HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN PENULARAN TB PARU DI WILAYAH KERJA UPT BLUD PUSKESMAS RUMBIO

Authors

  • Gusman Virgo Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Keywords:

Perilaku Pencegahan, penularan TB paru, sikap, pengetahuan,, kepatuhan minum obat

Abstract

Salah satu penyakit menular yang telah menginfeksi sepertiga penduduk dunia sehingga menjadi masalah kesehatan dunia dan menyumbang 2,5% beban penyakit dunia serta menduduki peringkat ke tujuh penyakit yang menyebabkan kematian adalah TB paru.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku pencegahan penularan TB paru pada penderita TB paru di wilayah kerja UPT BLUD Puskesmas Rumbio Tahun 2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian  yang bersifat deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh penderita TB paru di Wilayah Kerja UPT BLUD Puskesmas Rumbio. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli Tahun 2021 dengan jumlah sampel 30 penderita TB paru diperoleh menggunakan teknik total sampling. Variabel independen adalah pengetahuan, sikap, dan kepatuhan minum obat, sedangkan variabel dependen adalah perilaku pencegahan penularan TB paru. Instrumen penelitian berupa kuisioner. Analisis bivariat menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden memiliki perilaku pencegahan penularan penyakit TB paru kategori baik yaitu sebanyak 16 responden (53.3%), sebagian besar responden memiliki pengetahuan kategori baik yaitu sebanyak 18 responden (60.0%), sebagian besar responden memiliki sikap kategori positif yaitu sebanyak 16 responden (53.3%), dan sebagian besar responden memiliki kepatuhan minum obat kategori patuh yaitu sebanyak 17 responden (56.7%). Berdasarkan uji statistik diperoleh nilai p = ?0.05.

References

Adventus, M.R.L., dkk. (2019). Buku Ajar Promosi Kesehatan. Jakarta, Pusat Penerbitan dan Percetakan Universitas Kristen Indonesia.

Antopo, P., L. (2012). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Keluarga Dalam Mencegah Penularan TB Paru Berdasarkan Tugas Keluarga Dibidang Kesehatan Di Puskesmas Pegirian Surabaya. Jurnal Kesehatan Vol. 3 No.1. Jawa Timur, Universitas Airlangga.

Asnia, U. (2019). Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Pasien TB MDR di Puskesmas Kota Semarang. Jurnal Epidemiologi. Jawa Tengah, Universitas Diponegoro.

Azwar. (2012). Asuhan Keperawatan Klien dengan Gangguan Sistem Pernapasan, Jakarta, Salemba Medika.

Brunner & Suddarth, (2013). Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah Edisi 8 volume 2. Jakarta, EGC.

Darmanto. (2015). Gambaran Perilaku Pasien TB Paru Terhadap Upaya Pencegahan Penyebaran Penyakit TB Paru pada Pasien yang Berobat di Poli Paru RSUD Arisin Achmad Provinsi Riau. SKRIPSI. Riau, Fakultas Kedokteran Universitas Riau.

Dian. (2015). Hubungan Antara Pengetahuan dengan Perilaku Pencegahan Penularan TB pada Penderita TB Paru di Poli Paru Rumah Sakit Prof. Dr.sulianti Saroso. Jurnal Kesehatan Vol. 5 No. 1.

Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar. (2020). Profil Kesehatan Kabupaten Kampar. Kampar, Dinkes Kabupaten Kampar.

Dinas Kesehatan Provinsi Riau. (2019). Profil Kesehatan Provinsi Riau. Riau, Dinkes Riau.

Djannah. (2015). Hubungan Pengetahuan dan Sikap dengan Perilaku Pencegahan Penularan TB pada Penderita TB Paru di Asrama Manokwari Sleman Yogyakarta. Jurnal Keperawatan.

Ferry .(2016). Tuberkulosis Bisa Disembuhkan!, Jakarta, Graha.

Fitriani. (2011). Hubungan Perilaku Pencarian Pengobatan Dengan Pemeliharaan Kesehatan Anak Jalanan Di Kabupaten Magetan. SKRIPSI. Jawa Timur, Prodi S1 Kesehatan Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Bhakti Husada Mulia Madiun.

Florida, R. (2017). Hubungan Antara Sikap dengan Perilaku Pencegahan Penularan TB pada Penderita TB paru di Wilayah Kerja Puskesmas Oesapa Kabupaten Kupang. Jurnal Kesehatan Vol. 11 No. 2.

