PEMODELAN DAN PERBAIKAN PROSES BISNIS PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN BPJS KESEHATAN MENGGUNAKAN METODE BUSINESS PROCESS MANAGEMENT

Authors

  • Nur Izzaty Program Studi Teknik Industri Universitas Syiah Kuala
  • Nauval Saputra Program Studi Teknik Industri Universitas Syiah Kuala
  • Sri Rahmawati Program Studi Teknik Industri Universitas Syiah Kuala

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i1.13766

Keywords:

BPJS Kesehatan, Devil's quadrangle, Business process management, Business process and modelling notation, layanan rawat jalan

Abstract

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M merupakan salah satu fasilitas kesehatan di Kota Banda Aceh yang bekerja sama dengan BPJS kesehatan dalam memberikan layanannya, salah satunya adalah bagi pasien rawat jalan. Sistem layanan BPJS Kesehatan yang diterapkan pada RSUD M masih belum optimal, di antaranya proses verifikasi data pasien yang berulang pada bagian administrasi dan kehadiran dokter yang tidak dapat diprediksi sehingga waktu pelayanan menjadi lama. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan usulan perbaikan proses bisnis pelayanan rawat jalan di RSUD M dengan menggunakan pendekatan Business Process Management (BPM), notasi Business Process Modeling and Notation (BPMN), dimensi kualitas proses bisnis dari Devil’s Quadrangle, dan simulasi dengan Software Bizagi Modeler. Perbaikan proses bisnis dilakukan melalui 4 tahapan metode BPM, yaitu process identification, process discovery, process analysis dan process re-design. Hasil perancangan proses bisnis dengan BPMN untuk pelayanan rawat jalan diperoleh 86 aktivitas untuk as-is model dan 80 aktivitas untuk to-be model.Sementara itu, simulasi waktu menghasilkan total waktu layanan pada as-is model dan to-be model adalah 203 menit dan 144 menit. Sehingga, analisis yang dilakukan menggunakan Devil’s Quadrangle menghasilkan efisiensi waktu sebesar 29%, peningkatan fleksibilitas sebesar 6,9%, dan peningkatan kualitas sebesar 14,3%.

References

Ardiansyah, A., Fardana, F. F. & Yaqin, M. A., 2021. Analisis dan Perancangan Artificial Intelligence pada Business Process Management. ILKOMNIKA: Journal of Computer Science and Applied Informatics, 3(1), pp. 69-82.

Dumas, M., La Rosa, M., Mendling, J. & Reijers, H. A., 2013. Fundamentals of Business Process Management. Heidelberg: Springer-Verlag.

Kurniawan, R. E. et al., 2022. Humantech Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia.

Lahdji, A., Setiawan, M. R. & Purnamasari, W. I., 2015. Faktor Faktor yang Mempengaruhi Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien BPJS di Klinik Penyakit Dalam RSUD Sunan Kalijaga Demak Periode Mei-Oktober 2015.. Jurnal Unimus.

Putra, G. M., Gilvy, D. M. & Putra, L., 2022. Standard Operating Procedure untuk Meteorology Early Warning System pada BMKG Balikpapan. Jurnal Sisfotenika, 12(1).

Rahmawati, D., Rokhmawati, R. I. & Perdanakusuma, A. R., 2017. Analisis dan Pemodelan Proses Bisnis Bidang Pelayanan Perizinan Menggunakan Business Process Model and Notation (BPMN) (Studi pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pemerintah Kota Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 1(11), pp. 1337-1347.

Savitri, F. W. & Gustiana, S., 2022. Analisis Prosedur Klaim BPJS dan SOP Rawat Inap Guna Menunjang Efektivitas Kerja Pegawai di PMN Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung. Jurnal Teras Kesehatan, 4(2), pp. 40--46.

Setiyani, L., Liswadi, G. T. & Maulana, A., 2022. Proses Pengembangan Proses Bisnis Transaksi Penjualan pada Toko Erni Karawang. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, 16(4), pp. 39-45.

Setyaningsih, S., Nadhiroh, K. & Dewi, R. S., 2021. Analisis Proses Bisnis Pengemasan Semen Menggunakan 7 Tolls dan 11 Improvements Patterns. SISTEMASI: Jurnal Sistem Informasi, 10(1), pp. 212-221.

Widiastuti, I., 2017. Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Jawa Barat.

Yunitarini, R. & Hastarita, F., 2016. Pemodelan Proses Bisnis Akademik Teknik Informatika Universitas Trunojoyo dengan Business Process Modelling Notation (BPMN). Jurnal SimanteC, 5(2), pp. 93-100.

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Izzaty, N., Saputra, N., & Rahmawati, S. (2023). PEMODELAN DAN PERBAIKAN PROSES BISNIS PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN BPJS KESEHATAN MENGGUNAKAN METODE BUSINESS PROCESS MANAGEMENT. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(1), 184–195. https://doi.org/10.31004/jkt.v4i1.13766

Issue

Section

Articles