ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PENGGUNAAN ASURANSI: LITERATURE REVIEW

Authors

  • Endah Pravita Putri Aldia Pratama Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Cahya Arbitera Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Keren Stelin Maliangkay Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Resa Listiani Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Putri Aulia Rosmayani Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Anisya Pebriyanti Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Aghniya Choirunnisa Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Eva Nuragustin Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Kania Rizqita Dewi Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Nadya Salsabila Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Zahra Septina Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Bahiizza Shadrina Zhafarin Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Nabila Erinaputri Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Khansa Adristi Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i1.12900

Keywords:

Faktor yang Memengaruhi, Persepsi Masyarakat, Penggunaan Asuransi

Abstract

Asuransi merupakan mekanisme keuangan yang memberikan individu atau organisasi perlindungan terhadap potensi kerugian finansial dari kejadian yang tidak terduga. Faktor yang memengaruhi timbulnya keputusan pembelian asuransi cukup kompleks dan terikat satu sama lain, salah satunya yaitu persepsi konsumen. Persepsi merupakan suatu proses dimana individu mengorganisasikan stimulus yang diterima setelah menginterpretasikannya, yang dipengaruhi oleh pengalaman yang ada dalam diri konsumen. Namun, pada dasarnya apa yang diterima individu bisa berbeda sesuai dengan realitas objektif. Oleh karena itu, setiap individu memiliki stimulus yang berbeda walaupun objeknya sama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi persepsi masyarakat terhadap penggunaan asuransi. Desain yang digunakan adalah literature review, artikel dikumpulkan dengan menggunakan Google Scholar dan basis data jurnal seperti Researchgate. Kriteria artikel yang digunakan adalah yang diterbitkan tahun 2019-2023. Berdasarkan artikel yang dikumpulkan didapatkan hasil bahwa persepsi sangat berperan penting dalam memengaruhi keputusan masyarakat dalam penggunaan jasa asuransi, karena persepsi merupakan salah satu faktor yang sangat berperan dalam proses pengambilan keputusan pembelian. Selain itu, kepercayaan yang ada dalam diri masyarakat terhadap produk asuransi juga memengaruhi persepsi masyarakat dalam membeli suatu produk asuransi. Masyarakat cenderung akan menggali informasi terkait terlebih dahulu dengan mendengar pengalaman orang lain di sekitarnya. Sehingga pada akhirnya mereka merasa yakin pada pilihan mereka dan membeli produk asuransi yang terbaik.

References

Al Fawait, Luqman, M. (2019). Persepsi Masyarakat Pada Asuransi Jiwa Prudential Di Kabupaten Sumenep.

Cenora, E., & Hermawan, D. (2022). Asuransi dan Pandemi Covid-19: Peran Persepsi Konsumen dalam Keputusan Pembelian. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(3), 386–394. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v3i3.1033

Lestari, F. H., & Djamaludin, M. D. (2017). Perception and Motivation of National Health Insurance Program Participation in Bogor. Journal of Consumer Sciences, 2(1), 39. https://doi.org/10.29244/jcs.2.1.39-50

Muhtadin (2021). Pengaruh Literasi dan Persepsi Para Petani Terhadap Minat Menjadi Nasabah Asuransi Pertanian

National Insurance Commission. (2021). Research on Public Perception, Awareness and Confidence of Insurance in Ghana: Phase Two (2). 2.

Sari, K. (2016). Perkembangan Asuransi Kesehatan Swasta di Indonesia Tahun 2012- 2016. Jurnal Ekonomi Kesehatan Indonesia, 2(2), 48–58.

Saryanti, E. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi, Persepsi Dan Sikap Nasabah Terhadap Keputusan Pembelian Produk Asuransi Pendidikan. Excellent, 6(2), 91–98. https://doi.org/10.36587/exc.v6i2.588

Silva, P. M. (2017). Pengaruh Persepsi Konsumen Dan Motivasi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransi. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(3), 352–357.

Pratama (2019). Pengaruh Persepsi dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Asuransi Jiwa Pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Cabang Medan Utara 2019. Jurnal Ilmiah Universitas Sumatera Utara, 8–13.

Tamaras, C. T. (2019). Analisis Persepsi Petani Terhadap Program Asuransi Usahatani Padi (AUTP) Dalam Mewujudkan Kedaulatan Pangan Nasional. 1–144.

Downloads

Published

2023-03-21

How to Cite

Pravita Putri Aldia Pratama, E., Arbitera, C. ., Stelin Maliangkay, K. ., Listiani , R. ., Aulia Rosmayani, P. ., Pebriyanti, A. ., Choirunnisa, A. ., Nuragustin, E. ., Rizqita Dewi, K. ., Salsabila, N. ., Septina, Z. ., Shadrina Zhafarin, B. ., Erinaputri, N. ., & Adristi, K. . (2023). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PENGGUNAAN ASURANSI: LITERATURE REVIEW. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(1), 161–167. https://doi.org/10.31004/jkt.v4i1.12900

Issue

Section

Articles