This is an outdated version published on 2023-09-30. Read the most recent version.

PENGARUH FINGER PAINTING TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK MDI 1 PANDEAN

Authors

  • Fery Saputra Universitas ‘Aisyiyah Surakarta
  • Tri Susilowati Universitas ‘Aisyiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jiik.v1i4.20254

Keywords:

Usia Prasekolah; Perkembangan Motorik Halus; finger painting

Abstract

Usia Prasekolah atau disebut dengan golden age merupakan fase yang sangat penting karena suatu individu mengalami  perkembangan yang sangat pesat. Salah satu perkembangan yang dialami anak usia prasekolah adalah motorik halus. Prinsip utama perkembangan motorik adalah pematangan urutan, motivasi, pengalaman dan latihan atau praktek. Salah satu segiatan yang dapat menstimulasi perkembangan motorik halus yaitu finger painting. Finger painting merupakan  teknik melukis dengan mengoleskan cat pada kertas putih/hvs dengan jari atau dengan telapak tangan. Mengetahui pengaruh dari finger painting terhadap perkembangan motorik halus pada anak usia prasekolah di TK MDI 1 Pandean. Penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Eksperiment Design menggunakan rancangan  one group pre-test – post-test design, teknik pengambilan sampel non probability sampling, dengan metode purposive sampling, populasi 132 siswa, sampel 57 responden, instrumen penelitian dengan tes Denver II. Setelah dilakukan analisis data menggunakan uji Wilcoxon didapatkan nilai Pvalue (0,000)<0,05. Ada pengaruh finger Painting terhadap perkembangan motorik halus anak usia prasekolah di TK MDI 1 Pandean.

References

Evivani, Maria, dan Renti Oktaria. 2020. “Permainan Finger Painting Untuk Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini.” Jurnal Warna?: Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini 5(1):23–31. doi: 10.24903/jw.v5i1.427.

Gerungan, Nova. 2019. “Hubungan Pengetahuan Orang Tua Tentang Stimulasi Dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Pra Sekolah.” Klabat Journal of Nursing 1(1):15. doi: 10.37771/kjn.v1i1.370.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2018. Laporan Nasional RISKESDAS 2018.

Kuswanto, dan Hanifah Ardiani. 2022. “PENGARUH TERAPI BERMAIN PAPERCRAFT TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK PRASEKOLAH USIA 4-6 TAHUN.” 14:1009–16.

Maghfuroh, Lilis, dan Kiki chayaning Putri. 2018. “Pengaruh Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah Di Tk Sartika I Sumurgenuk Kecamatan Babat Lamongan.” Journal of Health Sciences 10(1). doi: 10.33086/jhs.v10i1.144.

Mansur, Arif Rohman, dan U. Andalas. 2019. Tumbuh kembang anak usia prasekolah. Vol. 1.

Marlina, Lenni, dan Farida Mayar. 2020. “Pelaksanaan Kegiatan Finger Painting dalam Mengembangkan Kreativitas Seni Anak di Taman Kanak-Kanak.” Pelaksanaan Kegiatan Finger Painting dalam Mengembangkan Kreativitas Seni Anak di Taman Kanak-Kanak 4(2):1018–25.

Marpaung, Zulham Efendi, Syazkia Salsabila Rais, Tiara Angelly, dan Nadya Meilita. 2022. “Stimulasi Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-6 Tahun melalui Berbagai Kegiatan di RA Nurhidayah.” 2(2):378–84.

Munawaroh, Siti, Andriyani Mustika Nurwijayanti, dan Novi Indrayati. 2019. “Gambaran Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia Prasekolah Dengan Metode Menggambar.” Community of Publishing in Nursing (COPING) 7(1):hlm. 54.

Nurjanah, Nunung, Catharina Suryaningsih, dan Borneo Dwi Asmara Putra. 2019. “Pengaruh Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Prasekolah.” Jurnal Keperawatan BSI V(2):65–73.

Pura, Dwi Nomi, dan Asnawati Asnawati. 2019. “Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil.” Jurnal Ilmiah Potensia 4(2):131–40. doi: 10.33369/jip.4.2.131-140.

Riskesdas JATENG. 2018. Laporan Provinsi Jawa Tengah Riskesdas 2018.

Sari, Maya Mulianda, Sariah, dan Heldanita. 2020. “Kegiatan Finger Painting dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini.” KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education 3(2):136–45.

Suhartanti, Ika, Zulfa Rufaida, Widy Setyowati, dan Fitria Wahyu Ariyanti. 2019. Stimulasi Kemampuan Motorik Halus Anak Pra Sekolah.

Utami, Rahayu Budi. 2018. “Pengaruh Stimulasi Motorik Halus Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4 – 5 Tahun Di Taman Kanak – Kanak Pertiwi Tiripan Berbek Nganjuk.” American Journal of Research Communication 5(August):12–42.

Wahyuni, Rizki, dan Erdiyanti. 2020. “Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Finger Painting Menggunakan Tepung Singkong.” Murhum?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1(1):28–40. doi: 10.37985/murhum.v1i1.5.

Wulandari, Anggi, Bahrun, dan Rosmiati. 2020. “Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Teknik Finger Painting di KB Al Jannati Gampong Jawa Kota Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). 5(1):80–89.

Wulandari, Fepy Ayu, Nur Hafid Kurniawan, dan Mochahmmad Maulana Trianggono. 2022. “Penerapan Kegiatan Finger Painting Untuk Menstimulasi Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 4 – 5 Tahun.” 12(2):1–23.

Downloads

Published

2023-09-30

Versions