KEMAMPUAN MERAWAT DIRI IBU POST SECTIO CAESAREA (STUDI LITERATUR)

Authors

  • Yuli Suryanti STIKES Mitra Adiguna
  • Adhika Wijayanti STIKES Mitra Adiguna

DOI:

https://doi.org/10.31004/jiik.v1i2.13339

Keywords:

Pendidikan Kesehatan, Kemampuan Merawat Diri, Sectio Caesarea

Abstract

Pengetahuan dan sikap yang baik akan meningkatkan kepercayaan diri dan membantu ibu beradaptasi terhadap perubahan-perubahan fisik, emosional, fungsi dan sosial setelah melahirkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan merawat diri ibu post sectio caesarea. Metode penelitian menggunakan sistematik review. Pemilihan artikel melalui database google scholar, EBSCO, Proquest, Oxford dengan kriteria jurnal yang berhubungan dengan kemampuan merawat diri ibu post sectio caesarea yang telah dipublikasi, jurnal yang terbit tahun 2015 sampai 2020. Hasil penelitian 10 jurnal menunjukan bahwa kemampuan merawat diri ibu post sectio caesarea di pengaruhi oleh pendidikan kesehatan yang di lakukan oleh tenaga kesehatan. Pendidikan kesehatan menjadi bagian dari pemeliharaan dan promosi kesehatan, pencegahan penyakit dan komplikasi, pemulihan kesehatan selama periode postpartum sehingga dapat beradaptasi terhadap semua perubahan yang terjadi dan mampu menjalankan peran sebagai orang tua dengan baik. Kesimpulan : pendidikan kesehatan diberikan untuk memberikan informasi terkait pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan kemampuan merawat diri ibu post sectio caesarea.

References

Baidah, Putri Paulia Atqiya. 2020. “Gambaran Asuhan Keperawatan Pada Ibu Post Sectio Caesarea Dengan Mobilisasi Dini Di Ruang Nifas I Rsud Dr. H. Moch. Ansari Saleh Banjarmasin.” 1(2): 9–15.

Cici Ratmiwasi, Sri, And Syafrisar Meri Agritubella Utami. 2017. “Pengaruh Promosi Kesehatan Mobilisasi Dini Terhadap Pelaksanaan Mobilisasi Dini Pada Ibu Postpartum Sc Di Rspb Pekanbaru.” Jurnal Endurance 2(3): 346.

Diah Astutiningrum, Elsi Dwi Hapsari, Purwanta. 2016. “Peningkatan Parenting Self Efficacy Pada Ibu Pasca Seksio Sesaria Melalui Konseling ( Improving Parenting Self Efficacy After Caesarean Section Through Counselling ).”

Gathut Pringgotomo, Andi Tenri Tekke. 2019. “Pengaruh Pendidikan Kesehatan Pada Discharge Planning Terhadap Pengetahuan Pasien Tentang Diet Pasca Bedah Sectio Caesarea.” Jurnal Darul Azhar 6(1): 17–24.

Jayanti Imamsari, Rita Yulifah, Ardi Pengayuh. 2019. “Pemberian Komunikasi, Informasi, Edukasi (Kie) Dengan Motivasi Ibu Didalam Melakukan Mobilisasi Dini Post Sectio Caesarea.” 8(1): 36–49.

Maidina Putri. 2019. “Pengaruh Pemberian Pendidikan Kesehatan Tentang Mobilisasi Dini Post Sectio Caesaria Terhadap Tingkat Pengetahuan Ibu Post Partum Sectio Caesaria Di Rs Setio Husodo Kisaran Tahun 2019.” 2(2).

Mariati, Sri Sumiati, And Eliana. 2015. “Pengaruh Pemberian Pendidikan Kesehatan Mobilisasi Dini Dengan Lama Hari Rawat Pada Pasien Post Operasi Sectio Caesaria.” Jurnal Media Kesehatan 8(2): 106–12.

Pramudianti. 2017. “Pengaruh Edukasi Postpartum Dengan Media Booklet Pada Ibu Pasca Sectio Caesarea Terhadap Parenting Self- Efficacy Pada Periode Awal Masa Nifas Di Rumah Sakit Wilayah Klaten Naskah.”

Ratna Yulianti. 2018. “Studi Deskriptif Praktik Menyusui Pada Ibu Post Sc Setelah Dilakukan Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Demonstrasi Dan Video Berbasis Android.” 10(2): 1–15.

Sambas, Etty Komariah. 2017. “Pengaruh Pendidikan Kesehatan Mengenai Perawatan Ibu Postpartum Dengan Seksio Sesaria Terhadap Kemampuan Merawat Diri Di Rsud Dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya Etty.” 17.

Sulistianingsih, Andi Rispah, And Krisnawati Bantas. 2019. “Peluang Menggunakan Metode Sesar Pada Persalinan Di Indonesia ( Analisis Data Sdki Tahun 2017 ).” 9(2): 125–33.

Tetti Solehati, Cecilia Destiani Ekautami Putri Dkk. 2020. “Pengaruh Pendidikan Kesehatan Nutrisi Pada Tingkat Pengetahuan Ibu Post Partum.” An-Nadaa: Jurnal Kesehatan Masyarakat 7(1).

Yuli Suryanti, Suharyo Hadisaputro, Sri Achadi Nuggraheni. 2020. “The Effect Of Snakehead Fish ( Channa Striata ) Extract On Blood Leukocyte Number And Cesarean Section Wound Healing.” 443(Iset 2019): 596–98.

Downloads

Published

2023-03-27