PENGARUH EDUKASI GEMPA BUMI DENGAN MEDIA BUKU POP UP TERHADAP TINGKAT PENGETAHUA ANAK USIA SEKOLAH

Authors

  • Amrih Mugi Rahayu Program Studi Keperawatan S1, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Endiyono Endiyono Program Studi Keperawatan S1, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i1.12459

Keywords:

Anak Usia Sekolah, , Buku Pop Up, Mitigasi. , Gempa Bumi

Abstract

Gempa bumi adalah bencana alam yang cukup sering terjadi di Indonesia. Kesiapsiagaan dan respon bencana yang efektif sangat penting untuk mengurangi dampak bencana. Sekolah dasar merupakan satuan pendidikan yang paling banyak terdampak bencana dan gempa bumi merupakan jenis bencana yang paling berdampak pada satuan pendidikan. Pengurangan risiko bencana sangat diperlukan terutama untuk bencana gempa bumi karena masih rendahnya pengetahuan anak-anak usia sekolah yang merupakan risiko paling rentan saat terjadinya bencana. Untuk mengetahui pengaruh pemberian edukasi gempa bumi dengan media buku pop up terhadap tingkat pengetahuan anak usia sekolah. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan metode  pre eksperimental dengan pendekatan pretest-posttest  without control group design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 38 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan yang berarti yang ditujukan dengan nilai p value 0,000 perbedaan point bermakna ditandai dengan sum of rank sebesar 465,00. Hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test 0,000 yang lebih kecil dari ? = 0,05. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemberian edukasi gempa bumi dengan media buku pop up terhadap tingkat pengetahuan anak usia sekolah dan dapat meningkatkan pengetahuan anak usia sekolah.  

References

Aldinger Carmen, et al. 2008. Changes in attitudes, knowledge and behaviour associated with implementing a comprehensive school healt program in a province of china. Health Education, Vol 23

Amin, M. S. (2018). Perbedaan Struktur Otak dan Perilaku Belajar Antara Pria dan Wanita; Eksplanasi dalam Sudut Pandang Neuro Sains dan Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 1(1), 38. https://doi.org/10.23887/jfi.v1i1.13973

Cartwright, C., Hall, M., & Lee, A. C. K. (2017). The changing health priorities of earthquake response and implications for preparedness: a scoping review. Public Health, 150, 60–70. https://doi.org/10.1016/j.puhe.2017.04.024

Hajerah. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Terhadap Kemampuan Membaca Anak Di Tk Insan Cita Kec. Masamba Kab. Luwu Utara

Harianto Manalu & Yunus Elon. (2019). Peningkatan Kesiagaan Bencana Gempa Bumi Melalui Pendekatan Drilling. Vol. 1 No : 2 tahun: 2019. 23-8-2019.

Hidayah, A. N. (2016). Pengembangan Buku Pop-up bagi Anak Usia Sekolah Dasar di Rumah Belajar Indonesia Bangkit (RBIB) Jogja. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Mermer, G., Donmez, R. O., & Daghan, S. (2018). The evaluation of the education for earthquake preparation addressed to middle school students. JPMA. The Journal of the Pakistan Medical Association, 68(12), 1809–1815

Milfayetty, dkk., (2015), Psikologi Pendidikan, Pascasarjana Unimed, Medan

Mimura, Nobuo. (2014). Gakuchou Aisatsu. [Online].

Nafiah, Y. N..(2014). Penerapan Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 14, Nomor 1.

Najahah, I. (2016). Perancangan Buku Pop Up Sebagai Media Pembelajaran Tentang Rumah Dan Pakaian Adat Nusantara Di Jawa. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 4(3), 494-501.

Nurbaeti. (2013). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Buku Pop Up Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Inpres Minasa Upa I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Nurhasim. (2013). Tingkat Pengetahuan Tentang Perawatan Gigi Siswa Kelas IV dan V SD Negeri Blengorwetan Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta

Pratiwi NL, Basuki H, Soeprapto A. (2017). Pengaruh Akses Pelayanan Kesehatan, Performed Treatment Index/PTI Requirement Treatment Index/RTI Terhadap Perilaku Oral Hygiene. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan.April

Sarwidi, Wantoro, D., & Suharjo, D. 2013. Evaluasi Sekolah Siaga Bencana (Studi Kasus SMKN Berbah Kabupaten Sleman, Yogyakarta). Prosiding Seminar Nasional 2013 Menuju Masyarakat Madani dan Lestari.(http//www.dppm.uii.ac.id/d okumen/seminar/2013/D.Sarwidi.pd f). [10/06/14]

Suryani, N., & Febrianto, H. (2019). Sosialisasi Dan Simulasi Bencana Gempa Bumi Di Smp N 2 Sungai Geringging Nagari Kuranji Hulu Kecamatan Sungai Geringging. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat DEWANTARA, 1(2 Februari), 30–40.

Sylvia, I. N. & Hariani, N. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Downloads

Published

2023-02-25

How to Cite

Rahayu, A. M., & Endiyono, E. (2023). PENGARUH EDUKASI GEMPA BUMI DENGAN MEDIA BUKU POP UP TERHADAP TINGKAT PENGETAHUA ANAK USIA SEKOLAH. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(1), 91–97. https://doi.org/10.31004/jkt.v4i1.12459

Issue

Section

Articles