FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KEJADIAN KECELAKAAN LALU LINTAS PADA REMAJA PENGENDARA SEPEDA MOTOR DI KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR POVINSI RIAU, INDONESIA
Keywords:
Kecelakaan lalu lintas; faktor kelalaian manusia; faktor kondisi kendaraan; provinsi RiauAbstract
Latar Belakang: Provinsi Riau berada pada urutan ke 13 dari 34 Provinsi di Indonesia dengan angka kecelakaan lalu lintas tertinggi.Kecamatan Tapung merupakan Kecamatan dengan angka kecelakaan lalu lintas tertinggi di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau dengan pengendara sepeda motor usia remajasebagai kelompok masyarakat yang paling sering mengalami kecelakaan lalu lintas.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kejadian kecelakaan lalu lintas yang dialami oleh remaja pengendara sepeda motor di Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar.Metode: Penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional.Subjek penelitianini adalah siswa/siswi SMAN 1 Tapung di Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau yang pernah mengalami kecelakaan lalu lintas sebanyak 155 orang. Sampling method yang digunakan adalah total sampling.Hasil: Terdapat hubungan yang signifikan antara faktor kelalaian manusia dengan kejadian kecelakaan lalu lintas (P value=0,003). Terdapat hubugan yang signifikan antara faktor kondisi kendaraan dengan kejadian kecelakaan lalu lintas (P value=0,008). Kesimpulan:Faktor kelalaian manusia merupakan faktor utama penyebab kecelakaan lalu lintas pada remaja di Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar di Provinsi Riau, yang diikuti dengan faktor kondisi kendaraan.References
CDC. (2018). Road Traffic And Deat. Retrived From Https://Www.Cdc.Gov/Features/Globalroadsafety/Index.Html. On March 8, 2019.
Ditjen Perhubungan Darat. (2006). Laporan Akhir Pedoman Teknis Kampanye Program Keselamatan. Jakarta: Author. Retrived From Http://www.hubdat.web.id. On Juli 10, 2019.
DPR RI. (2009). Undang –Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009, Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan. Retrieved From Http://Www.Dpr.Go.Id/Dokjdih/Document/Uu/Uu_2009_22.Pdf On March 8, 2019.
Kartika, M. (2009). Analisis Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Pada Pengendara Sepeda Motor Di Wilayah Depok 2008, Jakarta : Skripsi Fkm Universitas Indonesia.
Komba, D. (2006). Risk Factors and Road Traffic Accidents in Tanzania: A Case Study of Kibaha District. Tesis Fakultas Geogerafi. Norwegian University of Science and Technology (NTNU): Norwegia. Retrived From ntnu.diva-portal.org On Julli 09, 2019.
Korlantas Polri. (2016). Statistik Laka. Retrieved From Http://Korlantas.Polri.Go.Id/Statistik-2/, On March 8, 2019.
Marsaid, Hidayat M, Ahsan. (2013). Faktor Yang Berhubungan Dengan Kecelakaan Lalu Lintas Pada Pengendara Sepeda Motor Diwilayah Polres Kabupaten Malang. Ilmu Keperawatan Unversitas Brawijaya. 2013;Vol 1 (2):2
Satlantas Polres Kampar . (2019) Laporan Tahunan Data Kecelakaan Lalu Lintas Tahun 2017-2018 Kabupaten Kampar.
Sopang, Dai. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kecelakaan Lalu Lintas Pada Remaja Di Wilayah Kerja Puskesmas Pembantu Manggala Sakti. Skripsi. Fakultas Ilmu Kesehatan. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
Sudibyo, Anggo, A. Dkk. (2013). Corelation Between Individual Characteristics, Riding Behavior And Accident On Adolescents In Junior High School 2 Mesuji Raya Ogan Komering Ilir Palembang. Retrived From Http://Eprints.Dinus.Ac.Id/6621/2/Abstrak_13195.Pdf. On Februari 27, 2019.
WHO. (2015). Road Safety In The South-East Asia Region. Retrived From Https://Www.Who.Int/Violence_Injury_Prevention/Road_Safety_Status/2015/Road_Safety_Sear_3_For_Web.PdfOn Februari 26, 2019.
(2018). Global Status Report On Road Safety. Retrived From Https://Www.Who.Int/Violence_Injury_Prevention/Road_Safety_Status/2018/En/ On Februari 26, 2019.
Downloads
Published
Versions
- 2023-01-03 (4)
- 2023-01-03 (3)
- 2023-01-03 (2)
- 2022-12-20 (1)
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Abdul Hamid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a -Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. -Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. -Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).