhadap penurunan intensitas nyeri pada pasien post operasi laparatomi. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan. Vol 8. No1.

Puwahang. (2011). Pijat Tangan untuk Refleksi. Jurnal Retrieved from https://poltekkes-sorong.e-journal.id/nursingarts/article/download/100/54

Potter dan Perry, (2006), Fundamental Keperawatan :Konsep, Proses dan Pratik. (Edisi 4, Volume 2). Jakarta : EGC.

Potter, & Perry, A. G. (2008). Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep,. Proses, dan Praktik. (Edisi 4, Volume 2). Jakarta: EGC.

Potter, P.A., & Perry, A.G. (2009). Fundamental of nursing fundamental keperawatan (Adrina Ferderika, Penerjemah). Vol 1. Jakarta: Salemba Medika.

Proverawati, A., & Misaroh, S. (2009). Menarche: Menstruasi pertama penuh makna. Yogyakarta: Nuha Medika.

Smeltzer, S. C., & Bare, B. G. (2002). Buku ajar keperawatan medikal-bedah Brunner & Suddarth. Jakarta: EGC.

Tamsuri, Anas. (2007). Konsep dan Penatalaksanaan Nyeri. Jakarta: EGC.

Tamsuri. (2012). Konsep dan Penatalaksanaan Nyeri. Jakarta: Buku Kedoktergan ECG.

Tetty,S. (2015). Konsep dan Relaksasi Dalam Keperawatan Maternitas. Bandung: PT Refika Adiwijaya.

William R. (2001). Obstetri& Ginekologi. Jakarta: Widya Medika

Yuliani Diah. A, Sudirman & Izzati Arin. F (2017). Hubungan Menstruasi Dengan Perubahan Emosional Pada Wanita Usia Subur (WUS) Di Wilayah Kerja Puskesmas Tirto 1. Jurnal Retrieved from https://www.jurnal.polibara.ac.id/index.php/medsains/article/view/60

Zakiyah Ana. (2015). Konsep Penatalaksanaan dalam Praktik Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Downloads

Published

2023-05-15

How to Cite

Ramayanti, E., Perdana, I. ., & Efendi, R. (2023). PENGARUH PELATIHAN TERHADAP KETERAMPILAN TERAPI GENGGAM JARI PADA DENGAN RIWAYAT NYERI HAID . Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(2), 496–504. https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.14438

Issue

Section

Articles