POLA MAKAN DAN GASTRITIS PADA REMAJA SANTRIWATI DI MADRASAH AL-HUFFADZ II

Authors

  • Lin Herlina Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Cirebon
  • Agus Sutarna Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Cirebon
  • Muslimin Muslimin Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Cirebon
  • Iin Kristanti Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Cirebon
  • Hananah Hananah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.14182

Keywords:

Gastritis, Diet, Adolescents

Abstract

Gastritis adalah suatu perdangan pada mukosa lambung. Munculnya gastritis disebabkan oleh pola makan yang tidak baik biasanya akan memproduksi asam lambung yang meningkat dan mengakibatkan luka pada dinding lambung yang disebabkan oleh pola makan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui adanya hubungan antara pola makan dengan gastritis pada remaja santriwati di pondok pesantren madrasah Al–Huffadz II ( MH II ) desa ender kecamatan pangenan cirebon tahun 2022. Jenis penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik korelasi cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah remaja santriwati di pondok pesantren madrasah Al–Huffadz II (MH II) dengn jumlah 300 santriwati. Pengabilan sampel ini menggunakan random sampling dengan jumlah 171 responden. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner dengan angket dan data penelitian ini di uji menggunakan uji Chi square. Hasil penelitian ini sebagian besar lebih dari setengahnya memiliki pola makan baik terdapat 87 (50,9%) responden dan tidak mengalami gastritis sebesar 137 (80,1%). Berdasarkan hasil uji statistik Chi–square didapatkan p value = 0,046 ? 0,05 yang artinya ada hubungan antara pola makan dengan gastritis pada remaja santriwati di pondok pesantren Madrasah Al–Huffadz II (MH II). Saran untuk mengantisipasi terjadinya gastritis berulang dengan cara merubah menu makan menjadi lebih menarik dan mengatur santriwati agar tetap makan di pesantren dan tidak makan di luar pondok dan santriwati agar lebih bisa mengatur pola makan yang baik serta mengurangi makanan pedas dan makanan instan yang di konsumsi oleh santriwati di pondok pesantren Madrasah Al–Huffadz II (MH II).

References

Adlini, Miza Nina, Dinda, Anisya Hanifa, Yulinda, Sarah, Chotimah, Octavia, & Merliyana, Sauda Julia. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980.

Anggraini, Diana, Ismiati, Ismiati, Ervina, Lisa, Marsofely, Reka Lagora, & Sumaryono, Dino. (2022). Pengaruh Media Musik Klasik Terhadap Penurunan Stres Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Jurusan Promosi Kesehatan Poltekkes Kemenkes Bengkulu. Poltekkes Kemenkes Bengkulu.

Arif, Muhammad, Deswita, Eva, & Murni, Lilisa. (2022). Pola Makan Terhadap Penyembuhan Luka Diabetikum. Prosiding Seminar Kesehatan Perintis, 5(2), 15–19.

Artini, Budi, Prasetyo, Wijar, & Lestari, Melynia Putri. (2022). Hubungan Pola Makan Dan Stress Terhadap Penyakit Gastritis: A Literature Review. Nursing Sciences Journal, 6(1), 13–22.

Firdausy, Arissanti Isra, Amanda, Kintan Aulia, Alfaeni, Siti Walidaturrahmah, Amalia, Novita, Rahmani, Nur Afifah, & Nasution, Ade Saputra. (2022). Hubungan Pola Makan Dan Stres Dengan Kejadian Gastritis Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Ibn Khaldun. Contagion: Scientific Periodical Journal Of Public Health And Coastal Health, 3(2), 75–86.

Futriani, Elfira Sri, Tridiyawati, Feva, & Putri, Devia Maulana. (2020). Hubungan Pola Makan Dengan Kejadian Gastritis Pada Mahasiswa Tingkat Ii Di Sekolah Tinggin Ilmu Kesehatan Abdi Nusantara Jakarta Tahun 2018. Jurnal Antara Keperawatan, 3(1), 5–8.

Hasni, Hasni, Tampake, Rina, Kolomboy, Fajrillah, Sudarman, Yulianus, & Tohar, Andi Mohamad. (2022). Gambaran Pengetahuan Gaya Hidup Lansia Yang Menderita Hipertensi Di Puskesmas Talise. Jurnal Penelitian Salando, 1(1), 14–20.

Jaya, Vega Riya, & Dessyarti, Robby Sandhi. (2022). Pengaruh Pengalaman Kerja, Kerjasama Tim, Dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Bagian Pemasaran Di Pt Victoria Care Tbk Cabang Surabaya). Simba: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi, 4.

Maharani, Annisa, & Syarif, Ceceng. (2022). Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 763–769.

Nora, Oktafya, & Iin, Nilawati. (2022). Asuhan Kebidanan Continuty Of Care Pada Ibu Hamil Primi Gravida Dengan Gangguan Tidur Menggunakan Penerapan Latihan Prenatal Gentle Yoga Dan Inhalasi Aroma Terapi Lavender. Stikes Sapta Bakti.

Pratiwi, Wahyu. (2013). Hubungan Pola Makan Dengan Gastritis Pada Remaja Di Pondok Pesantren Daar El-Qolam Gintung, Jayanti, Tangerang.

Prayoga, Yudi, & Pohan, Muhammad Yasir Arafat. (2022). Electronic Word Of Mouth (Ewom): Menguji Pengaruh Pengalaman Positif, Persepsi Kualitas Dan Kepercayaan. Studi Kasus: Restoran Di Labuhanbatu. J-Mas (Jurnal Manajemen Dan Sains), 7(1), 283–289.

Putri, Tina Andini, & Faradisi, Firman. (2023). Penerapan Terapi Dzikir (Distraksi Auditori) Terhadap Penurunan Intensitas Nyeri Pada Pasien Gastritis Di Rsud Kraton Kabupaten Pekalongan. Prosiding University Research Colloquium, 1634–1641.

Rochman, Inayah Af’idatul, & Priyanto, Anang. (2022). Hubungan Moral Remaja Terhadap Perilaku Bullying Siswa Di Smp Negeri 1 Depok. E-Civics, 11(1), 1–10.

Schif, Nancy Trisari, Hasmarita, Sony, & Sulistiadinata, Heru. (2019). Pengaruh Senam Asia Afrika Terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa. Jurnal Olahraga, 5(2), 149–158.

Suwindri, Suwindri, Tiranda, Yulius, & Ningrum, Windy Astuti Cahya. (2021). Faktor Penyebab Kejadian Gastritis Di Indonesia: Literature Review. Jkm: Jurnal Keperawatan Merdeka, 1(2), 209–223.

Wahyuni, Syamsu Dwi, Rumpiati, Rumpiati, & Ningsih, Rista Eko Muji Lestari. (2017). Hubungan Pola Makan Dengan Kejadian Gastritis Pada Remaja. Global Health Science, 2(2).

Downloads

Published

2023-05-07

How to Cite

Herlina, L., Sutarna, A. ., Muslimin, M., Kristanti, I. ., & Hananah, H. (2023). POLA MAKAN DAN GASTRITIS PADA REMAJA SANTRIWATI DI MADRASAH AL-HUFFADZ II. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(2), 378–386. https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.14182

Issue

Section

Articles