PEMODELAN DAN PERBAIKAN PROSES BISNIS PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN BPJS KESEHATAN MENGGUNAKAN METODE BUSINESS PROCESS MANAGEMENT
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i1.13766Keywords:
BPJS Kesehatan, Devil's quadrangle, Business process management, Business process and modelling notation, layanan rawat jalanAbstract
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M merupakan salah satu fasilitas kesehatan di Kota Banda Aceh yang bekerja sama dengan BPJS kesehatan dalam memberikan layanannya, salah satunya adalah bagi pasien rawat jalan. Sistem layanan BPJS Kesehatan yang diterapkan pada RSUD M masih belum optimal, di antaranya proses verifikasi data pasien yang berulang pada bagian administrasi dan kehadiran dokter yang tidak dapat diprediksi sehingga waktu pelayanan menjadi lama. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan usulan perbaikan proses bisnis pelayanan rawat jalan di RSUD M dengan menggunakan pendekatan Business Process Management (BPM), notasi Business Process Modeling and Notation (BPMN), dimensi kualitas proses bisnis dari Devil’s Quadrangle, dan simulasi dengan Software Bizagi Modeler. Perbaikan proses bisnis dilakukan melalui 4 tahapan metode BPM, yaitu process identification, process discovery, process analysis dan process re-design. Hasil perancangan proses bisnis dengan BPMN untuk pelayanan rawat jalan diperoleh 86 aktivitas untuk as-is model dan 80 aktivitas untuk to-be model.Sementara itu, simulasi waktu menghasilkan total waktu layanan pada as-is model dan to-be model adalah 203 menit dan 144 menit. Sehingga, analisis yang dilakukan menggunakan Devil’s Quadrangle menghasilkan efisiensi waktu sebesar 29%, peningkatan fleksibilitas sebesar 6,9%, dan peningkatan kualitas sebesar 14,3%.References
Ardiansyah, A., Fardana, F. F. & Yaqin, M. A., 2021. Analisis dan Perancangan Artificial Intelligence pada Business Process Management. ILKOMNIKA: Journal of Computer Science and Applied Informatics, 3(1), pp. 69-82.
Dumas, M., La Rosa, M., Mendling, J. & Reijers, H. A., 2013. Fundamentals of Business Process Management. Heidelberg: Springer-Verlag.
Kurniawan, R. E. et al., 2022. Humantech Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia.
Lahdji, A., Setiawan, M. R. & Purnamasari, W. I., 2015. Faktor Faktor yang Mempengaruhi Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien BPJS di Klinik Penyakit Dalam RSUD Sunan Kalijaga Demak Periode Mei-Oktober 2015.. Jurnal Unimus.
Putra, G. M., Gilvy, D. M. & Putra, L., 2022. Standard Operating Procedure untuk Meteorology Early Warning System pada BMKG Balikpapan. Jurnal Sisfotenika, 12(1).
Rahmawati, D., Rokhmawati, R. I. & Perdanakusuma, A. R., 2017. Analisis dan Pemodelan Proses Bisnis Bidang Pelayanan Perizinan Menggunakan Business Process Model and Notation (BPMN) (Studi pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pemerintah Kota Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 1(11), pp. 1337-1347.
Savitri, F. W. & Gustiana, S., 2022. Analisis Prosedur Klaim BPJS dan SOP Rawat Inap Guna Menunjang Efektivitas Kerja Pegawai di PMN Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung. Jurnal Teras Kesehatan, 4(2), pp. 40--46.
Setiyani, L., Liswadi, G. T. & Maulana, A., 2022. Proses Pengembangan Proses Bisnis Transaksi Penjualan pada Toko Erni Karawang. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, 16(4), pp. 39-45.
Setyaningsih, S., Nadhiroh, K. & Dewi, R. S., 2021. Analisis Proses Bisnis Pengemasan Semen Menggunakan 7 Tolls dan 11 Improvements Patterns. SISTEMASI: Jurnal Sistem Informasi, 10(1), pp. 212-221.
Widiastuti, I., 2017. Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Jawa Barat.
Yunitarini, R. & Hastarita, F., 2016. Pemodelan Proses Bisnis Akademik Teknik Informatika Universitas Trunojoyo dengan Business Process Modelling Notation (BPMN). Jurnal SimanteC, 5(2), pp. 93-100.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nur Izzaty, Nauval Saputra, Sri Rahmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).