ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PENGGUNAAN ASURANSI: LITERATURE REVIEW
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i1.12900Keywords:
Faktor yang Memengaruhi, Persepsi Masyarakat, Penggunaan AsuransiAbstract
Asuransi merupakan mekanisme keuangan yang memberikan individu atau organisasi perlindungan terhadap potensi kerugian finansial dari kejadian yang tidak terduga. Faktor yang memengaruhi timbulnya keputusan pembelian asuransi cukup kompleks dan terikat satu sama lain, salah satunya yaitu persepsi konsumen. Persepsi merupakan suatu proses dimana individu mengorganisasikan stimulus yang diterima setelah menginterpretasikannya, yang dipengaruhi oleh pengalaman yang ada dalam diri konsumen. Namun, pada dasarnya apa yang diterima individu bisa berbeda sesuai dengan realitas objektif. Oleh karena itu, setiap individu memiliki stimulus yang berbeda walaupun objeknya sama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi persepsi masyarakat terhadap penggunaan asuransi. Desain yang digunakan adalah literature review, artikel dikumpulkan dengan menggunakan Google Scholar dan basis data jurnal seperti Researchgate. Kriteria artikel yang digunakan adalah yang diterbitkan tahun 2019-2023. Berdasarkan artikel yang dikumpulkan didapatkan hasil bahwa persepsi sangat berperan penting dalam memengaruhi keputusan masyarakat dalam penggunaan jasa asuransi, karena persepsi merupakan salah satu faktor yang sangat berperan dalam proses pengambilan keputusan pembelian. Selain itu, kepercayaan yang ada dalam diri masyarakat terhadap produk asuransi juga memengaruhi persepsi masyarakat dalam membeli suatu produk asuransi. Masyarakat cenderung akan menggali informasi terkait terlebih dahulu dengan mendengar pengalaman orang lain di sekitarnya. Sehingga pada akhirnya mereka merasa yakin pada pilihan mereka dan membeli produk asuransi yang terbaik.References
Al Fawait, Luqman, M. (2019). Persepsi Masyarakat Pada Asuransi Jiwa Prudential Di Kabupaten Sumenep.
Cenora, E., & Hermawan, D. (2022). Asuransi dan Pandemi Covid-19: Peran Persepsi Konsumen dalam Keputusan Pembelian. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(3), 386–394. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v3i3.1033
Lestari, F. H., & Djamaludin, M. D. (2017). Perception and Motivation of National Health Insurance Program Participation in Bogor. Journal of Consumer Sciences, 2(1), 39. https://doi.org/10.29244/jcs.2.1.39-50
Muhtadin (2021). Pengaruh Literasi dan Persepsi Para Petani Terhadap Minat Menjadi Nasabah Asuransi Pertanian
National Insurance Commission. (2021). Research on Public Perception, Awareness and Confidence of Insurance in Ghana: Phase Two (2). 2.
Sari, K. (2016). Perkembangan Asuransi Kesehatan Swasta di Indonesia Tahun 2012- 2016. Jurnal Ekonomi Kesehatan Indonesia, 2(2), 48–58.
Saryanti, E. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi, Persepsi Dan Sikap Nasabah Terhadap Keputusan Pembelian Produk Asuransi Pendidikan. Excellent, 6(2), 91–98. https://doi.org/10.36587/exc.v6i2.588
Silva, P. M. (2017). Pengaruh Persepsi Konsumen Dan Motivasi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransi. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(3), 352–357.
Pratama (2019). Pengaruh Persepsi dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Asuransi Jiwa Pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Cabang Medan Utara 2019. Jurnal Ilmiah Universitas Sumatera Utara, 8–13.
Tamaras, C. T. (2019). Analisis Persepsi Petani Terhadap Program Asuransi Usahatani Padi (AUTP) Dalam Mewujudkan Kedaulatan Pangan Nasional. 1–144.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Endah Pravita Putri Aldia Pratama, Keren Stelin Maliangkay, Resa Listiani , Putri Aulia Rosmayani, Anisya Pebriyanti, Aghniya Choirunnisa, Eva Nuragustin, Kania Rizqita Dewi, Nadya Salsabila, Zahra Septina, Bahiizza Shadrina Zhafarin, Nabila Erinaputri, Khansa Adristi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).