KEMAMPUAN MERAWAT DIRI IBU POST SECTIO CAESAREA (STUDI LITERATUR)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jiik.v1i2.13339Keywords:
Pendidikan Kesehatan, Kemampuan Merawat Diri, Sectio CaesareaAbstract
Pengetahuan dan sikap yang baik akan meningkatkan kepercayaan diri dan membantu ibu beradaptasi terhadap perubahan-perubahan fisik, emosional, fungsi dan sosial setelah melahirkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan merawat diri ibu post sectio caesarea. Metode penelitian menggunakan sistematik review. Pemilihan artikel melalui database google scholar, EBSCO, Proquest, Oxford dengan kriteria jurnal yang berhubungan dengan kemampuan merawat diri ibu post sectio caesarea yang telah dipublikasi, jurnal yang terbit tahun 2015 sampai 2020. Hasil penelitian 10 jurnal menunjukan bahwa kemampuan merawat diri ibu post sectio caesarea di pengaruhi oleh pendidikan kesehatan yang di lakukan oleh tenaga kesehatan. Pendidikan kesehatan menjadi bagian dari pemeliharaan dan promosi kesehatan, pencegahan penyakit dan komplikasi, pemulihan kesehatan selama periode postpartum sehingga dapat beradaptasi terhadap semua perubahan yang terjadi dan mampu menjalankan peran sebagai orang tua dengan baik. Kesimpulan : pendidikan kesehatan diberikan untuk memberikan informasi terkait pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan kemampuan merawat diri ibu post sectio caesarea.References
Baidah, Putri Paulia Atqiya. 2020. “Gambaran Asuhan Keperawatan Pada Ibu Post Sectio Caesarea Dengan Mobilisasi Dini Di Ruang Nifas I Rsud Dr. H. Moch. Ansari Saleh Banjarmasin.” 1(2): 9–15.
Cici Ratmiwasi, Sri, And Syafrisar Meri Agritubella Utami. 2017. “Pengaruh Promosi Kesehatan Mobilisasi Dini Terhadap Pelaksanaan Mobilisasi Dini Pada Ibu Postpartum Sc Di Rspb Pekanbaru.” Jurnal Endurance 2(3): 346.
Diah Astutiningrum, Elsi Dwi Hapsari, Purwanta. 2016. “Peningkatan Parenting Self Efficacy Pada Ibu Pasca Seksio Sesaria Melalui Konseling ( Improving Parenting Self Efficacy After Caesarean Section Through Counselling ).”
Gathut Pringgotomo, Andi Tenri Tekke. 2019. “Pengaruh Pendidikan Kesehatan Pada Discharge Planning Terhadap Pengetahuan Pasien Tentang Diet Pasca Bedah Sectio Caesarea.” Jurnal Darul Azhar 6(1): 17–24.
Jayanti Imamsari, Rita Yulifah, Ardi Pengayuh. 2019. “Pemberian Komunikasi, Informasi, Edukasi (Kie) Dengan Motivasi Ibu Didalam Melakukan Mobilisasi Dini Post Sectio Caesarea.” 8(1): 36–49.
Maidina Putri. 2019. “Pengaruh Pemberian Pendidikan Kesehatan Tentang Mobilisasi Dini Post Sectio Caesaria Terhadap Tingkat Pengetahuan Ibu Post Partum Sectio Caesaria Di Rs Setio Husodo Kisaran Tahun 2019.” 2(2).
Mariati, Sri Sumiati, And Eliana. 2015. “Pengaruh Pemberian Pendidikan Kesehatan Mobilisasi Dini Dengan Lama Hari Rawat Pada Pasien Post Operasi Sectio Caesaria.” Jurnal Media Kesehatan 8(2): 106–12.
Pramudianti. 2017. “Pengaruh Edukasi Postpartum Dengan Media Booklet Pada Ibu Pasca Sectio Caesarea Terhadap Parenting Self- Efficacy Pada Periode Awal Masa Nifas Di Rumah Sakit Wilayah Klaten Naskah.”
Ratna Yulianti. 2018. “Studi Deskriptif Praktik Menyusui Pada Ibu Post Sc Setelah Dilakukan Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Demonstrasi Dan Video Berbasis Android.” 10(2): 1–15.
Sambas, Etty Komariah. 2017. “Pengaruh Pendidikan Kesehatan Mengenai Perawatan Ibu Postpartum Dengan Seksio Sesaria Terhadap Kemampuan Merawat Diri Di Rsud Dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya Etty.” 17.
Sulistianingsih, Andi Rispah, And Krisnawati Bantas. 2019. “Peluang Menggunakan Metode Sesar Pada Persalinan Di Indonesia ( Analisis Data Sdki Tahun 2017 ).” 9(2): 125–33.
Tetti Solehati, Cecilia Destiani Ekautami Putri Dkk. 2020. “Pengaruh Pendidikan Kesehatan Nutrisi Pada Tingkat Pengetahuan Ibu Post Partum.” An-Nadaa: Jurnal Kesehatan Masyarakat 7(1).
Yuli Suryanti, Suharyo Hadisaputro, Sri Achadi Nuggraheni. 2020. “The Effect Of Snakehead Fish ( Channa Striata ) Extract On Blood Leukocyte Number And Cesarean Section Wound Healing.” 443(Iset 2019): 596–98.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yuli Suryanti, Adhika Wijayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a -Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. -Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. -Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).