PENGARUH PENYULUHAN TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN PETANI JERUK DI DESA KUOK PULAU JAMBU TERKAIT PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD)

Authors

  • Eka Saputri Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Ade Dita Puteri Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Syafriani Syafriani Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Keywords:

Pengetahuan, Sikap, Tindakan, dan Penyuluhan Pestisida

Abstract

Penyuluhan pertanian adalah memberikan dorongan kepada para petani agar mau mengubah cara berfikir, cara kerja, dan cara hidupnya yang lama dengan cara-cara baru yang lebih sesuai dengan perkembangan teknologi pertanian yang lebih maju (Mardikanto, 2013). Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh penyuluhan terhadap peningkatan pengetahuan, sikap dan tindakan petani jeruk di Desa Kuok Pulau Jambu terkait penggunaan APD pada saat aplikasi pestisida. Desain penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan menggunakan desains one group pretest and postest design. Penelitian ini dilaksanakan bulan juli 2019 di Desa Kuok Pulau Jambu. Populasi dalam penelitian ini adalah petani jeruk yang berjumlah 45 orang. Teknik sampel yang digunakan adalah total sampling jadi jumlah sampelnya 45 responden. Data dianalisis dengan uji paired sample t-test dengan tingkat kemaknaan 95%. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai t-hitung untuk pengetahuan  petani jeruk adalah 6.335 dengan p sig. 0,000 < 0,05, artinya ada perbedaan pengetahuan sebelum dan setelah penyuluhan. Untuk nilai t-hitung sikap petani jeruk adalah 3.337 dengan p sig. 0,002 < 0,05, artinya ada perbedaan sikap sebelum dan setelah penyuluhan. Dan nilai t-hitung untuk tindakan petani jeruk adalah 6.706 dengan p sig. 0,000 < 0,05,  artinya ada perbedaan tindakan sebelum dan setelah penyuluhan. Pemberian penyuluhan dapat menumbuhkan kesadaran dan mengubah pola pikir serta sikap petani jeruk, akan pentingnya penggunaan APD pada saat penyemprotan pestisida.

References

Afrianto, D. 2014. Pengaruh Penyuluhan Terhadap Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Petani Paprika di Desa Kumbo - Pasuruan Terkait Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) dari Bahaya Pestisida Tahun 2014. Universitas Islam Negeri (Uin) Syarif Hidayatullah. Jakarta

Agus, Riyanto dan Budiman. 2013. Kapita Selekta Kuisioner Pengetahuan dan Sikap Dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta : Salemba Medika

Ani Purwati. Pestisida Gangguan Kesehatan Petani. www.beritabumi.or.id. 2010.

Anonim, 2011. Pedoman Pembinaan Penggunaan Pestisida. Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian - Direktorat Pupuk dan Pestisida. Kementrian Pertanian.

Anonim, 2011. Pedoman Pembinaan Penggunaan Pestisida. Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian - Direktorat Pupuk dan Pestisida. Kementrian Pertanian

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Ed Revisi VI, Penerbit PT Rineka Cipta. Jakarta

Budiman dan Agus. 2013. Pengetahuan dan sikap petani tentang bahaya

pestisida. Jakarta salemba medic.

Departemen Kesehatan RI. 2004. Kebijakan Nasional Promosi Kesehatan. Pusat Promosi Kesehatan Depkes RI, Jakarta.

Departemen Kesehatan RI. 2000. Penerapan Promosi Kesehatan dalam Pemberdayaan Keluarga. Direktorat Promosi Kesehatan, Depkes RI, Jakarta.

Depkes RI, 2003. Pedoman Pengamanan Penggunaan Pestisida Khusus untuk Petani dan Operator Pestisida. Jakarta: Ditjen PPM & PLP.diakses tanggal 6 Maret 2013.

Djojosumarto, Panut. 2004. Teknik Aplikasi Pestisida Pertanian. Yogyakarta: Kanisius.

Hidayat, 2008. Etika penelitian . Jakarta. Salemba Medika.

Ibrahim, dkk. 2003. Perencanaan Pengajaran. Bandung PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-12-21