HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA MAHASISWA D3 KEPERAWATAN MENGHADAPI PRAKTIK KLINIK KEPERAWATAN DI UNIVERSITAS ‘AISYIYAH SURAKARTA

Authors

  • Andri Pamungkas Universitas ‘Aisyiyah Surakarta
  • Anjar Nurrohmah Universitas ‘Aisyiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jiik.v1i4.20270

Keywords:

Pengetahuan Mahasiswa; Kecemasan Mahasiswa; Praktik Klinik Keperawatan

Abstract

Kecemasan adalah suatu kondisi patologis yang ditandai dengan perasaan takut yang disertai dengan tanda-tanda somatik yang mengindikasikan adanya sistem saraf otonom yang hiperaktif (Setiyani, 2018). Sebagai mahasiswa D3 Keperawatan, memahami pengetahuan tentang praktik keperawatan klinis sangat penting bagi mahasiswa pra-klinik di rumah sakit untuk membantu mereka menjadi lebih efektif dan terampil. 10 mahasiswa D3 Keperawatan semester 4 Universitas 'Aisyiyah Surakarta yang akan menghadapi praktik keperawatan klinik di rumah sakit merasa cemas dan mengatakan bahwa mereka merasa belum memiliki bayangan pengetahuan tentang praktik keperawatan klinik. Mengetahui dan mengidentifikasi hubungan antara pengetahuan dengan tingkat kecemasan pada mahasiswa D3 Keperawatan yang akan menghadapi praktik klinik keperawatan di Universitas 'Aisyiyah Surakarta. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan jumlah sampel 87 responden. Hasil uji bivariat membuktikan bahwa ada hubungan antara pengetahuan dengan tingkat kecemasan pada mahasiswa D3 Keperawatan dalam menghadapi praktik klinik keperawatan di Universitas 'Aisyiyah Surakarta, yaitu p value = 0,000 dan koefisien korelasi = -(0,505). Terdapat hubungan antara pengetahuan dengan tingkat kecemasan pada mahasiswa D3 Keperawatan dalam menghadapi praktik klinik keperawatan di Universitas 'Aisyiyah Surakarta.

References

Buhari, B., Widiawati, S., dan Ellijayanti, A. (2020). Hubungan Peran Preceptor dan Pengetahuan Mahasiswa Keperawatan dengan Kecemasan dalam Pembelajaran Praktik Klinik di Rumah Sakit. Jurnal ‘Aisyiyah Medika, Vol. 5 No. 1, 1-12.

Hutagalung, Yosafat, A., dan Ernawati, S. (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan COVID-19 Terhadap Kecemasan Mahasiswa Keperawatan yang Praktik di Rumah Sakit. Jurnal Universitas Klabat. Vol. 5 No. 2, 35-47.

Kakombohi S., Palendeng, O.I., dan Rompes, S. (2017). Hubungan Tingkat Kecemasan dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Lanjut Usia di Balai Penyantunan Lanjut Usia (BPLU) Senja Cerah Paniki Kecamatan Mapanget Manado. Jurnal Keperawatan, Vol. 5 No. 2, 18-22.

Nugraha, Bambang Aditya., R. G. (2018). Gambaran Tingkat Kecemasan Pada Pasien Gagal Jantung Kongestif Kelas Fungsional I dan II di Ruang Rawat Inap RSU dr. Slamet Garut. Surya, Vol. 10 No. 1, 8-11

Nurhalimah. (2016). Keperawatan Jiwa. Pusdik SDM Kesehatan.

Riset Kesehatan Dasar. (2018). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI tahun 2018. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20211007/1338675/kemenkes-beberkan-masalah-permasalahan-kesehatan-jiwa-di-indonesia/ diakses 15 Januari 2023.

Sanad, Mohamed Hala. (2019). Stress And Anxiety Among Junior Nursing Students During Initial Clinical Training: A Descriptive Study at College of Helath Sciences, University of Bahrain. American Journal of Nursing Research, Vol. 7 No. 6, 995-999.

Setiyani, R. (2018). Perbedaan Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Baru di Fakultas Ilmu Kesehatan Dan Non Fakultas Ilmu Kesehatan. J Psikol Integratif, Vol. 6 No. 1, 18–28.

Smith, Mardia Bin., Andini, Ika Prawesti. (2022). Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Bagi Mahasiswa. Gorontalo. FIP.

Syifa, Mutia. (2021). Mengenal Gangguan Kecemasan Pada Remaja. Jakarta.

Violeta, Dea. 2022. Mahasiswa Dan Masalah Kesehatan Mental. Bangka Belitung. UBB

World Health Organization. (2018). Depression and other common mental disorders: Global health estimates. Geneva: World Health Organization. Licence: CC BY-NC-SA 3.0 IGO.

Downloads

Published

2023-09-30