PENGARUH EDUKASI GEMPA BUMI DENGAN MEDIA BUKU POP UP TERHADAP TINGKAT PENGETAHUA ANAK USIA SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i1.12459Keywords:
Anak Usia Sekolah, , Buku Pop Up, Mitigasi. , Gempa BumiAbstract
Gempa bumi adalah bencana alam yang cukup sering terjadi di Indonesia. Kesiapsiagaan dan respon bencana yang efektif sangat penting untuk mengurangi dampak bencana. Sekolah dasar merupakan satuan pendidikan yang paling banyak terdampak bencana dan gempa bumi merupakan jenis bencana yang paling berdampak pada satuan pendidikan. Pengurangan risiko bencana sangat diperlukan terutama untuk bencana gempa bumi karena masih rendahnya pengetahuan anak-anak usia sekolah yang merupakan risiko paling rentan saat terjadinya bencana. Untuk mengetahui pengaruh pemberian edukasi gempa bumi dengan media buku pop up terhadap tingkat pengetahuan anak usia sekolah. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan metode pre eksperimental dengan pendekatan pretest-posttest without control group design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 38 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan yang berarti yang ditujukan dengan nilai p value 0,000 perbedaan point bermakna ditandai dengan sum of rank sebesar 465,00. Hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test 0,000 yang lebih kecil dari ? = 0,05. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemberian edukasi gempa bumi dengan media buku pop up terhadap tingkat pengetahuan anak usia sekolah dan dapat meningkatkan pengetahuan anak usia sekolah.References
Aldinger Carmen, et al. 2008. Changes in attitudes, knowledge and behaviour associated with implementing a comprehensive school healt program in a province of china. Health Education, Vol 23
Amin, M. S. (2018). Perbedaan Struktur Otak dan Perilaku Belajar Antara Pria dan Wanita; Eksplanasi dalam Sudut Pandang Neuro Sains dan Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 1(1), 38. https://doi.org/10.23887/jfi.v1i1.13973
Cartwright, C., Hall, M., & Lee, A. C. K. (2017). The changing health priorities of earthquake response and implications for preparedness: a scoping review. Public Health, 150, 60–70. https://doi.org/10.1016/j.puhe.2017.04.024
Hajerah. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Terhadap Kemampuan Membaca Anak Di Tk Insan Cita Kec. Masamba Kab. Luwu Utara
Harianto Manalu & Yunus Elon. (2019). Peningkatan Kesiagaan Bencana Gempa Bumi Melalui Pendekatan Drilling. Vol. 1 No : 2 tahun: 2019. 23-8-2019.
Hidayah, A. N. (2016). Pengembangan Buku Pop-up bagi Anak Usia Sekolah Dasar di Rumah Belajar Indonesia Bangkit (RBIB) Jogja. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Mermer, G., Donmez, R. O., & Daghan, S. (2018). The evaluation of the education for earthquake preparation addressed to middle school students. JPMA. The Journal of the Pakistan Medical Association, 68(12), 1809–1815
Milfayetty, dkk., (2015), Psikologi Pendidikan, Pascasarjana Unimed, Medan
Mimura, Nobuo. (2014). Gakuchou Aisatsu. [Online].
Nafiah, Y. N..(2014). Penerapan Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 14, Nomor 1.
Najahah, I. (2016). Perancangan Buku Pop Up Sebagai Media Pembelajaran Tentang Rumah Dan Pakaian Adat Nusantara Di Jawa. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 4(3), 494-501.
Nurbaeti. (2013). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Buku Pop Up Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Inpres Minasa Upa I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Nurhasim. (2013). Tingkat Pengetahuan Tentang Perawatan Gigi Siswa Kelas IV dan V SD Negeri Blengorwetan Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta
Pratiwi NL, Basuki H, Soeprapto A. (2017). Pengaruh Akses Pelayanan Kesehatan, Performed Treatment Index/PTI Requirement Treatment Index/RTI Terhadap Perilaku Oral Hygiene. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan.April
Sarwidi, Wantoro, D., & Suharjo, D. 2013. Evaluasi Sekolah Siaga Bencana (Studi Kasus SMKN Berbah Kabupaten Sleman, Yogyakarta). Prosiding Seminar Nasional 2013 Menuju Masyarakat Madani dan Lestari.(http//www.dppm.uii.ac.id/d okumen/seminar/2013/D.Sarwidi.pd f). [10/06/14]
Suryani, N., & Febrianto, H. (2019). Sosialisasi Dan Simulasi Bencana Gempa Bumi Di Smp N 2 Sungai Geringging Nagari Kuranji Hulu Kecamatan Sungai Geringging. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat DEWANTARA, 1(2 Februari), 30–40.
Sylvia, I. N. & Hariani, N. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Amrih Mugi Rahayu, Endiyono Endiyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).