Hari, (2017). Tuberkulosis Paru, Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam, edisi II. Jakarta, FKUI.

). Gambaran Perilaku Pencarian Pengobatan Pasien Tuberkulosis Di Kota Bandung. Jurnal Keperawatan Volume 3, Nomor 2.

Hulu, V.T., Dkk. (2020). Epidemiologi Penyakit Menular: Riwayat, Penularan dan Pencegahan. Sumatera Utara, Yayasan Kita Menulis

Kementrian Kesehatan RI. (2013). Riset Kesehatan Dasar. Jakarta, Balitbang Kemenkes RI.

Kementrian Kesehatan RI. (2017). Kebijakan Program Penanggulangan Tuberkulosis. Jakarta, Kemenkes RI.

Kementrian Kesehatan RI. (2019). Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta, Kemenkes RI.

Koentjaraningrat. (2015). Kesehatan Masyarakat TBC, Penyakit dan Cara Pencegahan. Jakarta, Graha Ilmu.

Kumboyono. (2015). Hubungan Perilaku Merokok Dan Motivasi Belajar Anak Usia Remaja Di SMK Bina Bangsa Malang. Majalah Kesehatan FKUB. Malang, Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya.

Kunoli. (2017). Pengantar Epidemiologi Penyakit Menular, edisi 2. Jakarta, Trans Info Media.

Kusmiati. (2017). Patofisiologi Konsep Klinik Proses Penyakit. Jakarta, Pustaka Pelajar.

Linda. (2017). Pengobatan Standar TBC, l. Jurnal dunia kedokteran Volume 137 No. 1.

Maitum, J. (2017). Hubungan Antara Pengetahuan dengan Perilaku Pencegahan Penularan TB pada Penderita TB paru di Ruangan Penyakit Dalam RSU Dr. Sam Ratulangi Tondano. SKRIPSI. Makasar, STIKes Nani Hasanuddin.

Manalu. (2017). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kejadian TB Paru dan Upaya Penanggulangannya. Jurnal Ekologi Kesehatan .

Mardhiati. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Pencegahan Penularan TB Paru Di Wilayah Kerja Puskesmas Ladang Rimba Kabupaten Aceh Selatan Tahun 2019. SKRIPSI. Aceh, Universitas Muhammadiyah Aceh.

Media. (2016). Prinsip dan Metode Riset Epidemiologi. Yogyakarta, Gadjah Mada University Press.

Nisa., Dkk. (2015). Metodologi Penelitian Bidang Kesehatan Keperawatan dan Kebidanan.Yogyakarta, Fitramaya.

Niven. (2015). Evaluasi Faktor Penentu Kepatuhan Penderita TB Paru Minum OAT di Puskesmas Kabupaten Maluku Tenggara. THESIS. Yogyakarta, Program Pascasarjana Universitas Gajah Mada.

Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta, Rineka Cipta. Nugroho, (2015). Promosi kesehatan. Jakarta: EGC.

Nursalam. (2015). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis.

Edisi 4. Jakarta, Salemba Medika.

Puspita, D., R. (2015). Hubungan Dukungan Keluarga Dalam Perawatan Kesehatan Anggota Keluarga Dengan Perilaku Pencegahan Penularan Oleh Klien Tuberkulosis Paru Di Wilayah Kerja Puskesmas Patrang Kabupaten Jember. THESIS. Jawa Timur, Universitas Jember.

Rahmi, S. (2015). Hubungan Antara Tingkat Kepatuhan dengan Perilaku Pencegahan Penularan TB pada Penderita TB paru di Puskesmas Seberang Padang. Jurnal keperawatan Vol. 3 No.1

Rochmawati, A.H. (2020). Perilaku Pencarian Pengobatan Pada Anak Penderita TB-HIV Di Kabupaten Jember. SKRIPSI. Jawa Timur, Universitas Jember.

Snewe. (2015). Evaluasi Faktor Penentu Kepatuhan Minum Obat Anti Tuberkulosis Di Puskesmas Kabupaten Maluku. THESIS. Yogyakarta, UGM.

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Virgo, G. . (2021). HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN PENULARAN TB PARU DI WILAYAH KERJA UPT BLUD PUSKESMAS RUMBIO . Jurnal Kesehatan Tambusai, 2(4), 425–432. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jkt/article/view/13592