FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA KADER DALAM KEGIATAN POSYANDU BALITA DI DESA SEREMBAN JAYA KECAMATAN RIMBA MELINTANG

Authors

  • Desiana Desiana Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Apriza Apriza Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Erlinawati Erlinawati Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Keywords:

Kinerja; Kader Posyandu; Keaktifan Kader

Abstract

Berdasarkan data Departemen Kesehatan Republik Indonesia tahun 2017 cakupan keaktifan kader Posyandu secara Nasional mencapai 78% dari target 80%. Posyandu di Desa Seremban Jaya Kecamatan Rimba Melintang terdiri dari 2 posyandu dengan 20 orang kader. Terdapat sekitar 60% kader yang aktif dan 40% kader tidak aktif dalam kegiatan posyandu. Persentase untuk keaktifan kader belum mencapai target yang ditetapkan oleh Departemen Kesehatan RI. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis ada tidaknya hubungan antara pengetahuan, motivasi, dan kompensasi (reward) terhadap kinerja kader posyandu Balita di Desa Seremban Jaya Kecamatan Rimba Melintang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Responden dalam penelitian ini adalah 20 orang kader dengan teknik total sampling. Analisis dilakukan dengan menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian ada da hubungan pengetahuan (p=0,004), motivasi (p=0,001), dan kompensasi (reward) (p=0,004) dengan kinerja kader dalam kegiatan Posyandu Balita. Kesimpulan kinerja kader dalam kegiatan Posyandu Balita dipengaruhi oleh faktor pengetahuan, motivasi dan pemberian kompensasi (reward). Diharapkan kepada pihak terkait agar dapat melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kinerja kader dalam kegiatan Posyandu Balita antara lain melalui pembinaan dan pelatihan tentang tugas dan peran kader dalam kegiatan Posyandu Balita.

References

Kemenkes. 2012, Buku Saku Posyandu. Pusat Promosi Kesehatan, Jakarta.

Kemenkes. 2013. Pelatihan Fasilitator Pemberdayaan Kader Posyandu. Kementerian Kesehatan RI, Jakarta

Yolanda, Meura Stifilla. 2015. Analisis Kinerja Kader dalam Kegiatan Posyandu di Wilayah Kerja Puskesmas Merdeka Kota Palembang. [Skripsi]. Inderalaya: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya, 2015.

Abdullah, Ma’ruf. 2014, Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta : Aswaja Pressindo.

Ismawati, Cahyo,. dkk. 2010, Posyandu dan Desa Siaga. Yogyakarta : Nuha Medika.

Supriyatno, Heru. 2017. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Kader Posyandu Lansia. Jurnal Ilmiah Kesehatan, Vol. 6 No. 2 Tahun 2017.

Pratiwi, Dian. 2018. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Keaktifan Kader Posyandu di Wilayah Kerja Puskesmas Perumnas Kota Kendari Tahun 2018. Skripsi. Politeknik Kesehatan Kendari Kementarian Kesehatan Republik Indonesia, Kendari.

Puskesmas Rimba Melintang. 2019. Profil Kesehatan Kecamatan Rimba Melintang Tahun 2018. Puskesmas Rimba Melintang, Rimba Melintang.

Polindes Kepenghuluan Seremban Jaya. 2019. Profil Kesehatan Kepenghuluan Seremban Jaya 2018. Polindes Kepenghuluan Seremban Jaya, Rimba Melintang.

Wahyutomo, Ahmad Hernowo. 2010. Hubungan Karakteristik dan Peran Kader Posyandu dengan Pemantauan Tumbuh Kembang Balita di Puskesmas Kalitidu-Bojonegoro. [Tesis]. Program Pasacasarajana Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Sistriani.,dkk. Faktor Yang Mempengaruhi Peran Kader Dalam Penggunaan Buku Kesehatan Ibu dan Anak. Jurnal Kesehatan Masyarakat, Vol.2, No.8. Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2013.

Rizki, Muhammad, dkk. 2016. Analisis Kinerja Petugas Pelaksana Stimulasi Deteksi Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) Balita dan Anak Prasekolah di Wilayah Kerja Puskesmas Keramasan. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, Vol. 7 No. 3 Tahun 2016, Universitas Sriwijaya, Sumatera Selatan.

Muzakkir, H. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kinerja Kader Posyandu di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Kaledupa Kecamatan Kaledupa Kabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara. Jurnal Ilmiah Kasehatan, Vol.2, No.2: ISSN: 2302-1721. Makassar: STIKES Nani Hasanuddin, 2013.

Yolanda., dkk. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Kader KIA Dalam Deteksi Dini Perkembangan Balita di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Babat Lamongan. Indonesian Journal of Community Health Nursing, Vol.2, No.2: ISSN:2355-3391. Surabaya: Universitas Airlangga, 2014.

Nurdiana.,dkk. Hubungan Antara Pengetahuan dan Motivasi Kader Posyandu dengan Keaktifan Kader Posyandu di Desa Dukuh Tengah Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes, Vol.2, No.1. Semarang: Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah, 2008.

Kontesa, Meria & Mistuti. Faktor-Faktor Yang Berhubungan dengan Kinerja Kader Posyandu di Wilayah Kerja Puskesmas Air Dingin Kecamatan Koto Tangah Kota Padang Tahun 2013. Padang: STIKES Mercubaktijaya, 2013.

Mukrimah & Hamsinah. Faktor-Faktor Pendorong Kinerja Kader dalam Peningkatan Ibu dan Anak di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Camba Kab.Maros. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, Vol.5, No.3: ISSN: 2302-1721. Makassar: STIKES Nani Hasanuddin, 2014.

Adiputri, N.W. 2014. Hubungan Kompetensi, Kompensasi Finansial dan Supervisi dengan Kinerja Bidan Desa di Kabupaten Bangli. [Tesis]. Denpasar: Universitas Udayana, 2014.

Downloads

Published

2022-12-21